Tempat Wisata Gapura Wringin Lawang di Kabupaten Mojokerto

Gambar Kaligrafi Santri TPQ Al-Mujahiddin
Gambar Kaligrafi Santri TPQ Al-Mujahiddin

Apa kabar kawan blogger Jombang? Blog The Jombang Taste akan mengulas Gapura Wringin Lawang yang terletak di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Dalam tulisan Raffles: History of Java I (1815) disebut dengan nama Gapura Jati Pasar, sementara berdasar cerita Knebel dalam tulisannya tahun 1907 menyebutnya sebagai Gapura Wringin Lawang.

Gapura Wringin Lawang terbuat dari bata, kecuali bagian anak tangganya yang terbuat dari batu. Bentuk gapura adalah candi bentar (candi terbelah dua) dengan denah empat segi panjang berukuran panjang 13 m, lebar 11,5 m, sementara tinggi bangunan 15,50 m. Oorientasi bangunan gapura mengarah timur-barat dengan azimut 279°.

Jarak antara dua bagian gapura selebar 3,5 m dengan sisa-sisa anak tangga pada sisi timur dan barat. Diperkirakan anak tangga ini semula dibatasi oleh pipi tangga. Dari basil penggalian arkeologis pada sebelah utara dan selatan gapura terdapat sisa struktur bata yang mungkin merupakan bagian dari tembok keliling.

Sebelum dipugar gapura sisi utara sebagian tubuh dan puncaknya telah hilang, tersisa tinggal setinggi 9 m. Namun gapura ini kini telah utuh kembali setelah dipugar pada tahun 1991 sampai dengan 1995.

Dalam penelitian arkeologis baik dalam bentuk survey maupun penggalian di halaman barat daya gapura ditemukan 14 buah sumur. Bentuk sumur ada dua macam yaitu silindrik dan kubus. Dinding sumur untuk bentuk silindrik menggunakan bata lengkung, sedang untuk dinding sumur kubus digunakan bata berbentuk kubus pula.

Pada sumur yang berbentuk silindrik dijumpai pula dinding sumur yang menggunakan jobong yaitu semacam bis beton yang terbuat dari terakota atau tanah liat bakar. Penempatan sumur di muka rumah sampai saat ini masih banyak dijumpai di rumah-rumah tradisional. Berdasarkan hal ini diperkirakan Gapura Wringin Lawang menghadap ke arah barat, berfungsi untuk memasuki sebuah kompleks bangunan.

Mari lestarikan kekayaan budaya  Nusantara!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Tempat Wisata Gapura Wringin Lawang di Kabupaten Mojokerto”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *