3 Manfaat Liburan Keluarga Untuk Pendidikan Anak

Liburan Terapi Ikan dan Dayung Perahu di Kampung Coklat Kademangan Blitar
Liburan Terapi Ikan dan Dayung Perahu di Kampung Coklat Kademangan Blitar

Musim liburan telah tiba. Para orang tua pun merencanakan liburan akhir tahun bersama anggota keluarga dan anak-anak mereka. Bahkan waktu pekan pertama Januari pun masih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan untuk berlibur. Inilah kesempatan bagi para orangtua untuk memanjakan anak mereka setelah sekian lama menyibukkan diri dalam pekerjaan.

Pentingkah mengajak anak dalam liburan keluarga? Tentu penting. Anak-anak pun memiliki peluang mengalami ketegangan (stress) dalam hidup. Mereka membutuhkan kesempatan untuk menghilangkan segala kepenatan hifup. Apa saja manfaat mengadakan liburan keluarga bagi pendidikan anak-anak? Menurut pengamatan penulis, setidaknya ada 3 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengajak anak-anak berlibur bersama di akhir tahun ini.

Liburan Olahraga Air di Agrowisata Sumber Celeng di Bulurejo Diwek Jombang
Liburan Olahraga Air di Agrowisata Sumber Celeng di Bulurejo Diwek Jombang

1. Melatih Kecerdasan Anak

Kita semua tentu menyadari bahwa setiap anak terlahir ke dunia ini dengan beragam kecerdasan yang dimilikinya. Boleh jadi seorang anak tidak terlalu menonjol kecerdasan dalam hal ilmu pengetahuan di sekolah namun ia memiliki kecerdasan yang bagus dalam hal spiritual dan emosional. Kegiatan berlibur sebagian besar berlangsung di luar ruangan. Inilah kesempatan anak belajar dari alam secara mandiri dan menjadi diri sendiri tanpa kekangan guru di dalam kelas.

Oleh karena itu momen liburan akhir tahun ini bisa anda gunakan untuk mengajak anak-anak mengunjungi tempat wisata edukasi yang berguna untuk melatih kecerdasan fikir, kecerdasan spiritual, dan juga kecerdasan amal bersama dengan masyarakat. Pilihan tempat wisata edukasi misalnya Jatim Park 1, Jatim Park 2, Eco Green Park, Kebun Binatang Surabaya, Museum Trowulan, dan lain-lain. Semua obyek wisata pendidikan di Jawa Timur menawarkan kesempatan belajar yang menarik untuk putra-putri Anda.

Lirik Lagu Mars Hari Santri Nasional (HSN) 2019 Versi Terbaru Lengkap
Lirik Lagu Mars Hari Santri Nasional (HSN) 2019 Versi Terbaru Lengkap. Foto liburan ziarah ke makam Sunan Kudus.

2. Meningkatkan Iman dan Takwa

Berlibur di akhir tahun tidak harus selalu bersifat bersenang-senang. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata religi yang berguna memberikan pengalaman spiritual kepada anak-anak. Contoh tempat wisata religi di antaranya makam Gus Dur, museum Islam Hasyim Asy’ari, makam Wali Songo, mahavihara Buddha Tidur, dan beberapa tempat wisata agama lainnya. Satu fakta menarik tentang tempat wisata agama adalah umumnya gratis tiket masuk. Mungkin hanya ada beberapa tempat wisata religi yang memungut biaya masuk untuk mendanai proses perbaikan fasilitas yang ada di lokasi wisata.

Mengunjungi objek wisata agama memang bukan pilihan populer bagi kebanyakan orang tua jaman sekarang. Namun rencana liburan ke tempat wisata ziarah agama sangat membantu bagi anak-anak untuk meningkatkan iman dan taqwa mereka dalam menjalankan ajaran agamanya. Anak dapat belajar pengetahuan agama yang dianutnya melalui doa bersama, menyaksikan koleksi museum agama, memperhatikan relief cerita kehidupan tokoh agama, maupun dari pengalaman spiritual di lokasi wisata religi. Semua pengalaman ini tidak terkira harganya untuk perkembangan mental anak.

Liburan Asyik di Wisata Kampung Indian Kediri Sambil Foto Rame-rame
Liburan Asyik di Wisata Kampung Indian Kediri Sambil Foto Rame-rame

3. Membangun Kedekatan Emosional Orang Tua dan Anak

Perjalanan jauh selama mengikuti liburan akhir tahun akan memaksa setiap orang tua untuk menemani anak mereka dalam waktu berjam-jam lamanya. Kesempatan ini tentu tidak akan anak dapatkan saat orang tua mereka terlalu sibuk melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Ingatlah bahwa anak-anak butuh pendampingan untuk melalui masa belajar. Keberadaan smartphone dan perangkat canggih tidak dapat menggantikan kehadiran Anda secara emosional.

Momen liburan akhir tahun antara orang tua dan anak bisa mendekatkan kembali hubungan emosional diantara keduanya yang mungkin saja sempat tidak baik karena kurangnya frekuensi pertemuan dan buruknya komunikasi di antara keduanya. Aktifitas makan bersama tentu sangat menyenangkan bagi anak. Bahkan saat Anda mempercayakan pembelian tiket masuk kepada anak menjadi pengalaman istimewa bagi anak. Belum lagi kesempatan anak mendapatkan kenalan dari orang-orang asing yang baru dikenal di tempat wisata pasti bisa memperluas cara pandang mereka terhadap dunia.

Bagaimana dengan rencana liburan akhir tahun Anda bersama keluarga? Apakah anda akan mengajak anak-anak untuk berlibur bersama? Silakan berbagi pengalaman berlibur bersama keluarga di awal Januari nanti? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar dibawah ini.

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “3 Manfaat Liburan Keluarga Untuk Pendidikan Anak”

  1. Saya setuju mas. anak-anak juga bisa merasa strezz seperti halnya orang dewasa. hanya saja tingkat ketegangan hidup anak-anak berbeda dengan orang tuanya.

  2. Utamakan kesehatan dan keselamatan anak-anak… kalau lokasi liburan yang dekat-dekat saja enggak apa-apa… sekalian biar biayanya murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *