Semangat Anti Padam Untuk Siswa SDN Catakgayam 1 Mojowarno di Perayaan Idul Adha Tahun 2017

Semangat Anti Padam Untuk Siswa SDN Catakgayam 1 Mojowarno di Perayaan Idul Adha Tahun 2017
Semangat Anti Padam Untuk Siswa SDN Catakgayam 1 Mojowarno di Perayaan Idul Adha Tahun 2017

SDN Catakgayam 1 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang menggelar perayaan Hari Raya Idul Adha pada Selasa, 5 September 2017. Acara tersebut dimulai pada pukul delapan pagi di halaman sekolah yang menghadap ke jalan raya alternatif Surabaya-Kediri. Sebanyak 267 murid SDN Catakgayam 1 mengikuti acara perayaan Hari Raya Idul Qurban. Mereka memakai busana muslim berwarna hitam-putih dan telah duduk rapi berbaris di halaman sekolah. Hadir pula dalam acara tersebut pengurus Komite Sekolah dan undangan tokoh masyarakat setempat.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk mengingatkan para murid agar mereka bersedia meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Allah,” demikian disampaikan Ahmad Beny Ardiansyah, guru Muatan Lokal Keagamaan Islam SDN Catakgayam 1 kepada penulis. “Bentuk pengorbanan tersebut adalah bersedia merelakan sebagian uang jajan mereka untuk disumbangkan kepada panitia penyembelihan hewan qurban sekolah,” imbuhnya dengan penuh semangat. Hasilnya, SDN Catakgayam 1 tahun ini berhasil menyembelih dua ekor kambing qurban.

Penulis mendapatkan tugas menyampaikan materi presentasi motivasi kehidupan Islami pada acara tersebut. Penulis membuka presentasi dengan mengajak para peserta bernyanyi bersama. Para murid mengikuti teks lagu dengan semangat. Mereka tampak riang bernyanyi dengan penulis. “Asyik ya, ikut acara ini bisa bernyanyi bersama,” ujar Fatir, siswa kelas 1 SDN Catakgayam 1 yang siang itu antusias mengikuti kuis berhadiah yang diadakan oleh penulis. Meskipun ia tidak berhasil menjawab pertanyaan kuis, ia tetap bersemangat berlomba dengan kawan-kawannya dalam mencari jawaban yang benar.

Anak-anak adalah kelompok audiens yang mudah merasa bosan. Oleh karena itu, penulis menerapkan teknik Bermain, Cerita dan Menyanyi (BCM) yang telah didapatkan dalam sejumlah pelatihan BCM untuk guru. Akibatnya, anak-anak mampu terus mempertahankan konsentrasi mereka selama satu jam presentasi berlangsung. Penulis tidak banyak menggunakan kalimat dalam presentasi. Sebaliknya, penulis memadukan video dan suara dalam menarik minat audiens.

“Terima kasih kehadiran Pak Agus dalam acara ini,” ujar Miftakhul Rohmah, guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Latsari di akhir acara. “Banyak kisah inspiratif yang telah dibagikan. Anak-anak pun merasa terhibur oleh presentasi hari ini,” tambahnya seraya mengembangkan senyum lebar. Semoga kunjungan penulis ke SDN Catakgayam 1 bisa memberikan manfaat bagi peningkatan semangat belajar siswa-siswi di sekolah para juara tersebut.

3 Replies to “Semangat Anti Padam Untuk Siswa SDN Catakgayam 1 Mojowarno di Perayaan Idul Adha Tahun 2017”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *