Sukses! Kirab Budaya Santri Jombang Ramaikan Peringatan Hari Santri Nasional 2019

Pawai Taaruf BMQ At-Tartil Cabang Jombang di Dempok Tahun 2017
Pawai Taaruf BMQ At-Tartil Cabang Jombang di Dempok Tahun 2017

Pemerintah Kabupaten Jombang telah sukses melaksanakan Kirab Budaya Santri pada Selasa, 22 Oktober 2019 kemarin. Acara Kirab Budaya Santri Jombang tahun 2019 dilaksanakan untuk memperingati Hari Santri Nasional tahun 2019. Kirab Budaya santri Jombang digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang bekerjasama dengan puluhan organisasi sosial masyarakat Islam yang ada di Kabupaten Jombang. Pawai dan Kirab Budaya Santri dimulai sekitar pukul 08.00 WIB usai dilaksanakan apel Hari Santri Nasional di Alun-alun Jombang.

Iring-iringan peserta Kirab Budaya Santri Jombang tahun 2019 dimulai dari Alun-alun Jombang menuju ke Jalan Wachid Hasyim hingga finish di sebelah timur Monumen Ringin Contong. Arak-arakan peserta pawai budaya santri Jombang berhasil menghimpun kunjungan warga. Ribuan santri dan pelajar se-Kabupaten Jombang terlihat bersemangat memeriahkan hari santri nasional dengan cara mengikuti pawai. Untuk sejenak mereka tidak mengadakan kegiatan pawai di lembaga atau sekolah masing-masing. Mereka berkumpul di alun-alun untuk memeriahkan hari santri bersama-sama.

Arak-arakan peserta Kirab Budaya santri Jombang dilepas oleh Bupati Jombang, Ibu Hanjah Mundjidah Wahab. Para peserta berkreasi memakai aneka atribut santri, mulai dari pakaian khas santri, hiasan kepala ala santri, poster-poster nasehat Islami, hingga seni kerajinan rakyat khas santri Jombang. Semua jenis budaya santri Jombang ditampilkan oleh peserta kirab berdasarkan pengalaman pribadi dan pengamatan mereka selama menjadi santri di pondok pesantren masing-masing. Karena sifatnya yang subyektif inilah maka budaya santri yang ditampilkan peserta kirab pun cukup beragam.

Arak-arakan peserta Kirab Budaya santri Jombang berhasil menyedot perhatian masyarakat Kabupaten Jombang dan sekitarnya. Ribuan masyarakat menghadiri kegiatan ini. Mereka berbaris di sepanjang tepi jalan raya yang akan dilalui oleh peserta Kirab Budaya Santri Jombang 2019. Mereka telah menunggu iring-iringan Kirab Budaya Santri sejak pagi hingga siang menjelang pukul 11.00 WIB. Kehadiran para penonton Kirab Budaya Santri telah mengundang ratusan pedagang kaki lima. Para pedagang ikut menjejali jalan raya untuk menjual barang dagangan mereka kepada masyarakat luas.

Pemenang Lomba Kirab Hari Santri

Kirab Budaya santri Jombang juga menjadi acara perlombaan kreatifitas para santri. Setelah mengikuti kegiatan ini masyarakat pun mengetahui bahwa terdapat 10 lembaga pendidikan Islam maupun organisasi masyarakat Islam yang berhasil tampil sebagai pemenang lomba kirab budaya santri. Nama-nama lembaga dan organisasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. SDI Roushon Fikr Jombang
2. Pondok BABUSSALAM Mojoagung
3. PC Fatayat NU Jombang
4. MTsN 3 Jombang
5. SMKN 1 Jombang
6. MI Madinatul Ulum Mojokrapak Tembelang
7. PP Kalimasada Plandaan
8. BANSER Mojowarno
9. FKMJ Jombang
10. PP At Tahdzib Ngoro

Hingar-bingar peringatan Hari Santri nasional di Kabupaten Jombang telah berlangsung sejak tiga tahun terakhir ini. Kemeriahan peringatan Hari Santri nasional bukan hanya berlangsung di pusat Kabupaten Jombang, tepatnya di alun-alun saja.

Ribuan lembaga pendidikan formal maupun nonformal yang berbasis agama Islam pun mengadakan pawai budaya santri di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka masing-masing. Setiap lembaga Islam berkepentingan untuk memeriahkan hari santri nasional sebagai upaya melanjutkan resolusi jihad yang telah dicetuskan oleh para pahlawan dan alim ulama dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Semoga semangat warga Jombang dalam memeriahkan hari santri nasional tahun 2019 ini tidak akan pernah luntur. Bagaimanapun juga dengan motivasi yang tinggi dan semangat pantang menyerah itulah masyarakat muslim dapat bersatu dan saling bahu-membahu. Persatuan umat Islam diyakini dapat mengatasi isu perpecahan yang akhir-akhir ini sering dihembuskan oleh kelompok-kelompok yang menginginkan Islam hancur. Berbekal kreativitas itu pula masyarakat muslim dapat selangkah lebih maju dalam menghadapi kompetisi di era global ini.

Mudah-mudahan setiap santri Indonesia dapat memetik hikmah dari peringatan Hari Santri Nasional ini untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa dalam dirinya. Hari Santri adalah momen bagus untuk menumbuhkan kesadaran untuk selalu belajar menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Sukses! Kirab Budaya Santri Jombang Ramaikan Peringatan Hari Santri Nasional 2019”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *