Tebar Motivasi Islami pada Perayaan Hari Raya Idul Qurban di SDN Kedungpari 1 Tahun 2017

Tebar Motivasi Islami pada Perayaan Hari Raya Idul Qurban di SDN Kedungpari 1 Tahun 2017
Tebar Motivasi Islami pada Perayaan Hari Raya Idul Qurban di SDN Kedungpari 1 Tahun 2017

SDN Kedungpari 1 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang mengadakan acara peringatan Hari Raya Idul Adha pada Senin, 4 September 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula sekolah dan dimulai pukul setengah delapan serta diikuti oleh 216 siswa. Para siswa berbusana muslim-muslimah dengan aneka ragam warna menghasilkan suasana ceria di Dusun Kedungwinong Desa Kedungpari Kecamatan Mojowarno. Hal tersebut melambangkan keceriaan pada siswa dan guru dalam memeriahkan Hari Raya Qurban tahun 2017 ini. Canda-tawa siswa kelas 1 sampai kelas 6 terdengar di sela-sela suara rantang yang ditabuh anak-anak kecil.

“Alhamdulillah tahun ini kami bisa berqurban seekor kambing,” demikian disampaikan Heru Santoso, guru mata pelajaran Muatan Lokal Keagamaan Islam saat ditemui penulis di lokasi kegiatan. “Biaya pembelian kambing qurban sepenuhnya berasal dari sumbangan uang infaq para murid SDN Kedungpari 1,” tambahnya. Menurut Pak Heru, demikian pria berkaca mata ini akrab dipanggil, hikmah Idul Adha adalah mengajak para siswa untuk berkorban dengan ikhlas sesuai kemampuan mereka.

Perayaan Hari Raya Idul Adha di SDN Kedungpari 1 diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan tausiyah. Alhamdulillah penulis berkesempatan menyampaikan presentasi materi pendidikan agama Islam kepada para peserta kegiatan. Para siswa menyimak materi yang penulis sampaikan dengan khidmat. Sesekali peserta menjawab kuis yang penulis berikan. Para siswa bukan hanya menjawab pertanyaan penulis dengan benar, tetapi mereka juga memberikan umpan balik berupa pertanyaan spontan kepada penulis. Sungguh acara yang sangat seru.

“Anak-anak selalu antusias menyambut pembicara baru di sekolah ini. Terima kasih untuk inspirasi hari ini,” ujar Aula Wiyatun, guru pendidikan agama Islam SDN Kedungpari 1 di akhir pertemuan yang berakhir pada pukul sebelas siang. Penulis merasa senang sekaligus bangga bisa hadir di tengah-tengah acara perayaan Idul Adha di SDN Kedungpari 1. Presentasi yang berdurasi satu jam tersebut mendapat respons yang bagus dari para siswa. Mereka juga mampu mengikuti nyanyian lagu-lagu yang ditayangkan penulis dalam video presentasi. Suasana meriah segera memenuhi aula sekolah yang dipenuhi oleh para siswa muslim tersebut.

Acara perayaan Idul Adha di SDN Kedungpari 1 diakhiri dengan kegiatan makan bersama. Menu makanan yang dibagikan kepada para murid adalah sate yang dibuat dari daging kambing qurban. Para siswa menikmati sajian kuliner khas Idul Qurban di atas wadah rantang yang mereka bawa dari rumah. Kebersamaan para guru dan murid-murid SDN Kedungpari 1 tampak dengan jelas selama acara tersebut berlangsung. Semoga berkah perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2017 ini bisa memberikan manfaat bagi semua masyarakat yang terlibat.

5 Replies to “Tebar Motivasi Islami pada Perayaan Hari Raya Idul Qurban di SDN Kedungpari 1 Tahun 2017”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *