Menjelang Jambore Anak Sholeh (JAMASHOL) VII JQH Ancab Mojowarno Tahun 2019

Senyum Anak TPQ Al-Mujahiddin Guwo Latsari Mojowarno Jombang
Senyum Anak TPQ Al-Mujahiddin Guwo Latsari Mojowarno Jombang

Pengurus Jam’iyyatul Qurra Wal Huffadz (JQH) Anak Cabang (Ancab) Mojowarno Kabupaten Jombang akan mengadakan kegiatan Jambore Anak Sholeh (Jamashol) yang ke-7. Kegiatan Jamashol VII tahun 2019 akan dilaksanakan tanggal 23 dan 24 Desember 2019 di Mojoduwur. Kegiatan ini telah disosialisasikan oleh pengurus JQH Ancab Mojowarno sejak sebulan yang lalu.

Berbagai persiapan telah dilaksanakan untuk mendukung kelancaran acara Jamashol ke-7. Persiapan paling menyita perhatian tentu saja bidang penggalian dana. Setiap lembaga Taman Pendidikan Alquran (TPQ) di seluruh Kecamatan mojowarno dimintai bantuan dana untuk mendukung kegiatan ini.

Para santri di Taman Pendidikan Alquran Al-Mujahidin Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang menunjukkan ekspresi antusias dan semangat yang cukup tinggi saat penulis mengabarkan rencana kegiatan Jamashol VII di Mojoduwur. Mereka berharap dapat dipilih mewakili lembaga tempat mereka mengaji untuk bertanding di berbagai cabang lomba di Jambore Anak Sholeh tersebut.

Sangat wajar jika setiap anak ingin dipilih oleh Ustadz atau Ustadzah mereka. Mereka ingin menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan berprestasi di bidang pendidikan membaca dan menulis Alquran.

Jambore Anak Sholeh yang ke-7 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang menyediakan perlombaan tak kurang dari 10 cabang lomba. Di antara lomba-lomba Jambore Anak Sholeh yang paling banyak diminati oleh anak-anak untuk diikuti adalah lomba pawai ta’aruf, lomba mewarnai, lomba kaligrafi, lomba adzan, lomba tilawah, lomba membaca tartil, lomba tari islami, Cerdas Cermat Agama Islam, lomba paduan suara Mars TPQ dan ikrar Santri, lomba Banjari, lomba nasyid dan lomba berpidato untuk anak-anak.

Semua jenis lomba tersebut telah dilaksanakan pada Jambore anak sholeh periode tahun 2018 kemarin anak-anak tidak tampak asing dengan nama-nama lomba tersebut. Mereka sudah pernah mengikuti perlombaan pada jambore santri TPQ sebelumnya, baik yang dilaksanakan oleh JQH Mojowarno maupun BMQ At-Tartil Jombang.

Lomba Takbiran Idul Fitri di Musholla Baiturrohim Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang
Lomba Takbiran Idul Fitri di Musholla Baiturrohim Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Semarak Pendidikan TPQ

Sama seperti pelaksanaan Jambore anak sholeh tahun 2018 kemarin, kegiatan Jambore anak soleh tahun 2019 ini pun dilaksanakan pada libur akhir semester, yaitu pekan ke-3 dan ke-4 bulan Desember. Panitia pelaksana Jambore anak sholeh berharap setiap peserta didik di lembaga Taman Pendidikan Alquran dapat berpartisipasi dalam kegiatan Jambore anak sholeh tahun 2019 ini.

Anak-anak perlu dilibatkan untuk memiliki pengalaman berlomba sebanyak mungkin. Anak-anak perlu dilatih memiliki jiwa pantang menyerah dan selalu berperan aktif dalam mendulang prestasi terbaik yang mampu ia lakukan.

Tantangan bagi para ustadz dan ustadzah pengajar di Taman Pendidikan Alquran untuk mengikuti lomba Jambore anak sholeh adalah berkurangnya media pembelajaran Alquran yang mampu mendukung santri untuk berprestasi lebih baik. Lembaga Taman Pendidikan Al-qur’an tidak mendapatkan bantuan dana yang rutin setiap semester seperti halnya lembaga pendidikan formal sekolah dasar.

Sebaliknya, lembaga Taman Pendidikan Alquran hanya mengandalkan kemampuan finansial kepala sekolah TPQ tersebut. Adakalanya sedikit bantuan dari para donatur yang tinggal di sekitar lokasi TPQ bisa mengurangi kesulitan dana untuk mengadakan lomba.

Kita semua tentu memahami bahwa lembaga-lembaga Taman Pendidikan Alquran yang ada di Kabupaten Jombang kebanyakan terletak di pelosok desa di seluruh wilayah kabupaten Jombang. Setiap lembaga TPQ belum tentu memiliki alat-alat pendukung latihan perlombaan yang memadai. Seringkali para guru mengaji di TPQ harus berkorban membelikan para siswa perlengkapan lomba dengan menggunakan dana mereka sendiri.

Berbagai perlombaan santri di acara jambore anak sholeh sangat baik untuk diikuti oleh para santri. Walaupun demikian, orang tua santri pun perlu mendukung para ustadz dan ustadzah dalam menyiapkan anak-anak mereka untuk berlomba dan meraih hasil terbaik di bidang lomba yang diikuti.

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Menjelang Jambore Anak Sholeh (JAMASHOL) VII JQH Ancab Mojowarno Tahun 2019”

  1. Apakah Jambore santri ini mengharuskan setiap peserta untuk menginap di area perkemahan? Apakah panitia menjamin keamanan dan keselamatan santri mengingat acara ini dilaksanakan pada waktu musim hujan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *