Motivasi Ikut Lomba Menulis Terbaru Untuk Dapat Hadiah

Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free
Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free – From Pinterest

Seseorang mengikuti sayembara mengarang ataupun kontes menulis mempunyai latar belakang kepentingan yang bermacam-macam. Sebagian penulis berharap dapat dikenal masyarakat karena telah berhasil memenangkan lomba menulis tingkat nasional. Sebagian blogger berkepentingan melakukan optimasi website melalui kejuaran menulis artikel blog. Namun di antara mereka terdapat motivasi yang sangat menarik saat ikut kontes menulis agar bisa mendapat hadiah yang sangat menantang. Bukan saja uang. Namun terdapat pula barang-barang lain dan bahkan suatu jasa yang amat tinggi nilainya.

Bonus lomba mengarang dan kontes menulis pada umumnya memberikan pemenang hadiah dan tanda jasa. Laptop seri terbaru, smartphone canggih, piala, uang, dan beragam hadiah menarik disediakan oleh panitia kontes menulis untuk menarik partisipasi masyarakat. Bahkan sebagian pemenang lomba menulis mendapatkan tiket rekreasi di dalam negeri dan ke negara luar di dunia ini. Misalnya paket liburan ke Jepang, Belanda, Malaysia, Amerika, Inggris, Jerman dan sebagainya. Padahal hal tersebut tidak mungkin dibiayai secara pribadi.

Tidak semua hadiah kontes menulis terbaru berupa benda fisik. Satu lagi jenis kontes menulis yang amat langka karena para pemenang sayembara mengarang yang dilaksanakan instansi Pemerintah ada yang diberi kesempatan bertemu dengan Presiden di istana negara. Hal ini merupakan jasa yang amat mahal dan tinggi nilainya. Bahkan ada kontes menulis yang lebih heboh lagi karena hadiahnya berupa paket umroh ke Tanah Suci. Nah hal ini termasuk hadiah yang sungguh menantang dan memiliki gengsi tinggi.

Setiap orang yang mengikuti sayembara menulis dan kontes ngeblog sesungguhnya telah mendapatkan kebahagiaan. Bahkan kebahagiaan dalam mengikuti lomba itu bersifat ganda. Pada waktu membaca berita pengumuman sayembara menulis, bila kita mempunyai minat untuk ikut serta, maka mulai saat itu kita telah merasakan kebanggaan. Rasa bangga ini pada hakikatnya adalah merupakan kebahagiaan juga bagi penulis (Suhadi, 2008: 41).

Creative Study Techniques That Actually Work - From Pinterest
Creative Study Techniques That Actually Work – From Pinterest

Kebahagiaan yang lain adalah pada waktu personal peserta sayembara telah dapat membuat kerangka. Dengan disain yang berupa kerangka karangan itu kita benar-benar merasa mendapat pertolongan Tuhan. Maka sekujur tubuh rasanya digerumuti rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang terkucur ke jiwa kita. Hal ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang penulis.

Apalagi setelah sang pengarang telah menyelesaikan naskahnya dengan sempuma, wah rasanya dunia raya ini hanya miliknya seorang. Rasa tegar menggerayang, memoles dan merayu diri kita. Tidur amat nyenyak tanpa diganggu mimpi buruk. Makan sungguh nyaman. Segenap rasa menjadi hangat melegakan. Setelah naskah kita kirimkan kepada panitia sayembara, maka sebongkah harapan dan kemungkinan selalu bertengger di hati peserta sayembara. Terlebih lagi bila karangan itu dirasa handal, maka secercah sinar harapan itu senantiasa menerangi kalbunya. Serpih harapan melilit di sanubari sungguh menyemarak dalam penantian mulia. Rasa yang menggelitik dalam idaman itu berwujud penantian berita hasil kontes menulis.

Menanti hasil lomba menulis adalah kegiatan yang menegangkan. Peserta sayembara kadang-kadang ada yang emosi menulis surat di majalah atau surat kabar. Memang pada waktu panitia sayembara menyelenggarakan lomba menulis dulu itu mengharapkan agar banyak pesertanya. Oleh karena itu menulis pengumuman hasil lomba menulis di semua surat kabar dan majalah adalah harapan para peserta kontes menulis.

Namun, setelah pengumuman pemenangnya, tidak dimuat pada segenap media massa. Sehingga para peserta sulit mendapatkan warta pemenang sayembara menulis. Bahkan ada kalanya panitia sayembara hanya mengirim pengumumannya kepada para pemenang saja. Untuk itu, maka hendaklah peserta sayembara menulis memakluminya dengan sabar. Ingatlah bahwa kesabaran merupakan kecintaan Tuhan. Semoga artikel The Jombang Taste ini bisa memberikan manfaat bagi Anda.

Daftar Pustaka:

Suhadi. 2008. Memenangkan Lomba Mengarang. Balai Pustaka: Jakarta

4 Replies to “Motivasi Ikut Lomba Menulis Terbaru Untuk Dapat Hadiah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *