Pedas Nikmat Nasi Pecel Sambal Tumpang Khas Mojowarno Jombang

ibu ibu penjual nasi boranan dari lamongan
ibu ibu penjual nasi boranan dari lamongan

Halo sobat pembaca blog The Jombang Taste! Nasi pecel sambal tumpang selama ini identik dengan Kota Kediri. Tapi kini ada satu lokasi baru untuk wisata kuliner di Kabupaten Jombang, tepatnya di kecamatan Mojowarno. Beberapa hari lalu saya mencoba makan nasi pecel sambal tumpang di dekat Lapangan Mojowarno. Sebenarnya lokasi jualan nasi pecel tersebut ada dua. Yang pertama di depan Rumah Sakit Kristen Mojowarno. Lalu yang kedua dekat kantor Camat yang berhadapan dengan Lapangan Mojowarno.

Tempat berjualan nasi pecel tumpang tersebut terbilang strategis, yaitu di dekat pertigaan menuju Mojoagung-Ngoro-Cukir. Konsep jualannya adalah lesehan. Lalu lintas jalan Mojowarno yang tidak terlalu ramai malam itu terasa nyaman. Saya mulai menikmati nasi pecel tersebut. Rasanya sama seperti nasi pecel pada umumnya. Hanya saja nasi pecel tumpang ini lebih pedas. Citarasa pedas dihasilkan dari sambal tumpang karena bumbu pecel yang asli cenderung manis ke gurih.

Berapa harga nasi pecel tumpang di Mojowarno ini? Cukup murah, hanya Rp. 2.500 per porsi. Tapi jangan keburu senang dulu. Ternyata itu cuma permainan harga saja. Harga 2.500 itu hanya nasi dan sayur pecel saja. Sementara lauk lainnya nggak ada. Kalau mau tambah sate telur puyuh harganya Rp. 2.000 per tusuk. Lalu minumnya teh hangat Rp. 2.000 per gelas. Kerupuknya Rp. 1.000. Kalau dihitung-hitung, sekali makan nasi pecel tumpang harganya Rp. 7.500. Ini termasuk lebih mahal dibanding nasi pecel lain di Mojowarno.

Apa saja manfaat bahan-bahan pembuatan nasi pecel? Manfaat utama makan nasi pecel adalah bisa menghilangkan rasa lapar. Manfaat kedua adalah bisa menambah energi sekaligus menimbulkan rasa kantuk. Itu rumus sederhananya. Sayuran pecel yang terdiri dari kangkung, kecambah, kembang turi, gubis, dan irisan papaya mengadung antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit, itu kata penjualnya. Mengenai kontra indikasi bahan-bahan tersebut tergantung siapa yang makan. Daun bayam yang ada pada nasi pecel sebaiknya tidak dikonsumsi orang lanjut usia karena bisa menyebabkan linu.

Kalau untuk tujuan menambah referensi wisata kuliner jajanan dan makanan rakyat sih bolehlah mencoba makan nasi pecel sambal tumpang di Mojowarno ini. Tapi kalau untuk makan sehari-hari, kali ini saya nggak recommend. Bandingkan dengan nasi pecel Yu Weni maupun Bakso Nuklir yang lebih enak tapi harganya lebih terjangkau. Hmm, silakan dipilih sesuai selera Anda. Bagi Anda yang nggak suka makanan bercitarasa peda, nasi pecel sambal tumpang ini lewatkan saja dulu.

Kelezatan kuliner Nusantara telah melegenda sejak dulu kala. Mari kita lestarikan warisan budaya Nusantara dengan mencoba kelezatan aneka ragam sajian unik daerah. Ayo jalan-jalan ke Mojowarno dan nikmati kelezatan nasi pecel ekstra pedas!

One Reply to “Pedas Nikmat Nasi Pecel Sambal Tumpang Khas Mojowarno Jombang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *