Bagaimana Cara Ngeblog Dapat Duit? Bisnis Online Jawabnya

blogging for business
blogging for business

Siang ini saya mendapat panggilan by phone dari salah satu teman di Jombang. Setelah basa-basi sebentar, seperti biasa, pasti obrolan kita akan nyambung ke masalah pekerjaan. Teman saya tersebut berprofesi sebagai pengajar di beberapa sekolah swasta sekaligus menjadi aktivis sebuah LSM pendampingan anak putus sekolah. Singkat cerita, dia bertanya apakah pekerjaan saya. Saya jawab, saya sekarang sudah resign dari kerjaan lama dan menjadi fulltime blogger.

Dia bertanya bagaimana cara mendapatkan duit hanya dari ngeblog? Saya jelaskan bahwa ngeblog saja tak bisa menjadikan seseorang dapat uang. Yang membuat seorang blogger dapat duit adalah saat blog mereka ter-monetasi (dijadikan ladang uang) melalui bisnis online. Monetasi web tersebut ada yang dilakukan secara langsung maupun nggak langsung. Monetasi web blog pribadi ada yang dilakukan secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi.

Terus, bisnis online itu sendiri berwujud seperti apa? Macam-macam bisnis internet apa saja? Saat ini bisnis online atau bisnis internet telah berkembang dengan berbagai layanan terbarunya. Namun secara umum cara ngeblog dapat duit dapat dilakukan dengan beberapa jenis layanan berikut ini:

online business

1. Review berbayar.

Saat ini makin banyak perusahaan nasional maupun multinasional yang memanfaatkan jaringan blogger untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Mereka bisa langsung menghubungi Anda untuk minta direview produk terbaru mereka. Layanan ini tentu saja berbayar uang ataupun barang. Atau kalau Anda nggak mau ribet cari klien, gabung saja ke jaringan blogger terpercaya, misalkan IdBlogNetwork, VivaVlog, dan lain-lain. Pengiklan (advertiser) biasanya sangat selektfi memilih blog yang memiliki reputasi bagus di kalangan pengguan internet.

2. Iklan baris dan iklan banner.

Iklan baris dan iklan banner memiliki tarif yang bermacam-macam tergantung niche-nya. Cara ngeblog dapat duit dengan memasang iklan baris membutuhkan kesabaran ekstra, terutama untuk mengumpulkan uang recehan secara wajar tanpa kena banned pihak pengiklan. Blogger bisa mendaftar ke jaringan publisher iklan seperti Google Adsense, KlikSaya dan lain-lain. Setiap layanan memiliki aturan (TOS) yang harus ditaati dan tidak boleh dilanggar blogger.

3. Pasang link di blogroll.

Cara ngeblog dapat duit dengan memasang link website lain di blogroll saat ini menjadi kontroversi tersendiri. Ada yang setuju maupun tidak setuju dalam hal optimasi web. Namun cara ini tetap termasuk dalam bagian bisnis online. Saat blogger lain berminat memasang link di blogroll kita, mereka akan membayar sewa per bulan sesuai tarif yang kita tentukan. Nah, tarif tersebut tergantung popularitas blog (Alexa Rank), pagerank, usia domain dan beberapa pertimbangan lainnya.

4. Landing page website bisnis.

Kalau tiga cara monetasi web di atas bisa dibilang sebagai monetasi web secara terang-terangan, maka yang ini tidak. Biasanya para affiliates membuat website landing page yang mengarah kepada url affiliasi yang mereka punya. Atau bisa juga seorang freelancer online yang membangun personal branding dengan cara rajin menulis artikel blog. Seperti yang punya blog ini. 🙂 Website blog pribadi yang berfungsi sebagai landing page akan diisi dengan artikel-artikel yang bermanfat sehingga pembaca akan setia menanti publikasi.

Berhubung teknologi makin canggih dan terbuka berbagai kemungkinan perkembangan trend jejaring sosial, maka ragam bisnis online akan terus berkembang ke depannya, baik dalam hal kualitas maupun kuantitasnya. Buat teman-teman yang saat ini rajin ngeblog tapi belum juga bisa kaya dari internet, jangan keburu patah semangat. Peluang mendapatkan duit dari internet masih terbuka lebar melalui bisnis online. Saya termasuk bagian dari blogger yang sedang berjuang mencapai kebebasan finansial melalui bisnis online. Ayo tetap bersemangat!

Enjoy blogging, enjoy writing!

Bagikan artikel ini melalui:

8 Replies to “Bagaimana Cara Ngeblog Dapat Duit? Bisnis Online Jawabnya”

  1. Saya belum terpikir bagaimana mendapatkan uang dari Blog tetapi 2 minggu ini saya jujur pelan-pelan mulai mendengarkan suami saya berkicau tentang ilmu yang dia dapat bagaimana memonitize sebuah blog. Ada beberapa link di blog saya yang sebenarnya suruhan suami, he he he

    Dan sepertinya memang menarik sekali, saya ingin activitas online saya menghasilkan uang 🙂

    Terima kasih ilmunya…

  2. nice artikel kawan. . saya ada cara lain untuk menambah pendapatan dari online

    klik link saya dibawah untuk mendapatkan tips-tips atau panduan penuh untuk mendapat wang ribuan dollar sehari dari ptc neobux

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *