Kekurangan Dan Kelebihan Keamanan Ganda Email Google

Sudah dua bulan terakhir ini Google menerapkan fitur keamanan ganda pada layanan email gratis yang mereka miliki, yaitu Gmail. Fitur keamanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan bagi penggunanya.

Gmail merupakan tempat bikin email gratis terbaik yang pernah saya temui. Gmail memiliki banyak fitur menarik dan bisa langsung terhubung ke banyak situs jejaring sosial populer. Gmail juga memiliki kelebihan nggak mudah terdeteksi sebagai email spam layaknya layanan Yahoo, Live, Hotmail, dan lain-lain. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak pebisnis online menyarankan member mereka memakai Gmail daripada email gratis lainnya.

Perubahan yang terjadi dalam layanan Gmail adalah penerapan keamanan berganda pada saat pengguna login. Yang pertama adalah notifikasi untuk mengecek akun lain apa saja yang terkait dengan akun Gmail kita. Lalu yang kedua adalah verifikasi melalui SMS bila kita login pada komputer atau notebook yang berbeda. Keuntungan keamanan ganda pada Gmail ini adalah makin mempersulit hacker untuk login ke email orang lain karena verifikasi SMS masuk langsung ke handphone pemilik akun.

fitur keamanan email gmail
fitur keamanan email gmail

Selain membawa keuntungan dalam hal keamanan, ternyata cara ini bikin ribet bagi sejumlah pengguna. Saya sendiri pernah mengalami kekurangan keamanan ganda pada akun email Gmail. Ceritanya saya lagi login pada beda komputer karena laptop satunya lagi bermasalah. Meski saya masih pakai modem yang sama dan berada di tempat yang sama (ya iyalah, Google nggak mau tahu kita lagi berada dimana) tetap saja diharuskan mem-verifikasi melalui kode yang dikirim melalui SMS. Celakanya lagi, jaringan operator telepon yang saya pakai lagi nggak ada sinyal. Jadinya harus menunggu beberapa menit untuk dapat kode keamanan email Google.

Fitur keamanan ganda ini bisa membawa manfaat bagi mereka yang tinggal di kawasan sinyal telepon penuh. Sementara bagi yang tinggal di pelosok desa harus berjuang keras mencari sinyal untuk dapat SMS kode keamanan. Padahal di belahan lain bumi ini sudah ada klien atau mitra bisnis yang menunggu laporan hasil kerja kita. Produktifitas seorang freelancer kerapkali dipengaruhi dukungan teknis seperti ini. Hal ini terlihat remeh bagi orang lain, namun bagi pekerja yang aktif menurut deadline, tentu sangat bermasalah.

cara setting email google
koneksi akun email Gmail
cara setting email google
cara setting email google

Tanpa bermaksud menyalahkan pengelola jaringan telepon, keuntungan dan kelebihan fitur keamanan ganda akun email Google ini adalah sesuatu yang seharusnya kita syukuri. Fasilitas ini adanya gratis, kita nggak disuruh bayar, dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang ingin beraktifitas di internet. Bagaimana menurut Anda, apakah fitur keamanan ganda email Gmail ini merepotkan buat Anda? Atau Anda malah senang dengan makin ribetnya verifikasi untuk login? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.

7 Replies to “Kekurangan Dan Kelebihan Keamanan Ganda Email Google”

  1. Koreksi om,
    Perasaan layanan ini sudah berjalan setahun om, bukan baru dua bulan,
    Setelah saya lihat backup veryfication codes saya tercatat Februari 2011,berarti sudah ada setahun.
    Salam 🙂

  2. Koreksi Om,
    Perasaan layanan ini sudah berjalan setahun Om, bukan baru dua bulan,
    Setelah saya lihat backup veryfication codes saya terctat Februari 2011, berarti sudah ada setahun.
    Salam 🙂

  3. Saat membuat akun gmail kita memang diminta memberikan nomor handphone, lalu kemudian google akan mengirimkan kode verifikasi melalui sms ke nomor handphone kita. Dan bila suatu saat terjadi masalah login pada akun gmail atau akun google, maka google akan kembali meminta kita memasukkan nomor handphone tersebut. Google kembali mengirimkan kode verifikasi melalui sms ke nomor handphone kita. Fitur keamanan seperti ini bagus sekali dan menurut saya tidak merepotkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *