Aku dan Anwar di Acara Buka Puasa Bersama di SMP Negeri 2 Jombang

Inspirasi Ramadhan Selaksa Cinta di SMP Negeri 2 Jombang

Momen istimewa Ramadhan Selaksa Cinta hadir kembali di Jombang, tepatnya di SMP Negeri 2 Jombang. SMP Negeri 2 Jombang adalah salah satu sekolah favorit di Kabupaten Jombang. Segenap keluarga besar SMPN 2 Jombang menunjukkan kepedulian mereka terhadap keberadaan anak-anak yatim di wilayah Jombang dan sekitarnya. Mereka mengadakan buka puasa bersama anak yatim pada Selasa, 21 Juni 2016 dan dihadiri oleh 75 anak yatim dari beberapa sanggar genius Yatim Mandiri serta puluhan tamu undangan. Acara tersebut dilaksanakan di Aula SMPN 2 Jombang yang berada di lantai dasar sebelah barat sekolah. Tepat di depan sekolah itu terhampar rumput hijau Alun-alun Jombang yang menyejukkan pandangan mata.

Acara bukber di SMPN 2 Jombang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Jombang, Ibu Nyai Hj. Munjidah Wahab. Kharisma Bu Nyai Munjidah tidak pernah pudar meski usianya tak lagi muda. Pada kesempatan tersebut Bu Nyai Munjidah menyampaikan ceramah singkat mengenai pentingnya kepedulian terhadap sesama. Gaya bicara beliau khas seperti halnya saat memberi sambutan dalam acara-acara pengajian ibu-ibu muslimat NU yang kerapkali dilaksanakan di desa-desa di wilayah Kabupaten Jombang. Kehadiran beliau tidak lama namun memberi makna yang mendalam bagi setiap hadirin yang memenuhi tempat kegiatan.

Semarak acara bukber di SMPN 2 Jombang turut dimeriahkan oleh kelompok musik banjari dari remaja masjid sekolah tersebut. Tapi bukan itu perhatian utama saya. Anwar, salah satu peserta bukber dari Sanggar Genius Ar-Rohim Pandanwangi menyita perhatian saya. Kamera yang saya pakai untuk menjepret momen-momen menarik bukber selalu berusaha direbutnya. Saya sudah berusaha menyembunyikan dibalik saku baju namun dia terus saja memintanya. Tidak puas disitu, ia juga mencoba mengacak-acak buku saku yang biasa saya gunakan untuk membuat catatan-catatan kecil terkait hal-hal unik yang patut dicatat dalam acara bukber.

Kini saya tahu, hal unik dalam program Ramadhan Selaksa Cinta kali ini adalah Anwar sendiri. Di usianya yang masih anak-anak ia ingin diperhatikan dari orang-orang disekitarnya. Saat ia tidak mendapatkan perhatian yang diinginkan, maka ia akan terus berusaha mendapatkan dari orang lain. Seperti itulah karakter manusia. Selalu ingin mendapatkan perlakuan lebih dari manusia lainnya. Tidak masalah jika cara mencuri perhatian itu dilakukan dengan cara-cara yang elok. Saya pun berusaha memberikan perhatian yang ia minta. Sesuai dugaan saya, saat dia sudah mendapatkan kasih sayang itu, dia berhenti berulah. Semoga tulisan ini menginspirasi Anda!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *