Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) 2014

Lomba Pildacil Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) 2014
Lomba Pildacil Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) 2014

Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) adalah event khusus yang dilaksanakan oleh Yatim Mandiri dalam rangkaian Program Ramadhan Ceria Bersama Anak Yatim. Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) tahun 2014 memperlombakan tiga kategori bakat anak yatim, yaitu Lomba Tahfidz (Hafalan Al-Quran), Lomba Melukis Bertema Ramadhan, dan Lomba Pemilihan Dai Kecil (PILDACIL).

 Melalui pelaksanaan Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) diharapkan anak-anak yatim di Indonesia berkesempatan tampil dan mengembangkan bakat serta minat mereka dalam berbagai bidang yang disediakan. Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) adalah program pendidikan berkelanjutan dari Sanggar Kemandirian Yatim Mandiri. Setiap anak didik Sanggar Kemandirian memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka melalui beragam lomba yang ada.

Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) dilaksanakan dengan tujuan mengetahui minat dan mengembangkan bakat anak yatim melalui beberapa bidang yang dilombakan. Pada fakta di lapangan seringkali kita mendapatkan kenyataan bahwa potensi anak yatim kurang tergali dengan baik dengan berbagai faktor. Melalui Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) ) inilah diharapkan anak-anak yatim bisa mengeksplorasi kemampuan terbaik mereka.

Tujuan jangka panjang dari pelaksanaan Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) adalah agar anak-anak selalu bersedia meningkatkan kemampuan diri mereka. Kegiatan Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) dilaksanakan setiap tahun. Hal ini berarti bahwa setiap tahun anak-anak memiliki kesempatan untuk menjadi juara dalam kategori lomba yang sesuai dengan bakat dan minat mereka.

Kesuksesan OASE 2013

Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) tahun 2013 merupakan ajang pencarian bakat anak yatim dalam 3 kategori lomba. Ketika itu diperlombakan Pemilihan Dai Cilik (Pildacil), Lomba Penampilan Banjari Kreatif, dan Musabaqoh Tilawati Quran (MTQ) untuk anak yatim tingkat SD/MI. Alhamdulillah respons anak-anak sangat bagus. Hal ini terbukti dengan tingginya permintaan kuota per sanggar yang kami sediakan.

Hasil Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) tahun 2013 merupakan buah dari pendidikan berkelanjutan di Sanggar Kemandirian. Kami bersyukur bahwa para juara Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) mampu tampil dengan bagus di berbagai event yang kami selenggarakan, misalkan pada acara Penobatan Duta Bunda Yatim di Pendopo Kabupaten Jombang kemarin. Ibu Tjaturina Wihandoko mengaku senang dengan penampilan adik-adik para jara Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) 2013 dan belia berharap Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) tahun 2014 ini mampu lebih baik lagi dalam mengembangkan bakat anak yatim di Kabupaten Jombang.

Yatim Mandiri berharap Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) 2014 dapat menyadarkan anak-anak yatim di Indonesia bahwa mereka memiliki bakat dan potensi yang tidak kalah hebat dibanding anak-anak lain di Indonesia. Selain itu, moment Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) 2014 adalah kesempatan berkreasi bagi para guru atau pengajar Sanggar Kemandirian. Beragam persiapan yang dilaksanakan oleh anak yatim dalam mengikuti Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) adalah proses pembelajaran berkelanjutan dalam membentuk akhlaq karimah.

Kemudian Yatim Mandiri berharap pelaksanaan Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) dapat meningkatkan kepercayaan diri anak yatim dalam menghadapi hidup. Tidak menutup kemungkinan anak-anak yatim yang menjadi juara Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) berkesempatan tampil di level yang lebih tinggi, misalnya dalam tingkat propinsi dan nasional.

Harapan terbesar Yatim Mandiri dalam event Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) adalah anak yatim di Indonesia dapat memiliki motivasi hidup yang lebih baik. Motivasi yang tinggi bisa didapatkan ketika mereka menemukan dunia yang sesuai dengan jiwa mereka. Boleh jadi anak yatim tidak sukses di pendidikan akademis, namun sangat mungkin mereka mencapai keberhasilan di bidang non akademis, misalnya pengembangan bakat berpidato, melukis, bercerita, bermain musik, dan lain-lain.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “Olimpiade Anak Yatim Sholeh (OASE) 2014”

  1. mudah-mudahan lomba ini bisa memantik potensi anak yatim indonesia agar bisa berprestasi lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *