Komunikasi Persuasif Secara Visual Melalui Media Blogging

Menurut penelitian pakar komunikasi Dr. Daryl Bem, simbol memperoleh maknanya dari pengalaman sosial dan konteks. Konteks tersebut merupakan gabungan dari simbol lain yang mengelilingi sebuah informasi. Pengalaman masa lalu pembaca dengan simbol-simbol memberinya makna bagi sebuah tulisan yang dibaca, termasuk artikel blog yang tayang di internet. Pembaca akan membanding-bandingkan artikel yang mereka hadapi dengan beberapa informasi sejenis sebelumnya.

Masih menurut Dr. Daryl Bem, pesan-pesan persuasif (berisi ajakan atau rayuan) yang disampaikan seorang blogger dan internet marketer kepada pembaca harus mempunyai unsur faktual sekaligus melibatkan emosi. Penggunaan istilah-istilah teknis adalah pilihan cara berkomunikasi dengan cara menyampaikan sesuatu dengan banyak nama. Istilah teknis dapat menambah ketepatan pembahasan, tetapi juga dapat menciptakan kebingungan bagi pembaca awam.

SELF Confidence - Komik Blogging
Komunikasi Efektif Dalam Dunia Blogging - Komik Blogging by Darinholic.Com

Komunikasi efektif melalui media blogging dibentuk melalui indera pendengaran (audio-video) dan indera penglihatan (mata). Namun indera penglihatan memegang peranan lebih banyak daripada indera pendengaran. Tidak seperti presentasi tatap muka yang melibatkan sentuhan, bau, gerakan dan emosi, seorang blogger hanya dapat berharap kepada pembaca untuk mengingat sesuatu sesuai isi memori panca indera mereka.

Cara menanggapi informasi secara visual merupakan kegiatan favorit dari sebagian besar manusia. Mungkin hanya sebagian kecil yang suka berbagi informasi melalui indera pendengaran. Indera penglihatan dan emosi dalam tubuh akan mengolah informasi dan memunculkan tanggapan sesuai dengan apa yang mereka pikirkan. Pembaca akan percaya kredibilitas sebuah artikel marketing jika mereka memiliki kemampuan olah rasa yang cukup bagus.

Komunikasi efektif melalui media blogging dapat dicapai jika Anda mengirim dan menerima teks dan gambar. Dr Joel Whalen sendiri menyatakan komunikasi adalah proses dimana orang bekerja untuk menemukan makna bersama. Komunikasi persuasif didesain untuk mengubah pengetahuan seseorang, perasaan, atau tingkah laku. Jika seorang internet marketer mengharapkan pembaca mengubah sikap mereka, pertama yang perlu direncanakan adalah mengubah perilaku mereka terlebih dahulu.

Mudah-mudahan artikel komunikasi media blogging ini bisa memberi inspirasi bagi blogger Indonesia. Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Komunikasi Persuasif Secara Visual Melalui Media Blogging”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *