Dongeng Anak Islami Bersama Bank Jombang di Penghujung Ramadhan

Dongeng Anak Islami Bersama Bank Jombang di Penghujung Ramadhan
Dongeng Anak Islami Bersama Bank Jombang di Penghujung Ramadhan

Inspirasi hidup bisa datang dari mana saja, bahkan dari tempat yang tidak Anda kira.

Mereka yang terbiasa membahagiakan orang lain akan merasakan bahagia yang berlipat ganda dalam hidupnya. Itulah pesan tersirat dari kegiatan kali ini. Dalam hitungan beberapa jam saya harus tampil mendongeng di hadapan 60 peserta dongeng anak Islami dan kegiatan buka puasa di Bank Jombang. Mereka adalah anak-anak, pria dewasa, dan wanita dewasa. Saya sempat bingung memilih tema dongeng yang bisa menyentuh segala lapisan usia.

Audiens memang memiliki keragaman diri, namun saya tersadarkan oleh satu kenyataan bahwa nilai-nilai kebenaran dapat diterima oleh segala lapisan usia. Itulah jawabnya. Daripada saya sibuk menganalisa perbedaan-perbedaan tersebut, saya lebih suka mencari persamannya. Kemudian muncul satu topik dongeng yang lebih universal, yaitu kesabaran. Kembali saya ditemani Si Alim, anak lebah yang memberi saya inspirasi dalam menebar motivasi.

“Tahukah anak-anak, kesabaran itu bukan hanya diperlukan ketika kita terkena musibah?” beberapa diantara audiens terdengar menjawab: tahu dong. Namun selebihnya malah terdiam. Oke, ini kesempatan saya tampil, saya bergumam dalam diri. Saya pun terus mengeluarkan kicau dongengan dengan intonasi yang berubah-ubah. Sesekali saya memperdengarkan suara dengungan lebah. Tak jarang suara asli saya muncul.

Selain dalam menjalani musibah, kesabaran juga diperlukan dalam rangka menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Beberapa jokes yang saya lemparkan kepada audiens memberi respons yang berbeda. Akhirnya kebekuan suasana dapat mencair saat mereka saya ajak menyanyikan lagu Wali bersama-sama. Ya, dari dulu musik memang bersifat universal. Musik bisa diterima oleh beragam usia dan latar belakang kehidupan.

Dongeng anak Islami di Bank Jombang sore hari itu saya tutup dengan tayangan slide inspirasi. Saya pajang beberapa foto kegiatan anak-anak sanggar genius dan anak-anak korban kelaparan di Afrika. Kehadiran foto mereka di dalam slide presentasi mampu menumbuhkan ikatan komunikasi (chemistry) diantara saya dan mereka. Pengalaman dongeng anak di penghujung Ramadhan yang menyenangkan. Terima kasih untuk kebersamaan kita selama ini. Semoga terinspirasi!

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Dongeng Anak Islami Bersama Bank Jombang di Penghujung Ramadhan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *