Mau Berangkat Kuliah Kerja Nyata? Baca Dulu Beberapa Tips Persiapan KKN Berikut Ini

Pelatihan Kerajinan Tangan Membuat Mahar Pernikahan oleh Mahasiswa KKNT UNHASY di Desa Asemgede
Pelatihan Kerajinan Tangan Membuat Mahar Pernikahan oleh Mahasiswa KKNT UNHASY di Desa Asemgede

Kuliah Kerja Nyata atau KKN adalah salah satu mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan Strata 1 ( S1). KKN berlaku baik di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Bagi sebagian mahasiswa, KKN dianggap sebagai momok menakutkan karena lokasi KKN identik dengan tempat yang jauh dari keramaian, terisolir, kehidupan rakyat desa, tidak ada sinyal telepon, dan beragam konotasi buruk lainnya. Supaya tidak misinformasi, The Jombang Taste kali ini akan berbagi tips persiapan mengikuti KKN bagi Anda mahasiswa semester akhir.

Ubah Pola Pikir

Hindari beranggapan bahwa KKN adalah sebuah hukuman bagi mahasiswa kekinian untuk merasakan kehidupan serba kekurangan. Percayalah, dosen dan rektor kalian tidak ada sedikitpun niat buruk menyiksa kalian. Justru KKN adalah kesempatan bagus bagi kalian untuk belajar ‘jadi orang’ in real life. Kalian disana akan mengalami pendidikan langsung dari masyarakat. Ilmu yang akan kalian dapatkan disana mungkin tidak diajarkan di perkuliahan namun bermanfaat untuk next step kehidupan.

Jangan pernah berpikiran berangkat KKN untuk ajang liburan dan cari jodoh. Mahasiswa peserta KKN yang tidak fokus pada kegiatan KKN akan lebih banyak melakukan tebar pesona kepada lawan jenis, baik kepada sesama kawan mahasiswa maupun kepada pemuda-pemudi desa tempat tinggal KKN. Hentikan niat cari jodoh lewat KKN atau nanti kalian akan menyesal karena melewatkan precious moment yang tidak mungkin datang dua kali. Memangnya Anda mau mengulang KKN sekali lagi?

Jalan Sehat Mahasiswa KKNT UNHASY Bersama Warga Desa Asemgede Jombang
Jalan Sehat Mahasiswa KKNT UNHASY Bersama Warga Desa Asemgede Jombang

Pahami Perbedaan Sosial Budaya

Seminggu sebelum berangkat KKN biasanya dari pihak kampus melaksanakan survei lokasi. Survei ini penting dilakukan para mahasiswa. Ibaratnya nih, kalau mau berangkat perang harus tahu medannya. Mana pos bertahan, mana tempat menyerang. Ingat! Survei lokasi bukan cuma bertujuan cari tempat kos. Pilihlah tempat tinggal KKN yang dekat dengan pemimpin atau leader masyarakat. Dari pengamatan langsung dan PDKT dengan pemimpin warga itulah kalian bisa tahu kondisi sosial dan budaya masyarakat setempat beserta permasalahannya.

Buka mata, buka telinga, dan dengar suara hati Anda untuk menerima informasi, mengolah, dan mengeksekusinya. Anda akan menemui beragam aliran kepercayaan masyarakat disana dan barangkali tidak sesuai dengan keyakinan Anda. Apapun jenis perbedaan tersebut, jangan dijadikan penyebab Anda tidak bersedia berkomunikasi dengan mereka. Selanjutnya, jangan membuat konflik baru terhadap perbedaan budaya yang Anda yakini dengan penduduk lokal. Jika Anda menjadi orang ketiga dalam konflik antar kelompok masyarakat, lebih baik Anda menyingkir secara halus. Jangan melibatkan diri dalam konflik masyarakat, apapun jenisnya.

Membawa Bekal Secukupnya

Persiapan KKN bukan cuma mental dan fisik saja. Kalian pun butuh uang, pakaian dan bahan makanan. Berapa jumlah uang saku yang dibutuhkan? Kira-kira 600ribu sampai 1 juta Rupiah tergantung kesepakatan dengan anggota kelompok KKN dan gaya hidup pribadi kalian. Untuk lebih merasakan team work, penulis sarankan jangan memesan makanan catering. Itu pemborosan dan menunjukkan karakter mahasiswa bossy. Biasakan memasak sendiri makanan yang akan Anda konsumsi bersama anggota kelompok lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda berinteraksi dengan warga sepanjang hari.

Hindari looking so glamour di mata warga. Kalian disana untuk belajar dan mengabdi ke masyarakat, bukan liburan ala backpacker. Sekalipun Anda memiliki ratusan koleksi tas mahal dan bermerek, untuk sementara ini simpan dulu barang-barang mewah tersebut. Bergayalah sesuai dengan budaya tempat tinggal Anda selama KKN. Anda juga tidak perlu mengumbar janji-janji manis kepada warga untuk membuat kegiatan yang memerlukan dana besar. Sesuaikan perilaku Anda dengan isi kantong Anda dan jumlah dana kelompok yang tersedia.

Itu dulu tips singkat persiapan mengikuti KKN. Siapkan mental untuk berkenalan dengan orang-orang baru dan menginspirasi mereka untuk menjadi lebih baik. Anda tidak perlu takut melangkah bersama warga desa karena mereka memiliki banyak kearifan lokal yang tidak mungkin Anda temukan di tempat lain. Saya akhiri dulu disini dan saya sambung di artikel berikutnya. Selamat bersiap-siap!!

6 Replies to “Mau Berangkat Kuliah Kerja Nyata? Baca Dulu Beberapa Tips Persiapan KKN Berikut Ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *