Contoh Program Kerja di Bidang Pendidikan Untuk Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Posdaya Berbasis Masjid

Program Pendidikan Mahasiswa KKNT UNHASY Untuk PAUD Asemgede Jombang
Program Pendidikan Mahasiswa KKNT UNHASY Untuk PAUD Asemgede Jombang

Pada artikel The Jombang Taste sebelumnya sudah pernah kita bahas contoh program kerja di bidang keagamaan untuk mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Berbasis Masjid. Selain bidang agama, program kerja KKN juga menyentuh bidang pendidikan. Berikut ini contoh program kerja bidang pendidikan untuk mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang.

Kegiatan KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid dilaksanakan oleh mahasiswa untuk mengembangkan pendidikan di Desa Keboan dan mengamalkan beberapa ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa berdasarkan pengetahuan yang telah mereka dimiliki. Kegiatan KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid di bidang pendidikan dilakukan dalam rangka membantu pengajaran di TPQ, Sekolah, dan tempat bimbingan belajar (bimbel) di Dusun Keboan Kidul Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang.

Materi pengajaran santri di TPQ berupa pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a dan metode Tilawati. Kegiatan pendidikan di TPQ dilaksanakan di empat tempat yang terpisah, yaitu TPQ Darussalam, TPQ Nurul Hidayah, TPQ An-Nur, dan TPQ Baitus Syukur. Sementara itu, kegiatan pendidikan di sekolah dilakukan di RA Muslimat, SD Keboan, MI Al-Hidayah, MTSN Bakalan Rayung, dan MAN Keboan.

Program kerja KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid di bidang pendidikan juga berupa bimbingan belajar di Ponpes An-Nur, dirumah Bapak Aminullah, dan di rumah Kak Nindri. Selain membantu kegiatan belajar tersebut. Kegiatan yang dikembangkan untuk program pendidikan yaitu pelatihan MC atau Pembawa acara dan Pelatihan Banjari yang dilakukan dua kali dalam sebulan tepatnya dilaksanakan pada hari Minggu. Penjelasan beberapa kegiatan yang dilakukan KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid di bidang pendidikan sebagai berikut.

Kegiatan Belajar Santri Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang
Kegiatan Belajar Santri Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang

Mengajar Santri TPQ

Kegiatan mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid di bidang pendidikan adalah sebagai berikut. Awalnya, mahasiswa melakukan silaturahim beserta sosialisasi program kegiatan kepada TPQ Darussalam, TPQ Nurul Hidayah, TPQ Baitus Syukur dan TPQ An-Nur. Kemudian mahasiswa memohon persetujuan membantu kegiatan pengajaran dari pengurus TPQ. Setelah mahasiswa mendapat persetujuan kegiatan, maka diadakan rapat pembagian tugas pelaksanaan kegiatan dan pembagian jadwal. Langkah berikutnya adalah melaksanakan kegiatan pengajaran sesuai jadwal kegiatan.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid dalam rangka membantu mengajar di TPQ adalah sebagai berikut. Pertama, membantu Mengajar di TPQ Nurul Hidayah. Kegiatan membantu pengajaran di TPQ Nurul Hidayah dimulai hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 sampai Minggu 21 Agustus 2016. Materi yang diajarkan yaitu pembelajaran membaca Al-qur’an menggunkanan metode Yanbua. Kegiatan dlakukan setiap pukul 16.00–17.00 WIB di TPQ Nurul Hidayah.

Selain itu, program pendidikan KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid  di bidang pendidikan juga berperan mengajar di TPQ Darussalam Keboan. Kegiatan ini dimulai hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 sampai Minggu 21 Agustus 2016. Materi yang diajarkan yaitu pembelajaran membaca Al-qur’an menggunkanan metode Yanbua. Kegiatan mengajar di TPQ ini dilakukan setiap pukul 15.30 – 17.00 WIB di TPQ Darussalam Keboan.

Selain itu, program pendidikan KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid  juga ambil bagian dalam membantu mengajar santri di TPQ An-Nur. Kegiatan pengajaran di TPQ An-Nur dimulai hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 sampai Minggu 21 Agustus 2016. Materi yang diajarkan yaitu pembelajaran membaca Al-qur’an menggunkanan metode Tilawati. Selain melakukan pembelajaran membaca Al-qur’an dilakukan pembelajaran kitab. Kegiatan ini dilakukan setiap pukul 14.00–17.00 WIB di TPQ An-Nur

Berikutnya, program pendidikan KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid  di Desa Keboan berupa pengajaran santri di TPQ Baitus Syukur. Kegiatan ini dilaksanakan di TPQ Baitus Syukur dimulai hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 sampai Minggu 21 Agustus 2016. Materi yang diajarkan yaitu pembelajaran membaca Al-qur’an menggunkanan metode semaan dan permainan. Selain melakukan pembelajaran membaca Al-qur’an dilakukan pembelajaran kitab. Kegiatan pengajaran ini dilakukan setiap pukul 15.30 – 17.00 WIB di TPQ Baitus Syukur.

Khidmat Upacara Bendera Guru Memakai Seragam PGRI dan Korpri di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang
Khidmat Upacara Bendera Guru Memakai Seragam PGRI dan Korpri di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Mengajar di Sekolah

Proses kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut. Mula-mula, mahasiswa melakukan silaturahim beserta sosialisasi program kegiatan kepada RA Muslimat, MI Al-Hidiayah, SDN Keboan, MTsN Bakalan Rayung, dan MAN Keboan. Mahasiswa kemudian memohon persetujuan membantu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah yang sesuai dengan bidang keahlian. Setelah mendapat persetujuan membantu kegiatan, mahasiswa mengadakan rapat pembagian tugas pelaksanaan kegiatan dan pembagian jadwal. Langkah berikutnya adalah mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid melaksanakan kegiatan pengajaran sesuai jadwal kegiatan yang telah dipilih.

Salah satu sekolah dan kegiatan yang dilakukan adalah membantu mengajar di  RA Muslimat Keboan. Kegiatan membantu pengajaran di RA Muslimat dimulai hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 sampai Minggu 21 Agustus 2016 dan pelaksanaannya tidak setiap hari, hanya hari Jum’at dan Sabtu pukul 07.00 sampai selesai.

Selanjutnya, program pendidikan KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid berupa membantu mengajar di  SDN Keboan. Kegiatan pengajaran di SDN Keboan dimulai hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 sampai Minggu 21 Agustus 2016 dan pelaksanaannya tidak setiap hari hanya hari Rabu dan Kamis. Kegiatan mahasiswa juga bertujuan membantu persiapan akreditasi sekolah. Waktu pelaksanaannya pukul 08.00 sampai selesai.

Program pendidikan KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid di Keboan selanjutnya adalah membantu mengajar guru di  MI Al-Hidayah Keboan. Kegiatan pengajaran di MI Al-Hidayah dimulai hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 sampai Minggu 21 Agustus 2016 dan pelaksanaannya tidak setiap hari hanya hari Rabu dan Kamis. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid berupa bantuan bimbingan membaca Al-qur’an di sekolah. Waktu pelaksanaannya pukul 09.00 sampai selesai.

Mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid di Desa Keboan juga bertugas mengajar di  MTsN Bakalan Rayung. Kegiatan pengajaran di MTsN Bakalan Rayung dimulai hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 sampai Minggu 21 Agustus 2016 dan pelaksanaannya tidak setiap hari hanya hari Rabu dan Kamis. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa peserta KKN adalah membantu bimbingan membaca Al-qur’an di sekolah. Waktu pelaksanaannya pukul 12.00 sampai selesai.

Selanjutnya, program pendidikan KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid  di Keboan adalah mengajar di  MAN Keboan. Kegiatan pengajaran di MAN Keboan dimulai hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 sampai Minggu 21 Agustus 2016 dan pelaksanaannya tidak setiap hari. Kegiatan ini dilakukan mahasiswa untuk membantu ektrakurikuler bimbingan membaca Al-Qur’an setiap hari Rabu dan Kamis pukul 14.30 WIB di Musholla. Selain itu, mahasiswa KKN juga bertugas mengisi pengajaran di Madrasah Diniyah (Madin) setiap hari Sabtu pukul 10.00 WIB di Musholah, dan membina ekstra Bola Voly pukul 15.50 WIB di lapangan MAN Keboan.

Rumah Cerdas Islami - Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center
Rumah Cerdas Islami – Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center

Mengajar di Bimbel

Kegiatan bimbingan belajar (bimbel) adalah salah satu program pendidikan mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid di Keboan dan dilakukan mahasiswa dengan target peserta anak-anak yang tinggal di sekitar masjd Nurul Hidayah. Kegiatan bimbel juga dilakukan mahasiswa peserta KKN di Ponpes An-Nur, Rumah Bapak Aminullah, dan di Rumah Kak Nindri. Pelaksanaan bimbel dilakukan hari Minggu sampai Jum’at. Waktu pelaksanaan bimbel adalah pukul 18.00 WIB sampai selesai.

Proses kegiatan bimbel adalah sebagai berikut. Awalnya, mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid melakukan silaturahim beserta sosialisasi program kegiatan ke kediaman Bapak Aminullah, Kak Nindri dan Ponpes An-Nur. Mahasiswa memohon persetujuan membantu kegiatan bimbel. Setelah mahasiswa mendapat persetujuan membantu kegiatan, maka kelompok mahasiswa melakukan rapat pembagian tugas pelaksanaan kegiatan dan pembagian jadwal. Setelah semua siap, mahasiswa melaksanakan kegiatan bimbingan belajar sesuai jadwal kegiatan yang telah dipilih.

Pelatihan Pembawa Acara

Pelatihan menjadi pembawa acara atau MC adalah kegiatan pelatihan untuk mengembangkan minat dan bakat anak usia produktif dalam kemampuan public speaking. Melalui pelatihan MC anak akan terbiasa menyampaikan informasi di depan umum. Kegiatan pelatihan menjadi MC dilakukan dua kali dalam sebulan tepatnya pada hari Minggu pukul 09.00 WIB di MI Al-Hidayah.

Proses kegiatan pelatihan pembawa acara adalah sebagai berikut. Pertama, mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid melaksanakan silaturahim beserta sosialisasi program pelatihan pembawa acara kepada TPQ Darussalam, TPQ Nurul Hidayah, TPQ Baitus Syukur dan TPQ An-Nur. Selanjutnya, mahasiswa memohon delegasi peserta pelatihan dan mahasiswa mendapat data peserta kegiatan. Berikutnya, mahasiswa memberikan pemberitahuan waktu pelaksanaan kegiatan. Rapat pembagian tugas pelaksana pelatihan dilakukan untuk melaksanakan kegiatan pelatihan sesuai waktu yang ditentukan.

Dongeng Anak di Acara Pondok Ramadhan 2017 Murid-murid SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang
Dongeng Anak di Acara Pondok Ramadhan 2017 Murid-murid SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Pelatihan Banjari

Kegiatan pelatihan banjari berupa permainan seperangkat alat musik banjari disertai dengan melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan minat dan bakat anak dibidang seni musik Islami. Kegiatan pelatihan musik banjari dilakukan dua kali dalam sebulan tepatnya dihari Minggu pukul 09.00 WIB.

Kegiatan pendidikan ini dilaksanakan oleh mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid dengan tahapan sebagai berikut. Mula-mula, mahasiswa melakukan silaturahim beserta sosialisasi program pelatihan Banjari acara kepada TPQ Darussalam, TPQ Nurul Hidayah, TPQ Baitus Syukur dan TPQ An-Nur. Berikutnya, mahasiswa memohon delegasi peserta pelatihan kepada masing-masing lembaga yang diundang. Setelah mendapat data peserta kegiatan, mahasiswa memberikan pemberitahuan waktu pelaksanaan kegiatan. Rapat pembagian tugas pelaksana pelatihan dilakukan untuk mendukung kelancaran acara.

Semoga tulisan ini menginspirasi Anda!

3 Replies to “Contoh Program Kerja di Bidang Pendidikan Untuk Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Posdaya Berbasis Masjid”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *