Contoh Program Kerja KKN Posdaya Masjid di Bidang Kesehatan, Ekonomi, Organisasi, dan Pelestarian Lingkungan di Daerah Terpencil

Jalan Sehat Mahasiswa KKNT UNHASY Bersama Warga Desa Asemgede Jombang
Jalan Sehat Mahasiswa KKNT UNHASY Bersama Warga Desa Asemgede Jombang

The Jombang Taste kembali menyapa Anda melalui artikel dunia kampus mengenai program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Berbasis Masjid. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas contoh program kerja KKN di bidang agama dan contoh program kerja KKN di bidang pendidikan. Artikel The Jombang Taste kali ini membahas contoh program kerja KKN di bidang kesehatan, ekonomi, keorganisasian, dan pelestarian lingkungan yang telah dilaksanakan mahasiswa peserta KKN dari Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng tahun 2016 di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang.

Bidang Kesehatan

Program KKN Posdaya Masjid di bidang kesehatan antara lain penimbangan balita melalui Posyandu, pemeriksaan kesehatan lansia, senam ibu-ibu PKK, dan lain-lain. Program kesehatan KKN dapat bersinergi dengan instansi kesehatan terdekat dengan lokasi kegiatan KKN.

Program Kesehatan Mahasiswa KKNT UNHASY untuk Warga Desa Asemgede Bekerjasama Dengan Yatim Mandiri
Program Kesehatan Mahasiswa KKNT UNHASY untuk Warga Desa Asemgede Bekerjasama Dengan Yatim Mandiri

Posyandu Balita dan Lansia

Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia dilakukan mahasiswa KKN mengikuti program rutin yang sudah diadakan desa. Kegiatan dilakukan pada minggu kedua pada setiap bulan. Pelaksanaan program kesehatan ini pada bulan Agustus dilakukan mulai dari Senin tanggal 8 Agustus 2016 sampai Sabtu tanggal 13 Agustus 2016 pukul 09.00 sampai selesai bertempat di beberapa posyandu dan balai desa. Posyandu Balita dilaksanakan pada Senin sampai Kamis dan Posyandu Lansia Jumat, Sabtu.

Kegiatan posyandu memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan balita dan lansia. Penduduk balita dan manula rentan terkena penyakit sehingga dengan adanya pemeriksaan secara rutin, penyebab dan pencegahan penyakit dapat teraatasi lebih awal. Kegiatan posyandu adalah kegiatan gratis yang sudah menjadi program pemerintah daerah setempat.

Proses kegiatan Posyandu Balita dan Posyandu Lansia dilakukan sebagai berikut. Pertama, mahasiswa Silaturahim beserta sosialisasi program kegiatan ke Posko Posyandu. Lantas, mahasiswa peserta KKN memohon persetujuan membantu kegiatan Posyandu. Setelah mahasiswa KKN mendapat persetujuan membantu kegiatan, maka diadakan rapat pembagian tugas pelaksanaan kegiatan dan pembagian jadwal. Kemudian mahasiswa KKN melaksanakan kegiatan pendampingan Posyandu sesuai jadwal kegiatan yang telah ditentukan.

Senam Bersama Anggota PKK

Kegiatan senam bersama ibu-ibu anggota PKK dilakukan mengikuti kegiatan rutin yang dilaksanakan anggota PKK setiap hari Minggu pukul 09.00. Kegiatan dilaksanakan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Proses kegiatan senam ini dilakukan melalui tahap sebagai berikut. Awalnya, mahasiswa melakukan silaturahim beserta sosialisasi program kerja kepada Ibu-Ibu PKK untuk mengikuti program senam. Kemudian, mahasiswa memohon persetujuan mengikuti kegiatan senam. Setelah mendapat persetujuan mengikuti kegiatan, maka diadakan rapat persiapan mengikuti kegiatan. Tahap akhir, mahasiswa melaksanakan kegiatan senam bersama anggota PKK Desa Keboan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Pelatihan Kerajinan Tangan Membuat Mahar Pernikahan oleh Mahasiswa KKNT UNHASY di Desa Asemgede
Pelatihan Kerajinan Tangan Membuat Mahar Pernikahan oleh Mahasiswa KKNT UNHASY di Desa Asemgede

Bidang Ekonomi

Program kerja KKN di bidang ekonomi yang dilakukan mahasiswa KKN bertema Posdaya Masjid bisa beragam. Mulai dari pelatihan kerajinan tangan dari anyaman, pelatihan rias pengantin, pelatihan cara menanam jahe merah, hingga pada beragam usaha kreatif lain yang disesuaikan dengan kondisi alam lokasi kegiatan KKN. Untuk lokasi kegiatan KKN yang didukung jaringan komunikasi yang memadai, mahasiswa peserta KKN dapat melaksanakan pelatihan dasar-dasar bisnis online.

Program kerja di bidang ekonomi yang dijalankan oleh mahasiswa UNHASY di Desa Keboan adalah optimalisasi Baitul Maal Wa Tamwil (BMT). Kegiatan ini dilakukan untuk menghidupkan kembali BMT yang pernah dibentuk warga agar dapat beroperasi kembali. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2016 pukul 19.30 WIB di Masjid Nurul Hidayah. Proses optimalisasi BMT adalah sebagai berikut. Pertama, mahasiswa melakukan identifikasi masalah BMT yang ada di Desa Keboan dan mengirim permohonan izin melakukan sosisalisasi program kepada ta’mir masjid. Selanjutnya, mahasiswa KKN memohon persetujuan melaksanakan sosisalisasi program kerja di bidang ekonomi ini. Setelah mendapat persetujuan melaksanakan sosialisasi, maka mahasiswa mengadakan rapat persiapan pelaksanaan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi BMT kemudian dilaksanakan dan BMT dibuka lagi kegiatan operasionalnya.

Program Pendidikan Mahasiswa KKNT UNHASY Untuk PAUD Asemgede Jombang
Program Pendidikan Mahasiswa KKNT UNHASY Untuk PAUD Asemgede Jombang

Bidang Keorganisasian

Program kerja KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid di bidang keorganisasian merupakan kegiatan yang membutuhkan keberlanjutan. Program kerja KKN ini membutuhkan kemampuan manajerial yang mumpuni dan diharapkan dalam membentuk organisasi desa yang berkinerja bagus. Beberapa organisasi masyarakat desa yang berkembang saat ini adalah PKK, Karang Taruna, Remaja Masjid, Majelis Taklim, dan lain-lain.

Karang Taruna

Kegiatan bidang keorganisasian yang dilakukan untuk mensukseskan kegiatan peringatan HUT RI di Desa Keboan bekerjasama dengan Karang Taruna desa setempat. Mahasiswa peserta KKN mengikuti rapat desa dengan para anggota Karang Taruna dan perangkat desa setempat. Peringatan HUT RI di Desa Keboan berisi kegiatan khataman Al-Quran di pagi hari, sedekah desa siang hari, dan hiburan musik pada malam hari. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 18 Agustus 2016 di Balai desa Keboan.

Kegiatan di  bidang keorganisasian ini dilakukan melalui proses sebagai berikut. Pertama, mahasiswa mencari informasi program Karang Taruna yang akan segera dilaksanakan. Kemudian mahasiswa bekerjasama untuk mensukseskan kegiatan dalam bulan Agustus. Rapat persiapan kegiatan dilakukan oleh mahasiswa bekerjasama dengan Karang Taruna desa setempat. Berikutnya, mahasiswa ikut berpartisipasi dalam acara peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Pembentukan Struktur Posdaya

Pembentukan struktur posdaya merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa peserta KKN di bidang keorganisasian. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kepengurusan Posdaya di Masjid Nurul Hidayah. Pembentukan Struktur Posdaya dihadiri oleh perangkat desa, tokoh desa, dan masyarakat Desa Keboan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2016 bertepatan dengan sosialisasi program BMT.

Proses pembentukan struktur Posdaya dilakukan melalui tahap-tahap berikut. Pertama, mahasiswa melakukan silaturahim beserta sosialisasi program kerja kepada Kepala Desa Keboan. Kemudian mahasiswa memohon persetujuan mengandakan pembentukan struktur Posdaya. Setelah mendapat persetujuan pelaksanaan kegiatan, maka mahasiswa peserta KKN melakukan rapat persiapan pelaksanaan kegiatan. Mahasiswa dan warga setempat melaksanakan kegiatan pembentukan struktur Posdaya pada hari yang telah ditentukan. Selanjutnya, mahasiswa meminta SK Posdaya dari Pemerintahan Desa.

 

Jalanan desa Bayeman yang ku lewati setiap hari...
Jalanan desa Bayeman yang ku lewati setiap hari…

Bidang Lingkungan

Program kerja mahasiswa di bidang lingkungan bertujuan membentuk lingkungan tempat tinggal yang asri, nyaman dan sehat bagi setiap penghuninya. Contoh program kerja KKN di bidang lingkungan adalah kerja bakti membersihkan jalan, penghijauan lahan kering, daur ulang sampah, dan pembuatan papan nama jalan.

Penghijauan Masjid

Kegiatan kerja bakti dilaksanakan mahasiswa peserta KKN melalui kegiatan membersihkan masjid. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jum’at. Selain itu, mahasiswa juga melaksanakan penghijauan di lingkungan Desa Keboan dengan menanam pohon sengon di sekitar lapangan Keboan dan beberapa tanaman di sekitar kantor desa Keboan.

Tahap kegiatan yang dilakukan mahasiswa peserta KKN dalam hal ini adalah sebagai berikut. Pertama, mahasiswa menjalin silaturahim beserta sosialisasi program kegiatan ke perangkat desa dan pihak yang terkait. Kemudian mahasiswa memohon persetujuan mengadakan kegiatan bakti sosial dan penghijauan. Setelah mendapat persetujuan, maka mahasiswa mengadakan kegiatan penghijauan. Mahasiswa mengadakan rapat pembagian tugas pelaksanaan kegiatan dan pembagian jadwal kemudian melaksanakan kegiatan bakti sosial dan penghijauan sesuai waktu yang telah disepakati.

Pembuatan Papan Nama Jalan

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa peserta KKN karena berdasarkan hasil pengamatan mahasiswa terhadap lingkungan Desa Keboan belum memiliki papan nama jalan. Kegiatan pembuatan papan nama jalan dimulai dari tanggal 11 Agustus sampai tanggal 18 Agustus 2016. Pemasangan papan nama jalan dilakukan pada tanggal 19 Agustus 2016.

Proses pembuatan papan nama jalan di Desa Keboan melalui tahap berikut. Pertama, mahasiswa mengidentifikasi keadaan jalan desa Keboan. Kedua, mahasiswa merencanakan pengadaan papan nama jalan. Kemudian mahasiswa memohon persetujuan mengadakan papan nama jalan kepada Kepala Desa. Setelah mahasiswa mendapat persetujuan mengadakan kegiatan, maka mahasiswa bekerjasama dengan perangkat desa untuk menyiapkan segala keperluan. Mahasiswa mengadakan rapat pembagian tugas pelaksanaan kegiatan dan membuat papan nama jalan. Setelah papan nama jalan selesai dibuat, lalu dilakukan pemasangan papan nama jalan di beberapa lokasi yang sudah ditentukan.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi Anda!

One Reply to “Contoh Program Kerja KKN Posdaya Masjid di Bidang Kesehatan, Ekonomi, Organisasi, dan Pelestarian Lingkungan di Daerah Terpencil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *