Contoh Laporan Hasil Kegiatan KKN Terpadu Tematik Posdaya Berbasis Masjid

Pelatihan Kerajinan Tangan Membuat Mahar Pernikahan oleh Mahasiswa KKNT UNHASY di Desa Asemgede
Pelatihan Kerajinan Tangan Membuat Mahar Pernikahan oleh Mahasiswa KKNT UNHASY di Desa Asemgede

Setiap kelompok mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Berbasis Masjid wajib membuat laporan hasil kegiatan. Berikut ini The Jombang Taste bagikan contoh laporan KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016. Hasil kegiatan KKNT berupa program kerja di bidang keagamaan, pendidikan, ekonomi, keorganisasian, dan lingkungan.

Bidang Keagamaan

KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016 menghasilkan beberapa kegiatan di bidang keagamaan, yaitu: mengikuti kegiatan istighosah, tahlilan, majlis ta’lim dan shalawat, pengajian Riyadus Shalihin serta mengikuti acara tasyakuran dan sedekah desa.

Selain mengikuti kegiatan yang ada di desa kegitan lain yang telah mereka lakukan berupa khataman, pengajian lansia, pelatihan kaligrafi, pelatihan Qiro’ah. Dengan kegiatan keagamaan tersebut secara langsung mahasiswa mengamalkan ilmu agama dan melaksanakan Adzan Shalat Fardhu.

Peserta kegiatan KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016 semakin bertambah, keimanan semakin kuat, ilmu yang dimiliki bermanfaat serta komunikasi dan silaturrahmi semakin terjalin antara mahasiswa dan masyarakat, mahasiswa dan anak-anak dan mahasiswa dengan tokoh serta perangkat desa.

Program Pendidikan Mahasiswa KKNT UNHASY Untuk PAUD Asemgede Jombang
Program Pendidikan Mahasiswa KKNT UNHASY Untuk PAUD Asemgede Jombang

Bidang Pendidikan

KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016 menghasilkan kegiatan berupa membantu pembelajaran di beberapa TPQ yang ada di desa Keboan, berpartisipasi di beberapa sekolah di desa Keboan, membantu kegiatan bimbingan belajar di beberapa tempat, pelatihan MC atau pembawa acara dan pelatihan banjari bagi anak-anak dan remaja.

Bidang Kesehatan

KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016 menghasilkan kegiatan berupa membantu posyandu balita dan lansia serta mengikuti kegiatan senam bersama ibu-ibu PKK. Dengan kegiatan senam kesehatan dapat terjaga dan kebugaran semakin meningkat, ibu-ibu merasa lebih sehat dan senang.

Selain itu, KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016 juga melaksanakan kegiatan posyandu dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan balita serta manula. Sosialisasi makanan bergizi dan pola hidup sehat juga dilakukan dalam kegiatan posyandu lansia karena mayoritas masalah kesejahteraan di Dusun Keboan Kidul disebabkan kesehatan.

Bidang Ekonomi

KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016 menghasilkan kegiatan berupa sosialisasi program BMT. Di Desa Keboan sudah terdapat BMT namun keberadaannya kurang dihiraukan warga sehingga perlu di lakukan sosialisasi untuk selanjutnya dilakukan pendampingan program BMT. Dengan adannya program tersebut keakraban dan peran mahasiswa dirasakan langsung masyarakat. Sehingga silaturrahmi mahasiswa dan masyarakat terjalin akrab.

Bidang Keorganisasian

KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016 menghasilkan kegiatan berupa mensukseskan peringatan kemerdekaan RI di Desa Keboan dan mensukseskan pembentukan struktur posdaya masjid Nurul Hidayah. Dengan kegiatan tersebut silaturrahmi dengan masyarakat semakin terjaga.

Bidang Lingkungan

KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016 menghasilkan kegiatan berupa membantu ro’an atau bersih-bersih masjid dan juga penghijauan lingkungan. Bersih-bersih masjid dilakukan bergilir di beberapa masjid yang ada di desa keboan. Penghijauan dilakukan dengan menanam beberapa macam tumbuhan disekitar Balai Desa dan menanam pohon sengon di sekitar lapagan Keboan dan tempat lainnya.

Keberlanjutan Program

Program Posdaya berbasis Masjid merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bersifat berkelanjutan. Posdaya Nurul Hidayah baru saja terbentuk pada tahun 2016. Posdaya dibentuk oleh perangkat desa, takmir masjid, remaja masjid, karang taruna, tokoh masyarakat dan didukung oleh mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang yang diteapkan pada hari Jum’at tanggal 12 Agustus 2016 di Masjid Nurul Hidayah.

Karena Posdaya baru saja terbentuk maka program kerja belum berjalan dengan lancar. Akan tetapi lembaga LP2M maupun mahasiswa Unhasy Tebuireng tetap mengkoordinir ataupun memantau perkembangan Posdaya Nurul Hidayah. Sesuai dengan tugas kampus kepada mahasiswa kelompok KKNT untuk mendirikan Posdaya yang berbasis Masjid di Dusun Keboan Kidul Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang.

Selama kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berpusat di Masjid Nurul Hidayah, KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari mahasiswa Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang tahun 2016 telah melaksanakan beberapa program kerja yang telah mereka rencanakan. Semua program kerja selalu melibatkan masyarakat dan juga instansi setempat. Hal ini bertujuan agar silaturrahmi antara mahasiswa dan masyarakat Desa Keboan terjalin baik dan dapat menjadikan masyarakat yang mandiri dan kreatif. Sehingga setelah kegiatan pengabdian masyarakat ini selesai masyarakat dapat megambil peran dalam keberlanjutan program kerja secara mandiri.

Berikut beberapa usulan program yang direncanakan untuk dapat dilanjutkan. Di bidang Keagamaan adalah pelatihan kaligrafi, pelatihan Qiro’ah, khataman bulanan, dan pengajian lansia. Sedangkan di bidang pendidikan adalah Pelatihan Banjari. Di bidang Kesehatan berupa membantu kegiatan posyandu. Kemudian di bidang Ekonomi mohon dapat dilanjutkan pendampingan program BMT. Lalu di bidang Keorganisasian perlu pelatihan kader posdaya. Dan di bidang Lingkungan perlu adalah usaha menciptakan lingkungan hijau serta menjaga kebersihan masjid dan daerah setempat.

2 Replies to “Contoh Laporan Hasil Kegiatan KKN Terpadu Tematik Posdaya Berbasis Masjid”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *