Profil Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Berbasis Masjid Nurul Jadid di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang

Program Kesehatan Mahasiswa KKNT UNHASY untuk Warga Desa Asemgede Bekerjasama Dengan Yatim Mandiri
Program Kesehatan Mahasiswa KKNT UNHASY untuk Warga Desa Asemgede Bekerjasama Dengan Yatim Mandiri

Profil Masjid

Masjid Nurul Jadid terletak di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Masjid  ini  berdiri  sejak tahun  1980-an dan  mengalami renovasi pada Maret tahun  2016. Pada  saat  itu  juga  diadakan  pembaruan  atau pembenaran arah kiblat. Masjid Nurul Jadid terletak pada kawasan masyarakat yang pengeahuan agamanya kurang. Kebanyakan masyarakat Desa Asemgede merupakan pengrajin anyaman tikar yang mencari bahan anyaman daun pandan dari hutan di sekitar desa. Begitu pula dengan  keturunannya kebanyakan  dari  para  orang  tua  yang menyekolahkan anak-anak mereka  di sekolah yang bukan berbasis agama, yaitu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Menengah Atas.

Terkait kondisi saat ini bangunan masjid sudah sangat baik dan sangat layak untuk dijadikan tempat beraktifitas. Namun keadaan bangunan yang sudah baik itu tidak sejalan dengan keorganisasian di dalamnya. Masih banyak administrasi yang belum terstruktur dan perlu diperbaiki sehingga masjid seakan tidak mempunyai kegiatan yang membuat masyarakat antusias. Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) yang berada di desa ini telah dibentuk bersama-sama oleh warga desa setempat dan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Tematik Posdaya Berbasis Masjid dari Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng tahun 2016 lalu. Jadi, tahun ini adalah tahun kedua berdirinya POSDAYA di daerah ini.

Profil Posdaya Masjid

Posdaya Nurul Jadid di Masjid Nurul Jadid terletak di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Posdaya  ini  baru  saja  terbentuk  pada  tahun lalu,  tepatnya tanggal 23 Agustus 2016. Posdaya  dibentuk  oleh  peserta KKNT UNHASY Kelompok 1 Tahun 2016  yang bekerjasama dengan masyarakat. Pembentukan  Posdaya  ini  dilaksanakan  secara  musyawarah  dengan mendatangkan warga-warga sekitar untuk mencapai kesepakatan bersama mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari UNHASY Tebuireng tahun 2016 yang bertempat di Desa Asemgede.

Alasan Posdaya ini baru terbentuk di penghujung kegiatan KKNT adalah karena mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari UNHASY Tebuireng tahun 2016 yang bertempat di Desa Asemgede membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat Islam Kejawen Desa Asemgede agar mereka bersedia memanfaatkan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat. Masyarakat setempat selama ini terlanjur antipati terhadap kehidupan beragama sehingga mahasiswa peserta KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede mengalami kesulitan untuk mendapatkan calon-calon kader penggerak kegiatan keagamaan maupun aktifitas kemasyarakatan lain di masjid.

Posdaya  Nurul Jadid di Desa Asemgede  mempunyai  program  di berbagai  bidang yang menyentuh kehidupan masyarakat. Bidang-bidang tersebut adalah bidang pendidikan, bidang  kewirausahaan, bidang keagamaan, dan bidang kesehatan. Semua bidang dilaksanakan oleh beberapa orang dengan posisi seorang sebagai koordinator bidang dan beberapa orang sebagai anggota bidang. Setiap bidang dalam Posdaya ini memiliki program kerja dan tujuan masing-masing. Setiap bidang memiliki program kerja yang baru saja dibuat ataupun melanjutkan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat.

Susunan Posdaya Masjid Nurul Jadid adalah sebagai berikut:

Pelindung                          : Kepala Desa

Penasehat                          : Lukman Hakim

Ketua Posdaya                  : Tawi

Wakil Ketua                      : Suwaji

Seketaris                            : Qosim

Bendahara 1                      : Jumbadi

Bendahara 2                      : Sulipah

Bidang Keagamaan           :

  1. Sujianto (koordinator)
  2. Kusminatur Rohmah
  3. Zulaikah
  4. Sutris

Bidang Pendidikan           :

  1. Sri Utami
  2. Murni
  3. Juwani
  4. Muslikah

Bidang Kewirausahaan     :

  1. Sukirman
  2. Parman
  3. Sumiani
  4. Rasemo

Bidang Kesehatan :

  1. Endang
  2. Wiyanti
  3. Tutik
  4. Partinem
  5. Raseman

Sebelum terbentuk Posdaya, telah ada susunan pengurus Masjid Nurul Jadid. Susunan pengurus Masjid Nurul Jadid mengalami beberapa kali pergantian pasca renovasi bangunan fisik masjid. Berikut susunan pengurus masjid Nurul Jadid:

Penasehat Umum              : Lukman Hakim

Ketua Umum                    : Sujianto

Ketua Takmir                    : Tawi

Sekretaris                          : Qosim

Bendahara                         : Jumbadi

Seksi-Seksi                        :

Seksi Pendanaan               :

  1. Sukirman
  2. Parman

Seksi Bakti Sosial             :

  1. Rasemo
  2. Zulaikah

Seksi Humas                     :

  1. Raseman
  2. Suwaji

Seksi Perlengkapan           :

  1. Sutris
  2. Juwani
Jalan Sehat Mahasiswa KKNT UNHASY Bersama Warga Desa Asemgede Jombang
Jalan Sehat Mahasiswa KKNT UNHASY Bersama Warga Desa Asemgede Jombang

Data dan Peta Keluarga

Mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari UNHASY Tebuireng tahun 2016 yang bertempat di Desa Asemgede  telah melakukan pendataan di rumah-rumah warga sekitar masjid yang aktif berjamaah sekurang-kurangnya sekali dalam seminggu yaitu RT 01, RT 02, dan RT 03 Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Setelah itu mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari UNHASY Tebuireng tahun 2016 yang bertempat di Desa Asemgede melakukan pemetaan  dengan cara menyamakan data yang didapatkan dari sekretaris desa dengan data yang mahasiswa dapatkan dari wawancara  secara  langsung  yang dilakukan  kepada  setiap  rumah dan kepala keluarga.

Beberapa hari mahasiswa peserta KKNT Posdaya Berbasis Masjid dari UNHASY Tebuireng tahun 2016 yang bertempat di Desa Asemgede melakukan pemetaan hingga pada akhirnya kami dapatkan data-data  keluarga  sejahtera  di lingkungan tersebut. Berdasarkan data dan register yang kami gunakan data acuan terdapat 33 data keluarga yang ada di RT 01, RT 02 dan RT 03 ini. Namun keluarga yang kami data adalah sebanyak 26 keluarga. Dan dapat  ditarik kesimpulan bahwa keluarga sejahtera III terdapat 3 keluarga, keluarga sejahtera II terdapat 20 keluarga, keluarga sejahtera I terdapat 2 keluarga, dan keluarga pra sejahtera sebanyak 1 keluarga.

Untuk 2 keluarga yang termasuk dalam kategori keluarga sejahtera I disebabkan faktor ketersediaan pakaian dan pekerjaan. Sedangkan 1 keluarga yang masuk dalam kategori pra sejahtera disebabkan karena faktor rumah tidak layak huni. Berikut  tabel  keluarga  sejahtera  Posdaya Nurul Jadid RT 01, RT 02, dan RT 03 Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang.

Jumlah RT Jumlah Keluarga Tahapan Keluarga Sejahtera
Yang Ada Yang Didata % Pra KS % KS I % KS II % KS III % KS III+ %
3 33 26 79 1 4 2 8 20 76 3 12 0 0

 

One Reply to “Profil Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Berbasis Masjid Nurul Jadid di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *