Contoh Laporan Pelaksanaan Program KKNT Posdaya Berbasis Masjid Mahasiswa UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang Tahun 2016

Jalan Sehat Mahasiswa KKNT UNHASY Bersama Warga Desa Asemgede Jombang
Jalan Sehat Mahasiswa KKNT UNHASY Bersama Warga Desa Asemgede Jombang

Apa kabar kawan blogger Jombang? The Jombang Taste kali ini membahas contoh uraian laporan kegiatan KKN mahasiswa. Mahasiswa Kelompok 1 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Berbasis Masjid dari Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng telah melaksanakan program pengabdian masyarakat di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang pada 25 Juli 2016 sampai 25 Agustus 2016. Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan tahun 2016 menjalankan program pada beberapa bidang kehidupan masyarakat.

Bidang Keagamaan

Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan tahun 2016 bekerja dalam  bidang agama. Terdapat beberapa  kegiatan  rutinitas  yang  mahasiswa lakukan, salah satunya yaitu pengadaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Lansia untuk penduduk lanjut usia, tahlil mingguan, istighosah mingguan, khataman bulanan, dan bakti sosial pembagian baju bekas layak pakai kepada fakir miskin.

TPQ Lansia yang dirintis oleh Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan tahun 2016 di Desa Asemgede merupakan program unggulan KKNT UNHASY Kelompok 1 karena kegiatan tersebut mendapat respons luar biasa dari masyarakat. Selain itu, berkat adanya TPQ Lansia maka masjid dan musholla di Desa Asemgede lebih semarak dan memiliki lebih banyak jamaah saat sholat jamaah maghrib dan isya’ dilaksanakan.

Kegiatan Belajar Santri Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang
Kegiatan Belajar Santri Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang

Bidang pendidikan

Dalam bidang pendidikan, mahasiswa peserta KKNT UNHASY tahun 2016 di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan melaksanakan tiga kegiatan yaitu  membantu pembelajaran TPQ yang sudah ada di desa, membantu kegiatan belajar mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), mendirikan Rumah Baca Asemgede, mengadakan pengajian umum, dan mendirikan bimbingan belajar yang dipusatkan di Balai Desa Asemgede.

Rumah Baca Asemgede adalah program pendidikan yang mahasiswa gagas sebagai bentuk pemanfaatan aset desa yang tidak dapat tersentuh oleh masyarakat. Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan tahun 2016 berinisiatif membuka Rumah Baca Asemgede sebagai bentuk pendayagunaan waktu luang anak-anak dan remaja agar mereka berkesempatan memperluas wawasan ilmu pengetahuan tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Bidang kewirausahaan

Dalam bidang kewirausahaan, mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan tahun 2016 mulai dengan mewadahi kreatifitas ibu-ibu wali santri TPQ dalam membuat kreasi hantaran mahar pernikahan dan seni lukis henna. Mahasiswa juga melaksanakan pelatihan pembuatan laporan keuangan koperasi, baik secara manual maupun terkomputerisasi. Program-program tersebut diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat setempat mengingat jauhnya lokasi Desa Asemgede dari jalan utama yang menghubungkan antar kecamatan di Kabupaten Jombang.

Program Kesehatan Mahasiswa KKNT UNHASY untuk Warga Desa Asemgede Bekerjasama Dengan Yatim Mandiri
Program Kesehatan Mahasiswa KKNT UNHASY untuk Warga Desa Asemgede Bekerjasama Dengan Yatim Mandiri

Bidang kesehatan

Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan tahun 2016 dalam  bidang  kesehatan terdapat  satu  kegiatan  yang  baru  dirintis  yaitu  minggu sehat dengan melaksanakan olahraga sepakbola bersama anak-anak. Selain itu, kami melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap anak-anak dan penduduk lanjut usia bekerjasama dengan instansi swasta, yaitu Rumah Sehat Mandiri.

Bentuk dan Deskripsi Kegiatan

Adapun  bentuk  kegiatan  yang  telah  Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng laksanakan di  masjid Nurul Jadid Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang pada masa pelaksanaan pengabdian masyarakat tahun 2016 antara lain:

Bidang Keagamaan

Kegiatan yang telah Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan lakukan selama berada di tempat KKNT meliputi istighosah, doa dan tahlil, pembacaan sholawat dibaiyah, pelatihan banjari, pelatihan qiroah, pelatihan guru TPQ, serta khataman di musholla dan di masjid seminggu sekali. Mahasiswa juga menjadikan kegiatan ini sebagai sarana mendekatkan diri kepada warga setempat.

Kegiatan tahlilan adalah kegiatan melantunkan doa-doa tahlil yang ditujukan kepada keluarga besar Rasulullah SAW dan juga seluruh umat Islam. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu malam Minggu dan diikuti kurang lebih dua ratus warga muslim Desa Asemgede. Sedangkan kegiatan Dibaiyah Nabawiyah adalah kegiatan sholawatan bersama warga setempat pada hari Sabtu setelah sholat isya’.

Kegiatan Istighosah adalah kegiatan doa bersama warga dan santri TPQ dengan melantunkan puji-pujian kepada Allah SWT. Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis Malam Jumat setelah sholat ashar. Kemudian, kegiatan Khataman Al Qur’an adalah kegiatan membaca Al-Qur’an sebanyak 30 Juz penuh dengan cara bergantian. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jumat pukul 05.30 hingga selesai.

Program Pendidikan Mahasiswa KKNT UNHASY Untuk PAUD Asemgede Jombang
Program Pendidikan Mahasiswa KKNT UNHASY Untuk PAUD Asemgede Jombang

Bidang Pendidikan

Bentuk kegiatan KKN Tematik Posdaya Masjid di bidang pendidikan oleh mahasiswa UNHASY Tebuireng di bidang pendidikan adalah sebagai berikut. Pertama, mengajar  di TPQ Al-Ikhlas dan TPQ Ar-Rohma. Kegiatan  ini dilakukan dalam  rangka  membantu  pengajaran  TPQ Al-Ikhlas dan TPQ Ar-Rohma enam hari dalam seminggu mulai dari 26 Juli 2016 sampai dengan 23 Agustus 2016. Materi yang diajarkan meliputi tentang Al Quran, fiqih, akidah akhlaq, dan tajwid.

Mahasiswa peserta KKNT tidak hanya menggunakan metode ceramah namun juga menggunakan metode tanya jawab, metode ini mahasiswa jadikan akses untuk mengevaluasi diri kami selama mengajar. Mahasiswa juga melakukan metode permainan sebagai salah satu metode agar tidak ada kejenuhan selama pengajaran. Kegiatan ini mahasiswa laksanakan di dua tempat yaitu Masjid Nurul Jadid dan musholla Al-Ikhlas pada jam 14.30 WIB –16.00 WIB di musholla dan jam 14.00 WIB – 15.30 WIB di masjid.

Kedua, bimbingan belajar. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Minggu tanggal 26 Juli 2015 sampai hari Kamis 20 Agustus 2015. KBM diawali jam 16.00 WIB sampai 17.00 WIB. Kegiatan ini mahasiswa pusatkan  di  balai desa Asemgede. Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan tahun 2016 lalu membagi  beberapa mahasiswa peserta KKNT untuk mengajar sesuai tingkatan kelas di sekolah mereka, materi yang  kami  berikan  seputar  pelajaran  umum  seperti  matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Seni Budaya Keterampilan (SBK). Metode  yang  kami  gunakan selain metode ceramah juga menggunakan metode tanya jawab, permainan serta pemberian tugas sebagai sarana pemahaman agar lebih paham.

Ketiga, memperingati HUT RI ke-70. Lomba-lomba Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 diadakan mulai tanggal 9 Agustus 2016 sampai dengan 20 Agustus 2016. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan warga setempat. Jenis lomba yang dilaksanakan adalah lomba lari kelereng, makan kerupuk, balap karung, balap  air,  futsal, bolavoli, tarik  tambang, dan lain-lain.  Objek  lomba-lomba  ini adalah anak-anak masyarakat sekitar sendiri baik yang masih TK sampai SMP, remja, hingga dewasa. Selain itu, mahasiswa KKNT juga melaksanakan jalan sehat bekerjasama dengan Karang Taruna Fajar Bhakti Desa Asemgede.

Keempat, pengadaan Pentas Seni. Kegiatan  ini  bertujuan  sebagai  sarana  penyampaikan  bakat  dan  minat  anak- anak dan remaja Desa Asemgede serta sebagai  sarana  hiburan  warga. Sebelum pentas seni dilaksanakan pada  malam hari Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan beserta warga  melaksanakan jalan sehat pada pagi hari. Kegiatan  pentas seni pada  malam  hari  meliputi  pertunjukan drama, tari Islami, puisi, qasidah, drama perjuangan. Kegiatan  ini dilaksanakan pada 20 Agustus 2016 pukul 20.00 sampai selesai.

Bidang Kewirausahaan

Kegiatan KKNT di bidang kewirausahaan di Desa Asemgede adalah sebagai berikut. Pertama, pelatihan pembuatan hiasan mahar pernikahan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 11 Agustus 2016 di Balai Desa Asemgede. Peserta kegiatan pelatihan adalah ibu-ibu wali santri TPQ Al-Ikhlas dan TPQ Ar-Rohma. Kegiatan ini diikuti oleh 12 orang peserta. Kedua, Pelatihan seni lukis henna. Kegiatan ini dilaksanakan pada 12 Agustus 2016 di Balai Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Kegiatan ini diikuti oleh 16 orang peserta dari kalangan ibu-ibu wali santri TPQ Al-Ikhlas dan TPQ Ar-Rohma.

Ketiga, pelatihan laporan pembukuan keuangan koperasi. Laporan keuangan dapat menjadi petunjuk kemajuan sebuah usaha, tak terkecuali koperasi masyarakat pedesaan. Laporan keuangan koperasi yang valid, akuntabel dan transparan dapat mendukung pengambilan keputusan usaha yang tepat sehingga mampu berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Menyadari pentingnya hal tersebut, maka kami menganggap perlu adanya bimbingan akademis kepada masyarakat Desa Asemgede. Kegiatan pelatihan ini kami laksanakan bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari pada Minggu, 7 Agustus 2016 di Balai Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Sebanyak 2 (dua) orang peserta delegasi dari Desa Asemgede mengikuti kegiatan tersebut.

Pelatihan Kerajinan Tangan Membuat Mahar Pernikahan oleh Mahasiswa KKNT UNHASY di Desa Asemgede
Pelatihan Kerajinan Tangan Membuat Mahar Pernikahan oleh Mahasiswa KKNT UNHASY di Desa Asemgede

Bidang Kesehatan

Program kerja mahasiswa KKN di bidang kesehatan di Desa Asemgede adalah sebagai berikut. Pertama, olahraga bersama anak-anak. Untuk menunjang kebugaran masyarakat sekitar Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan melakukan kegiatan rutinitas bersama warga sekitar dan anak-anak sekitar dengan bermain  bola  sepak di balai desa.  Kegiatan  ini  dilaksanakan setiap  hari  minggu  pagi.

Kedua, pemeriksaan kesehatan anak. Anak-anak adalah kelompok usia yang rawan terkena penyakit karena pertahanan tubuh mereka masih lemah. Mahasiswa seringkali menjumpai banyak santri TPQ tidak mengikuti kegiatan belajar di TPQ karena sakit. Oleh karena itu, mahasiswa berinisiatif melaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk anak-anak. Pemeriksaan kesehatan anak dilaksanakan pada Jumat, 12 Agustus 2016 di Balai Desa Asemgede pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. Kegiatan kami laksanakan bekerjasama dengan Yayasan Yatim Mandiri Kantor Cabang Jombang. Sebanyak 63 anak-anak mengikuti pemeriksaan kesehatan dari Tim Medis Rumah Sehat Mandiri.

Ketiga, pemeriksaan kesehatan lansia. Penduduk usia lanjut (lansia) pun perlu mendapat perhatian khusus karena kelompok usia ini memiliki penurunan kekebalan tubuh. Pemeriksaan kesehatan penduduk lanjut usia (lansia) dilaksanakan pada Jumat, 12 Agustus 2016 di Balai Desa Asemgede pukul 08.00 sampai 10.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Mahasiswa KKNT UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan tahun 2016 bekerjasama dengan Rumah Sakit Airlangga Jombang dan diikuti oleh 16 orang lansia dari Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang.

Bidang lingkungan

Kegiatan mahasiswa KKN di Desa Asemgede tahun 2016 di bidang lingkungan adalah membersihkan musholla dan masjid. Kegiatan  ini  berupa membersihkan masjid dan musholla bersama antara mahasiswa peserta KKNT dan warga setempat. Demikian The Jombang Taste membagi artikel mengenai jenis-jenis program kerja mahasiswa KKN di daerah terpencil. Berbakti dan mengabdi kepada masyarakat memerlukan niat tulus dan ikhlas semata-mata karena ibadah. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

2 Replies to “Contoh Laporan Pelaksanaan Program KKNT Posdaya Berbasis Masjid Mahasiswa UNHASY Tebuireng di Desa Asemgede Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang Tahun 2016”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *