Contoh Program Kerja KKN Terpadu Tematik Posdaya Berbasis Masjid Bidang Keagamaan di Desa Terpencil

gambar-anak-anak-belajar-mengaji-di-tpq.jpg.jpeg
gambar-anak-anak-belajar-mengaji-di-tpq

Program kerja mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Berbasis Masjid dapat meliputi bidang agama, ekonomi, kesehatan, kepemudaan, dan lain-lain. The Jombang Taste hari ini berbagi ide program kerja KKN di bidang keagamaan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa peserta KKNT Posdaya Masjid dari Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang pada 2016 lalu.

Sebelum mengikuti dan melaksanakan kegiatan pemberdayaan di bidang agama, mahasiswa peserta KKN mengirim permohonan izin mengikuti kegiatan kepada tokoh desa setempat ataupun instansi terkait. Kegiatan keagamaan di Desa Keboan sudah berjalan sangat baik. Selama menjalankan kegiatan KKNT di desa Keboan, mahasiswa aktif mengikuti kegiatan keagamaan yang telah ada, misalnya istighosah setiap malam Kamis di masjid Nurul Hidayah, tahlilan satu desa setiap Kamis Malam Jum’at Kliwon, majlis Ta’lim dan Shalawat setiap hari Jum’at Kliwon Malam Sabtu di pondok An-Nur, pengajian Riyadhus Shalihin serta menghadiri acara Tasyakuran dan sedekah desa.

Selain mengikuti kegiatan keagamaan yang ada di Desa Keboan, beberapa kegiatan yang telah dikembangkan oleh mahasiswa peserta KKN adalah membantu khataman Al-Quran secara rutin setiap hari Jum’at di Pondok Pesantren An-Nur dan mengadakan khataman satu bulan sekali di Masjid Nurul Hidayah, Pengajian Lansia setiap satu bulan sekali, pelatihan kaligrafi, pelatihan Qiro’ah dan Melaksanakan Adzan Shalat Fardhu.

Aktifitas Kegiatan Agama

Proses kegiatan yang dilakukan mahasiswa peserta KKN di Desa Keboan adalah sebagai berikut: silaturahim beserta sosialisasi program kerja kepada pengurus jamiyah di Desa Keboan, memohon persetujuan mengikuti kegiatan keagamaan di Desa Keboan, mahasiswa yang telah mendapat persetujuan kegiatan akan mengadakan rapat pembagian tugas peserta kegiatan, kemudian mahasiswa mengikuti beberapa kegiatan keagamaan di Desa Keboan. Program Kerja KKN di bidang keagamaan yang diikuti oleh mahasiswa antara lain berikut ini.

Inspirasi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Sengon Jombang Tahun 2017
Inspirasi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Sengon Jombang Tahun 2017

Istighosah

Kegiatan istighosah adalah ibadah umat Islam berupa pembacaan doa bersama warga dengan melantunkan kalimat-kalimat tayyibah dan pujian-pujian kepada Allah SWT. Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis Malam Jum’at setelah Jama’ah Maghrib di Masjid Nurul Hidayah.

Tahlilan

Tahlilan adalah kegiatan ibadah umat Islam berupa melantunkan doa-doa tahlil yang ditujukan kepada keluarga besar Rasulillah SAW dan untuk seluruh umat Islam. Kegiatan tahlilan dilaksanakan satu bulan sekali setiap hari Kamis Malam Jumat Kliwon.

Majlis Ta’lim dan Shalawat

Kegiatan Majlis Ta’lim dan Shalawat adalah kegiatan melantunkan shalawat nabi secara bersama-sama yang di tujukan kepada Nabi Muhammad SAW dan pengajian umum yang berisi ceramah atau nasihat agama. Kegiatan dilakukan setiap hari Jum’at Kliwon malam.

Pengajian Riyadus Shalihin

Pengajian riyadus shalihin adalah kegiatan menambah ilmu dibidang agama dengan mempelajari isi kitab Riyadus Shalihin di Masjid Nurul Hidayah setiap hari Senin Pahing setelah shalat Isya’.

Tasyakuran dan sedekah desa

Tasyakuran dan sedekah desa adalah kegiatan bersedekah  yang dilakukan oleh warga Desa Keboan secara rutin untuk mensyukuri berkah dari Allah yang dirasakan masyarakat. Kegiatan sedekah desa dilaksanakan dengan cara mengadakan membaca kitab suci Al-Quran pada pagi hari dan kunjungan bupati di siang hari serta doa bersama masyarakat desa Keboan. Kegiatan dilaksanakan sekali dalam setahun dan ditepatkan pada bulan Agustus.

Kegiatan Belajar Santri Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang
Kegiatan Belajar Santri Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang

Khataman Al-qur’an

Kegiatan khataman Al-qu’an berupa aktifitas membaca Al-qur’an sebanyak 30 Juz penuh secara bergantian. Kegiatan tersebut dilakukan pada dua tempat yang berbeda. Khataman Al-Quran dilaksanakan di masjid Nurul Hidayah sekali dalam sebulan tepatnya pada Jum’at akhir buan tanggal 29 Juli 2016 dan di Pondok Pesantren An-Nur setiap hari Jum’at.

Proses kegiatan khataman Al-Quran yang dilakukan oleh mahasiswa peserta KKN adalah sebagai berikut. Pertama, mahasiswa melakukan silaturahim dan sosialisasi program kerja kepada ta’mir masjid yang bersangkutan mengenai kegiatan khataman. Kemudian mahasiswa peserta KKN memohon persetujuan pelaksanaan khataman di tempat yang bersangkutan. Apabila program kerja KKN tersebut mendapat persetujuan dari takmir masjid, maka dilaksanakan rapat pembagian tugas peserta kegiatan. Selanjutnya, mahasiswa melaksanakan kegiatan khataman sesuai jadwal yang disepakati bersama.

Pengajian Lansia

Kegiatan keagamaan mahasiswa KKN bersama warga Keboan melalui pengajian Lansia diselenggarakan oleh Ta’mir Masjid Muhammadiyah berdasarkan program kerja yang diajukan mahasiswa. Kegiatan berisi bimbingan membaca Al-qur’an untuk lansia. Kegiatan dilaksanakan satu kali dalam sebulan setiap awal bulan pada hari kamis.

Proses kegiatan yang dilakukan program agama KKN dimulai dengan sosialisasi program kerja kepada takmir masjid Muhammadiyah. Selanjutnya, ta’mir masjid Muhammadiyah meminta penjelasan beberapa program yang telah di sosialisasikan termasuk kegiatan TPQ Lansia. Kemudian ta’mir masjid mengundang beberapa warga untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dari peserta KKNT mengkonfirmasikan kepada ta’mir masjid mengenai keberlangsungan acara. Lalu diadakan rapat untuk mengkoordinasikan peserta KKNT yang ditugaskan untuk mendampingi kegiatan TPQ Lansia. Kemudian pelaksanaan TPQ Lansia berlangsung sesuai jadwal yang disepakati.

Pelatihan Menulis Kaligrafi

Pelatihan kaligrafi adalah kegiatan pelatihan yang dilaksanakan untuk mengembangkan minat dan bakat anak pada penulisan huruf arab. Kegiatan dilaksanakan dua kali dalam satu bulan pada hari Minggu pagi. Proses kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut. Awalnya dilakukan silaturahim beserta sosialisasi program pelatihan kaligrafi kepada TPQ Darussalam, TPQ Nurul Hidayah, TPQ Baitus Syukur dan TPQ An-Nur. Kemudian mahasiswa KKN memohon delegasi peserta pelatihan. Setelah mahasiswa KKN mendapat data peserta kegiatan, maka kegiatan berikutnya adalah mahasiswa peserta KKN memberikan pemberitahuan waktu pelaksanaan kegiatan. Kelompok Mahasiswa KKN melakukan rapat pembagian tugas pelaksana pelatihan dan melaksanakan kegiatan pelatihan.

Kebersamaan Ustadz dan para santri di TPQ Al-Mujahiddin Guwo Latsari Mojowarno Jombang

Pelatihan Qiro’ah

Pelatihan Qiro’ah adalah kegiatan pelatihan yang dilaksanakan untuk mengembangkan minat dan bakat anak dalam melantunkan ayat suci Al-qur’an lebih indah dan benar. Proses kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut. Mula-mula, mahasiswa peserta KKN melakukan silaturahim beserta sosialisasi program pelatihan Qiro’ah kepada TPQ Darussalam, TPQ Nurul Hidayah, TPQ Baitus Syukur dan TPQ An-Nur. Kemudian mahasiswa KKN memohon delegasi peserta pelatihan dan mendapat data peserta kegiatan. Selanjutnya, mahasiswa KKN memberikan pemberitahuan waktu pelaksanaan kegiatan, rapat pembagian tugas pelaksana pelatian, dan melaksanakan kegiatan pelatihan.

Melaksanakan Adzan Fardhu

Kegiatan petugas adzan sholat fardhu bertujuan membantu pelaksanaan adzan shalat fardhu di masjid Nurul Hidayah. Pelaksanaannya bermanfaat agar dapat melaksanakan shalat di awal waktu dan berjamaah. Pelaksaan kegiatan ini dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah disusun bersama.

Pelaksaaan kegiatan adzan sholat fardhu untuk meningkatkan semangat beribadah tepat waktu pada mahasiswa dan masyarakat. Proses kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut. Awalnya, mahasiswa melakukan silaturahim beserta sosialisasi program kepada ta’mir Masjid Nurul Hidayah. Kemudian mahasiswa memohon izin melaksanakan program dan setelah mendapat perizininan melaksanakan kegiatan, maka diadakan rapat pembagian tugas pelaksana adzan. Berikutnya, mahasiswa KKN melaksanakan kegiatan adzan sesuai jadwal.

Semoga artikel The Jombang Taste ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mengabdi kepada masyarakat melalui kegitan Kuliah Kerja Nyata!

5 Replies to “Contoh Program Kerja KKN Terpadu Tematik Posdaya Berbasis Masjid Bidang Keagamaan di Desa Terpencil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *