Rapat Kerja Ikatan Alumni Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang di Trawas

Karya Seni Gambar Siluet Glass Tokoh Hasyim Asyari
Karya Seni Gambar Siluet Glass Tokoh Hasyim Asyari

Ikatan Alumni Universitas Hasyim Asyari (IKA UNHASY) mengadakan rapat kerja (raker) pada Sabtu dan Minggu tanggal 27 dan 28 Oktober 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Villa Safina Trawas Kabupaten Mojokerto. Acara dimulai selepas sholat isya’ dengan ramah tamah bersama jajaran pengurus IKA UNHASY Tebuireng. Ikatan Alumni Universitas Hasyim Asyari diketuai oleh Dr. Hanifuddin dari Pondok Pesantren Hanifida. Telah hadir dalam pembukaan raker IKA UNHASY ini Gus Kikin selaku pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng. Kehadiran beliau memberikan semangat bagi 56 orang pengurus yang hadir memadati aula Villa Safina. Ruangan itu tampak semarak sekaligus hangat karena kehadiran para alumni yang saling melepas rindu. Sesekali terdengar canda-tawa di sela-sela acara diskusi ringan.

Gus Kikin memberikan dukungan kepada kegiatan raker IKA UNHASY kali ini. Beliau mengatakan bahwa bentuk jihad santri di jaman modern adalah jihad di bidang ekonomi. Oleh karena itu Gus Kikin banyak berharap bahwa program kerja IKA UNHASY selanjutnya menitikberatkan pada pemberdayaan anggotanya dalam bidang usaha ekonomi kreatif. Gus Kikin menyatakan bahwa bisnis era 4.0 saat ini tengah menjadi gejala global yang terjadi dimana-mana. Jaringan komunikasi alumni perguruan tinggi memegang peranan penting dalam mensukseskan program kerja ikatan alumni. Kegiatan yang berbasis ekonomi kreatif salah satunya adalah wakaf uang yang saat ini tengah marak dilaksanakan di Indonesia dan beberapa negara muslim lainnya di dunia.

Selain Gus Kikin, hadir pula Wakil Rektor III Universitas Hasyim Asyari yaitu Dr. Miftahur Rohim. Beliau kerap hadir di acara pertemuan ikatan alumni Unhasy Tebuireng. Kali ini beliau pun memberikan pengarahan kepada pembentukan kinerja yang harmonis antara perguruan tinggi dan ikatan alumni perguruan tinggi tersebut. Dr. Miftahul Rohim mengatakan bahwa alumni dapat berperan lebih besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi. Hal itu dapat terjadi dengan cara berkontribusi dalam pengembangan pola pikir mahasiswa yang aktif menempuh akademik maupun membangun komunikasi intensif dengan alumni perguruan tinggi tersebut.

Kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNHASY Tebuireng Jombang
Kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNHASY Tebuireng Jombang

Selanjutnya rapat kerja hari pertama diteruskan dengan sidang komisi-komisi. Para peserta rapat kerja dibagi menjadi tiga komisi, yaitu komisi program kerja, komisi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART), dan komisi rekomendasi. Pembahasan paling lama dalam rapat kerja ini adalah membuat AD/ART dan membahas program kerja selama setahun ke depan. Para peserta berdiskusi dari pukul 22.00 malam sampai dengan keesokan hari pukul 03.00 dini hari. Setiap peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Pertemuan ini sekaligus menjadi ajang reuni kecil-kecilan setelah pelaksanaan halal bihalal ikatan alumni UNHASY beberapa bulan lalu yang dimeriahkan oleh Sharla Martiza, salah satu artis remaja idola masyarakat Indonesia asal kota Jombang.

Pelaksanaan rapat kerja ikatan alumni Universitas Hasyim Asyari pada hari kedua dilaksanakan mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 11.00 siang. Acara rapat kerja hari kedua adalah penajaman program kerja yang telah disusun sejak rapat pada hari pertama. Program-program kerja tersebut dibahas secara bersama-sama dan diberikan perbaikan pada berbagai sisi yang kurang. Kegiatan rapat kerja ini memberikan manfaat besar bagi kemajuan organisasi IKA UNHASY. Antara alumni senior dan junior bekerjasama dan saling mengenal satu sama lain demi pengabdian kepada perguruan tinggi yang telah memberinya ilmu pengetahuan dan wawasan sehingga saat ini para alumni mencapai kesuksesan di berbagai bidang pekerjaan yang mereka geluti.

Rapat kerja ikatan alumni Universitas Hasyim Asyari di Trawas Mojokerto kali ini didukung sepenuhnya oleh sejumlah pimpinan pondok pesantren di lingkungan sekitar Tebuireng. Di antara mereka telah hadir Gus Yahya dari Pondok Pesantren Paculgowang, Kyai Sanggul dari Pondok Pesantren Kreatif Al-Muhsinin dan Kyai Chamim dari Gedeg Mojokerto serta sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat yang pernah menempuh pendidikan di kampus institut keislaman keislaman hasyim ashari (IKAHA) maupun universitas hasyim asyari (UNHASY).

Gambar Uang Dinar - Apakah Ekonomi Islam berperan sebagai pilihan sistem ekonomi atau memang telah menjadi solusi masalah keuangan dunia
Gambar Uang Dinar – Apakah Ekonomi Islam berperan sebagai pilihan sistem ekonomi atau memang telah menjadi solusi masalah keuangan dunia

Hasil Raker

Para peserta rapat kerja berdiskusi secara alot sampai pagi dini hari. Mereka saling melontarkan ide dan pandangan terkait sebuah rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Ikatan Alumni ini. Meski demikian ada 3 poin utama program kerja IKA UNHASY yang akan dilaksanakan selama setahun kedepan. Tiga poin utama tersebut adalah sebagai berikut:

1. Institusionalisasi Silaturahmi

Anggota Ikatan Alumni Universitas Hasyim Asy’ari bukan sekedar berkumpul dan melepas kangen seperti masa bersama kuliah dulu. Tapi setiap pertemuan harus ada kontribusi atau manfaat yg diberikan bagi pengembangan perguruan tinggi. Sudah tidak saatnya lagi para alumni bertemu dan hanya sekedar makan bersama, bercanda dan berfoto bersama setelah itu tidak ada tindak lanjut dan perbaikan pada organisasional jaringan alumni. Oleh karena itu pengurus Ikatan Alumni Universitas Hasyim Asy’ari sepakat untuk melaksanakan pertemuan rutin antar alumni setiap tahun. Mereka pun akan mengadakan Musyawarah Nasional setiap 2 tahun sekali. Pelaksanaan halal bihalal ikatan alumni Universitas Hasyim Asyari bersamaan dengan hari pelaksanaan halal bihalal ikatan alumni Pesantren Tebuireng (Ikapete). Hal itu dimaksudkan agar para peserta yang kebanyakan alumni pondok pesantren di Tebuireng dan sekitarnya sekaligus menghadiri acara halal bihalal di kampus Universitas Hasyim Asy’ari.

2. Pencerahan Intelektual

Pencerahan intelektual mengacu pada perbaikan cara berfikir dan pengambilan sikap para mahasiswa maupun jaringan alumni yang tersebar di berbagai seluruh Indonesia. Hal itu dapat dilakukan dengan mengadakan kegiatan seminar, workshop, pelatihan maupun berbagai event yang memungkinkan setiap peserta dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan berolah pikir. Pencerahan intelektual dirasa penting untuk dilakukan terhadap mahasiswa yang saat ini sedang aktif menempuh perkuliahan di Universitas Hasyim Asyari. Kegiatan itu perlu dilakukan untuk menangkal bahaya radikalisme dan liberalisme berfikir serta menghindari terjadinya sikap dan pikiran fanatik sempit terhadap paham tertentu. Pengurus ikatan alumni Universitas Hasyim Asyari merasa berkewajiban untuk menjaga ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah dalam wawasan kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

3. Gerakan Ekonomi

Salah satu pembahasan serius dalam rapat kerja ikatan alumni Universitas Hasyim Asy’ari kali ini adalah pengembangan bidang usaha dan penggalangan dana. Salah satu peserta mengusulkan agar dilakukan pengembangan gerakan wakaf uang secara rutin. Agar dana wakaf tidak habis maka dana tersebut harus diinvestasikan ke dalam kegiatan produktif. Rencana ini didukung sepenuhnya oleh beberapa anggota pengurus Ikatan Alumni yang memiliki kemampuan finansial lebih. Mereka bersedia mendukung program wakaf uang dan menjalankan bidang usaha secara konsisten. Bahkan salah satu dari mereka langsung memberikan bantuan uang tunai dalam rapat kerja yang dilaksanakan pada pagi dini hari itu. Sungguh suatu kontribusi yang tidak terkira harganya untuk pengembangan bidang usaha jaringan alumni Tebuireng ke depan.

Semoga rapat kerja kali ini bisa memberikan manfaat bagi proses mengabdi para alumni kepada masyarakat umum. Berdakwah di zaman modern memang harus lebih kreatif dan melibatkan sinergi antar jaringan alumni. Mudah-mudahan program kerja ikatan alumni Universitas Hasyim Asy’ari bisa terlaksana dan memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat di Jombang dan seluruh Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui:

15 Replies to “Rapat Kerja Ikatan Alumni Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang di Trawas”

  1. Program kerja apakah yang akan dilakukan oleh Ikatan Alumni ikaha dalam kurun waktu 2 bulan ke depan?
    Mungkin kita bisa bersinergi dengan kawan-kawan dari Yogyakarta.

  2. Selamat bekerja untuk Para pengurus Ikatan Alumni.
    Mudah-mudahan karya anda bisa memberikan kemajuan untuk pengembangan akademik mahasiswa dan masyarakat secara umum.

  3. Beruntunglah bagi siapa saja yang memiliki jaringan kerja yang kuat. Itu merupakan modal yang bagus untuk mengembangkan bisnis anda.

  4. Semoga bermanfaat pak. Walaupun para alumni sudah tidak aktif belajar di Universitas tersebut tapi ia memiliki tanggung jawab moral dan sosial untuk mengembangkan almamater yang pernah mencerdaskannya.

  5. Smoga sukses utk program kerjanya pak. Aku suka semangatnya. Walaupun pada awalnya organisasi alumni tidak memiliki banyak dukungan dari masyarakat tapi jika kita bisa konsisten terus bekerja maka lambat laun dukungan itu akan kita dapatkan secara otomatis.

  6. Semangat mengabdi kepada pondok pesantren dan lembaga pendidikan tidak bisa dihilangkan meskipun kita telah lulus dari sana dan hidup bermasyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *