Kemudahan Naik Bus Dibandingkan Kendaraan Lainnya

Kemudahan Naik Bus Dibandingkan Kendaraan Lainnya
Kemudahan Naik Bus Dibandingkan Kendaraan Lainnya – Gambar diambil dari www.backpackerguide.nz

Apa kabar kawan pembaca blog The Jombang Taste? Memilih mode transportasi untuk perjalanan liburan ke luar kota memang tidak mudah. Apakah Anda memang ingin menggunakan kendaraan pribadi atau justru memilih mobil travel online? Tentu saja, setiap transportasi memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, bus masih menjadi mode transportasi yang paling banyak dipilih untuk perjalanan liburan. Alasannya sebenarnya sederhana, berikut ini beberapa alasannya.

Transportasi aman dan nyaman 

Sebuah studi dari Institute Penelitian Kesehatan Masyarakat di Université de Montréal Kanada sana mengatakan bahwa naik bus jauh lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan mengendarai mobil. Tingkat kenyamanan dan keamanan bus sekarang memang dipengaruhi dengan armada yang selalu diperbarui. Fasilitas yang diberikan sekarang juga lebih lengkap dibandingkan bus terdahulu. Bahkan, bus sekarang sudah ada layanan wifi hingga charger. Belum lagi, fasilitas premium yang semakin memanjakan para penumpangnya.

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan merasa lebih terhibur dengan mode transportasi bus yang satu ini. Pasalnya, kamu tidak perlu mengurus lagi yang namanya bahan bakar atau khawatir masalah mogok di jalan. Selain itu, dibandingkan menyetir sendiri, kamu akan lebih memilih waktu istirahat banyak. Alhasil, selama perjalanan kamu bisa menikmati setiap detiknya dengan mendengarkan lagu, mengobrol atau sekedar tidur terlelap.

Harga tiket lebih murah

Walaupun memang untuk bisa sampai ke tempat tujuan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, tetapi bus menjadi mode transportasi hemat bagi kamu para backpacker. Contohnya untuk perjalanan liburan ke Bali saja, tiket bus jauh lebih murah dibandingkan naik pesawat dengan fasilitas yang hampir sama. Anda bisa menikmati perjalanan berlibur ke Pulau Bali dengan nyaman dan tenang. Mungkin saja Anda akan menemukan kenalan baru sesama penumpang bus.

Terbukti menggunakan bus juga lebih hemat dibandingkan naik mobil pribadi. Tentu, mobil pribadi membutuhkan yang namanya bahan bakar, parkir serta biaya yang lainnya. Mengendarai mobil pribadi dalam waktu lama juga membutuhkan konsentrasi tinggi dan tenaga yang tidak sedikit. Tentu kita tidak ingin terjadi hal-hal yang berbahaya selama proses mengemudi mobil. Oleh karena itu, bepergian naik bus jauh lebih menyehatkan badan daripada menyetir mobil sendiri.

Rute perjalanan seru dan beragam 

Berlibur dengan menggunakan bus memang terasa nyaman karena kamu tidak perlu lagi kelelahan menyetir sendiri. Belum lagi, rute bus sekarang juga semakin beragam, sehingga akan ada panorama baru yang bisa kamu nikmati, baik alam hingga perkotaan. Tidak hanya menikmati panorama saja yang ditawarkan, kamu juga sembari menambah wawasan akan berbagai rute – rute yang dilalui.

Interior bus - gambar diambil dari https://blog.gaijinpot.com
Interior bus – gambar diambil dari https://blog.gaijinpot.com

Transportasi ramah lingkungan

Dengan memilih bus sebagai mode transportasi perjalanan kamu, setidaknya kamu juga turut andil dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. Dibandingkan dengan angkutan pribadi yang tentu menambah polusi udara. Menggunakan angkutan umum, artinya kamu mengurangi tingkat polusi udara. Bahkan, sekarang bus juga lebih baik mesinnya, tidak seperti dulu yang menimbulkan asap hitam di bagian knalpot. 

Bisa dikatakan dengan menggunakan bus, kamu turut ikut serta mewujudkan program pemerinta dengan mengoptimalkan subsidi bahan bakar serta mengurangi tingkat kemacetan karena banyaknya kendaraan pribadi di jalanan. Dengan tidak menggunakan kendaraan pribadi, jalanan akan semakin lebih longgar dan bisa sampai sampai tujuan dengan cepat.

Coba bayangkan saja, kalau semua orang memilih menggunakan bus dibandingkan harus naik kendaraan pribadi? Maka kemacetan sudah bukan menjadi masalah utama lagi di jalanan.

Aksesibilitas yang mudah

Dibandingkan dengan mode transportasi yang lainnya, bus merupakan jenis transportasi yang memiliki akses cukup mudah. Memang naik pesawat atau kereta akan lebih cepat untuk sampai, hanya untuk aksesnya tidak semudah yang kamu bayangkan. 

Dengan menggunakan bus, kamu bisa sampai ke tempat tujuan yang memiliki jarak lebih dekat. Jadinya, tidak perlu menggunakan transportasi lainnya lagi. Dengan berjalan kaki juga bisa.

Rupanya ada banyak sekali keunggulan bus dibandingkan dengan mode transportasi yang lainnya. Belum lagi sekarang sudah banyak agen tiket bus online yang menawarkan pengalaman naik bus menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Selain itu, ada banyak armada bus dan travel terbaik yang ada di Indonesia dan bisa kamu gunakan sebagai pilihan perjalanan liburan kamu. Nikmati juga fasilitas pilih kursi yang berlaku pada beberapa armada bus. Tidak hanya itu saja, sekarang agen perjalanan online juga memiliki jaminan tiket resmi. Jadi tak perlu lagi untuk mengantri tiket di terminal. Kamu bisa membeli tiket jauh-jauh hari tanpa takut kehabisan atau mendapatkan pilihan kursi yang tidak nyaman. 

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Kemudahan Naik Bus Dibandingkan Kendaraan Lainnya”

  1. Thanks infonya mas. Aku juga lbh suka naik bus drpd naik kereta. Klo naik bus dpt lbh bnyk pengalaman seru utk anak2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *