Arti Penting Peredaran Darah Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Gambar sel darah merah manusia
Gambar sel darah merah manusia

Apa kabar sobat blogger Indonesia? Semoga hari ini Anda dalam keadaan sehat tak kurang satu apapun. The Jombang Taste hadir lagi untuk berbagi tips kesehatan diri. Kesehatan adalah salah satu modal utama bagi kita dalam bekerja. Tanpa kesehatan yang prima, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak akan menghasilkan karya optimal. Sistem peredaran darah merupakan bagian penting dalam kesehatan manusia.

Peredaran darah atau sirkulasi darah mempunyai peran vital bagi kesehatan tubuh manusia. Sama pentingnya seperti peredaran uang pada sektor ekonomi sebuah rumah tangga negara. Bila peredaran atau sirkulasi uang tidak beres, maka perekonomian akan macet dan tidak sehat untuk ekonomi negara tersebut karena tidak bisa melakukan pembelian belanja kebutuhan hidup rakyatnya.

Tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya sistem peredaran darah dan betapa perlunya menjaga dan merawat peredaran darah dalam tubuh mereka. Pada umumnya orang baru sadar manfaat menjaga kesehatan peredaran darah mereka bila mereka telah mengalami penyakit atau bila peredaran darahnya terganggu.

Manfaat Peredaran Darah

Setiap organ tubuh memerlukan peredaran darah yang lancar agar organ tersebut dapat berfungsi normal sebagaimana mestinya. Darah mengirim sari makanan (nutrisi) ke seluruh bagian tubuh. Darah juga berperan dalam pengiriman dan membagi oksigen, hormon, antibiotik, dan obat-obat yang diperlukan oleh seluruh bagian tubuh yang memerlukannya.

Orang yang mempunyai sirkulasi darah bagus dan normal adalah orang yang mempunyai daya pertahanan alam tubuh kuat. Oleh karena itu kita sering mendengar kalimat: “Darah si A kuat sekali.” Maksudnya adalah karena sistem peredaran darahnya lancar dan normal maka daya tahan tubuhnya menjadi bagus dan kuat sehingga mampu menahan serangan beragam penyakit.

Darah bukan hanya berfungsi sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai alat pengambil dan pembuang kotoran dalam organ tubuh manusia. Darah membantu tubuh membuang kotoran-kotoran yang tidak diperlukan oleh organ-organ tubuh tertentu. Darah juga berperan dalam penyembuhan penyakit dengan mengalirkan nutrisi dan obat-obat penyembuh.

Semoga artikel ini bisa meningkatkan kesadaran kita bersama untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Bukankah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat? Mari kita membiasakan diri berolahraga setiap hari agar tubuh tetap prima dalam beraktifitas.

9 Replies to “Arti Penting Peredaran Darah Bagi Kesehatan Tubuh Manusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *