Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Resep Herbal Biji Ketumbar

Selfie Rame-rame sambil traveling ke Museum Bank Indonesia di Surabaya
Selfie Rame-rame sambil traveling ke Museum Bank Indonesia di Surabaya. Acara hiburan semakin asyik jika Anda terbebas dari bau mulut dan berbagai penyakit gigi.

Apa kabar kawan-kawan komunitas blogger Jombang? Semoga hari ini anda selalu optimis menjalani aktivitas sehari-hari di masa pandemi. Salah satu permasalahan yang banyak dialami oleh masyarakat modern saat ini adalah munculnya berbagai masalah pada mulut dan gigi. Kesehatan gigi dan mulut menjadi sangat penting pada masa sekarang mengingat anda selalu melakukan aktivitas komunikasi dengan orang lain setiap hari.

Tak jarang anda akan mengalami berbagai permasalahan dengan kesehatan gigi dan mulut. Kali ini blog The Jombang Taste membagikan tips menghilangkan bau mulut dengan menggunakan obat herbal. Bahan herbal yang akan kita gunakan dalam menghilangkan bau mulut adalah biji ketumbar.

Sebelumnya perlu kita ketahui dahulu bahwa bau mulut saat ini menjadi salah satu gangguan kesehatan mulut yang paling banyak dialami oleh manusia. Saat seseorang mengalami bau mulut maka dia akan mengeluarkan aroma tidak sedap dari mulutnya. Seseorang yang sedang berpuasa biasanya mengalami masalah bau mulut dan hal tersebut sangat wajar terjadi. Namun bila seseorang tidak sedang berpuasa namun mengalami gangguan kesehatan dalam mulutnya maka bisa jadi ia sedang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut.

Bau mulut terjadi karena beberapa penyebab. Menurut Katarina S. (2014), bau mulut terjadi karena kebersihan gigi yang tidak terjaga dengan baik. Bau mulut juga terjadi karena adanya gigi berlubang serta tumbuhnya karang gigi. Bau mulut yang terjadi pada seseorang bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan didalam tubuhnya. Seseorang yang menderita infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, ataupun liver biasanya mengalami masalah bau mulut. 

Orang yang mengalami masalah bau mulut biasanya tidak menyadari kalau dirinya memiliki masalah bau mulut.  Orang-orang di sekitarnya justru yang merasakan adanya masalah bau mulut tersebut. Untuk itu perlu Anda ketahui gejala-gejala masalah bau mulut. Masalah bau mulut ditandai dengan air liur yang kental, mulut yang kering, serta rasa tidak nyaman saat berbicara. Beberapa gejala diatas menunjukkan adanya masalah keseimbangan pada asam mulut. 

Lalu, bagaimana cara mencegah dan mengobati masalah pada bau mulut?

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan sumber permasalahan atau penyebab bau mulut. Selain itu, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam mengobati bau mulut. Pertama, anda perlu menjaga kebersihan gigi dengan rajin menggosok gigi. Anda perlu menggosok gigi setiap kali setelah makan dan sebelum tidur di malam hari. Menggosok gigi di malam hari bermanfaat membunuh bakteri-bakteri yang berkembangbiak lebih cepat di dalam mulut Anda saat Anda tidur.

Langkah kedua dalam mengatasi bau mulut adalah dengan menjaga kebersihan lidah. Menjaga kebersihan lidah dilakukan dengan cara menggosok lidah agar sisa makanan yang mengendap di lidah dapat hilang. Setiap sikat gigi biasanya terdapat bagian bergerigi atau bergaris-garis di belakang bulu sikat gigi. Bagian tersebut berguna untuk menjaga kebersihan lidah. Gosoklah lidah anda dengan bagian belakang sikat gigi yang bergaris lengkung. Hal itu berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin tersisa pada permukaan lidah anda. 

Langkah ketiga dalam mengatasi bau mulut adalah mengkonsumsi makanan berserat dan minum air putih yang cukup. Makanan yang berserat biasanya dijumpai pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengkonsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu vitamin yang terdapat dalam buah dan sayur adalah vitamin C. Kandungan vitamin C berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Sementara air putih bermanfaat meningkatkan kebugaran tubuh anda selama beraktivitas seharian penuh.

Cara mencegah bau mulut adalah dengan cara menghindari mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Makanan yang bisa menyebabkan bau mulut antara lain petai dan jengkol. Anda juga perlu menghindari konsumsi minuman yang dapat menyebabkan bau mulut. Contoh minuman yang bisa menyebabkan bau mulut adalah alkohol.  Sebagian orang mengunyah permen karet bebas gula untuk memberikan efek segar pada mulut. 

Cara lain untuk mengatasi bau mulut adalah dengan mengkonsumsi ramuan herbal. Salah satu bahan herbal yang berkhasiat mengobati masalah bau mulut adalah biji ketumbar. Ketumbar diakui oleh banyak kalangan dapat membantu mengurangi masalah bau mulut. Biji ketumbar mengandung senyawa kimia yang berguna untuk tubuh. Senyawa kimia yang terdapat di dalam biji ketumbar antara lain flavonoid, tanin dan saponin. Selain itu, biji ketumbar juga diketahui mengandung senyawa sabirene, scopoletin geraniol, serta asam petroselinat. Demikian ditulis oleh Katarina S. (2014) dalam buku Sehat dengan Herbal Warisan Nenek Moyang.

Lalu, bagaimanakah resep biji ketumbar yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau mulut?

Bahan yang perlu kita gunakan adalah satu sendok makan biji ketumbar dan air secukupnya. Cara meraciknya adalah sebagai berikut. Pertama rebuslah biji ketumbar dalam air hingga mendidih. Setelah dingin, saring air rebusan ketumbar tersebut lalu diminum. Anda perlu melakukan terapi minum air dari biji ketumbar secara teratur untuk menghilangkan bau mulut.

Demikian blog The Jombang Taste membagikan artikel kesehatan untuk Anda. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menambah wawasan anda dalam menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Sampai jumpa dalam artikel selanjutnya. Semoga aktivitas anda selalu sukses dan mulia. 

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Resep Herbal Biji Ketumbar”

  1. Tidak semua atau mulut disebabkan oleh makanan. Ada juga lho beberapa orang yang mengalami bau mulut karena penyakit berat yang berhubungan dengan organ di dalam tubuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *