Makna Sila-sila Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Pancasila sebagai sumber hukum tertinggi
Pancasila sebagai sumber hukum tertinggi

Apakah makna sila-sila Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat Indonesia? Apa saja karakteristik Pancasila yang mampu membedakan Indonesia dengan negara-negara lain di dunia? Karakteristik ideologi Pancasila adalah ciri khas yang dimiliki oleh bangsa atau negara Indonesia yang membedakan dengan ideologi-ideologi bangsa atau negara lain. Adapun karakteristik ideologi pancasila tersebut adalah sebagai berikut.

Pertama: Tuhan Yang Maha Esa. Artinya pengakuan bangsa Indonesia akan eksistensi Tuhan sebagai pencipta dunia dengan segala isinya. Tuhan sebagai kausa prima. Oleh karena itu sebagai umat yang berTuhan harus taat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pelaksanaan sila pertama pancasila didasarkan pada UUD 1945 Amandemen Bab XI pasal 29.

Kedua: Kemanusiaan yang adildan beradab.Artinya kita sebagai makhluk individu juga sebagai makhluksosial.Untuk itu sesuai dengan sila kedua penghargaan kepada sesama umat manusia sangat penting sekali. Berarti pengakuan yang sama itu sesuai dengan derajat kemanusiaan maka kita menghargai akan hak-hak asasi manusia seimbang dengan kewajiban-kewajibannya.

Ketiga: Persatuan Indonesia. Artinya kita bangsa Indonesia menjunjung tinggi persatuan bangsa, sehingga dalam persatuan bangsa kita ditempatkan diatas kepentingan sendiri. Pengorbanan untuk kepentingan bangsa lebih ditempatkan daripada pengorbanan untuk kepentingan pribadi.

Keempat: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan artinya pengakuan dalam kehidupan kemasyarakatan dan bernegara sistem yang dianut yaitu demokrasi pancasila. Dalam pelaksanaan kehidupan kita tingkatkan akan musyawarah demi mencapai tujuan kehidupan bermasyarakat, bernegara, bukan atas kekuasaan mayoritas maupun minoritas.

Kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk mencapai keadilan sosialbagi seluruh rakyat Indonesia, sudah merupakan cita-cita bangsa Indonesia sejak bangsa Indonesia di bawah kekuasaan bangsa lain. Dengan semangat proklamasi sehingga bangsa Indonesia bisa menentukan nasibnya sendiri.

Semoga terinspirasi!

Sumber: Medali Kabupaten Jombang

One Reply to “Makna Sila-sila Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *