Pujian Adalah Piala Penghargaan Tertinggi Untuk Prestasi Anak

Inspirasi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Sengon Jombang Tahun 2017
Inspirasi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Sengon Jombang Tahun 2017

Jan Dargats menyatakan bahwa pujian adalah piala. Sebelum orang tua mampu memberikan penghargaan dalam apapun kepada anak, maka berikanlah pujian terlebih dulu.

Sepelit-pelitnya orang tua adalah mereka yang tidak mau memberikan pujian kepada anak-anaknya ketika mereka mencapai sebuah prestasi, baik prestasi belajar maupun prestasi berkarya. Padahal hadiah yang mahal harganya tidak akan memiliki makna yang tinggi jika diberikan tanpa disertai pujian. Betapa pun mahal harga sebuah hadiah, maka nilainya akan menjadi seperti sampah yang tak ternilai bil tanpa hadirnya pujian.

Kasih sayang kepada anak bukan hanya dalam bentuk pujian. Bahkan pelukan kepada anak merupakan bahasa tubuh yang lebih berharga daripada hadiah. Ia tidak akan memberikan makna yang kuat sebagai bentuk ungkapan kasih sayang jika orang tua melakukannya dengan dingin dan diam. Berikan pujian disertai pelukan untuk menyentuh jiwanya. Awalnya mungkin Anda merasa kaku untuk melakukannya. Namun belajarlah membiasakannya.

Jenis pujian seperti apa yang diharapkan anak? Berdasarkan pengalaman penulis ketika mengajar, anak-anak tidak suka orang tua dan guru mereka terlalu banyak bicara. Too much talk will kill you. Gunakan kata seru dengan bahasa sederhana namun mengandung makna. Misalnya..

Keren!

Hebat!

Siip!

Jos!

Great!

God job!

Hambatan dalam memuji anak adalah orang tua merasa gengsi untuk memulai. Bisa jadi pergaulan dalam keluarga Anda tidak terbiasa menghargai prestasi anak dan terfokus pada kinerja orang dewasa. Maka tantangan pertama bagi Anda dalam memuji anak adalah memulai langkah pertama memuji. Anda adalah magnet bagi orang-orang di sekitar Anda. Jadilah pusat penyebar kebaikan hidup.

Mendidik adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan para orang tua dan pendidik. Anda mungkin tidak dapat menikmati hasil pendidikan dalam waktu semalam. Namun percayalah pembiasaan baik yang Anda terapkan hari ini kelak akan memberikan dampak luar biasa bagi putra-putri Anda. Untuk itu, mari libatkan segenap pihak dalam mengajarkan kebaikan kepada anak-anak. Selamat mempraktekkan!

Bagikan artikel ini melalui:

6 Replies to “Pujian Adalah Piala Penghargaan Tertinggi Untuk Prestasi Anak”

  1. Setuju mas. Anak harus sering dipuji agar bersemangat belajar. Tapi memuji pun harus ada batas kewajaran dan nggak boleh lebay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *