Joko Susilo

Kiat Sukses Menekuni Bisnis Online di Internet

Bisnis online terus berkembang sejalan dengan dinamika kehidupan blogger dan pebisnis online. Setiap masa memiliki cerita tersendiri sehingga sebagian isi panduan bisnis online yang telah muncul beberapa tahun lalu cepat menjadi basi. Di saat begitu banyak orang mencoba peruntungan dalam lautan bisnis internet, ternyata banyak pebisnis online pemula yang mengalam kekecewaan.

Dalam artikel berikut saya akan berbagi sedikit pengalaman yang saya miliki selama dua tahun menekuni bisnis online. Kiat sukses di bawah ini belum sepenuhnya mewakili kerasnya persaingan dalam bisnis online. Meski demikian, tips-tips ini bisa menjadi bahan renungan untuk kesuksesan bisnis internet Anda.

1. Paham trend.

Pahami bahwa trend yang berlaku pada tahun ini tidak sama dengan tahun lalu. Walaupun goncangan ekonomi menerjang lembaga keuangan di beberapa negara penting di dunia, aktifitas dan keberuntungan pelaku bisnis di masa setahun lalu umumnya relatif lancar. Dalam setahun ini, kondisi akan berjalan berbeda. Persaingan bisnis online akan bertambah ketat dimana tipu-daya semakin meningkat.

2. Kerja keras.

Sadari bahwa tanpa kerja keras lebih keras dari sebelumnya, perolehan hasil akan cenderung menurun. Walaupun demikian, kesabaran dan kedisiplinan harus dipertahankan. Paling tidak, kerja keras berguna untuk mengurangi kemungkinan munculnya sikap perilaku yang dipenuhi kecerobohan. Tahun ini benar-benar tidak ada tempat bagi para pemalas. Kembangkan kebiasaan efektif sejak dini.

3. Introspeksi diri.

Telusuri bahwa karena pentingnya pengenalan terhadap diri sendiri, karakter pribadi dan kemampuan, maka introspeksi hendaklah dilakukan terlebih dulu. Setelah memahami potensi dan kompetensi diri secara obyektif, maka kita bisa menilai diri sendiri secara proporsional. Dengan begitu, egoisme pribadi akan bisa dinetralisir sehingga bukan saja lingkungan keluarga menjadi harmonis, tetapi wawasan dalam berbisnis di internet pun akan menjadi cerah pula.

4. Analisa matang.

Beranjak dari pemikiran bahwa segala sesuatu harus dikaji secara matang, maka kita harus menumbuh kembangkan naluri bisnis yang umumnya merupakan gudang sejuta pengalaman. Imbangi naluri tersebut dengan kemampuan berpikir yang mengacu pada fenomena kondisi dan dinamika kehidupan di internet. Internet menyediakan beragam tool dan informasi yang bisa kita olah menjadi media pendukung kemajuan bisnis online.

5. Selalu optimis.

Yakini bahwa pada hakikatnya tidak ada era yang buruk. Semua hari ada baiknya, tergantung keseriusan kita dalam menjalankan kebiasaan-kebiasaan efektif. Hanya saja, karena miskomunikasi bisa saja terjadi antar sesama pebisnis online maka kita perlu menyeimbangkan pikiran dan perasaan, meneguhkan aspek kepemimpinan dan kewibawaan, mudah memaafkan orang lain, dan kooperatif dengan mitra bisnis. Kumpulkan energi motivasi diri dari dalam dan dari luar sehingga semangat akan selalu terpancar dari langkah sehari-hari.

Mudah-mudahan artikel motivasi bisnis ini bisa berguna untuk Anda. Salam sukses untuk bisnis online yang sedang Anda jalankan. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply