Renungan Motivasi Hidup: Kisah Penciptaan Seekor Ikan

Renungan Motivasi Hidup Kisah Penciptaan Seekor Ikan
Renungan Motivasi Hidup Kisah Penciptaan Seekor Ikan

Bulan lalu saya mengikuti kegiatan Guru Genius di Kota Wisata Batu bersama rekan-rekan Guru Genius dari Yatim Mandiri. Salah satu sudut tempat wisata tersebut terdapat kolam ikan. Sungguh saya tertegun dengan pemandangan yang ada di depan mata. Saya sangat jarang bisa melihat ikan-ikan koi tumbuh sampai begitu besarnya.

Liburan kemarin membuat saya banyak merenung. Berfikir dan merenungkan kembali bahwa Tuhan menciptakan ikan dan menjadikan tempat tinggal dan tempat kehidupan di dalan air. Maka ikan itu tidak diberi organ tubuh yang bernama paru-paru layaknya manusia. Mengapa ikan tidak diberi paru-paru? Apakah hal tersebut tidak adil?

Ikan diciptakan tidak memiliki paru-paru tidak lain karena ikan tidak berjalan di darat, tetapi ikan hidup melayang dan tenggelam di dalam air. Ikan-ikan tersebut diberi sirip yang kuat sebagai pengganti kaki. Sirip tersebut berguna untuk berjalan sekehendaknya dengan gerakan-gerakan dari sampingnya.

Ikan-ikan di kolam tersebut dilengkapi juga dengan pakaian yang keras berupa sisik. Sisik ikan tercipta dalam bentuk yang teratur dan rapi sebagai baju besi untuk menjaga diri dari segala sesuatu yang mengganggunya. Kita bisa menyaksikan bahwa kondisi pakaian itu sangat berbeda dengan dagingnya yang lembut.

Tuhan Maha Adil. Ternyata ikan juga diberi indera penglihatan, pendengaran dan alat untuk membau dan mencium, yang semuanya itu dijadikan sebagai pertolongan untuk mencari makanan dan menghindari segala bahaya yang akan mengganggunya. Sungguh kuasa Tuhan telah tampak di depan mata kita semua.

Tuhan yang Maha Menciptakan dan Mengatur segala kehidupan. Maka sudah sepatutnya kalau kita berserah diri kepada Tuhan dalam segala situasi kehidupan karena Dia Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada setiap makhluk-Nya. Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *