Manfaat dan Hikmah Zakat Untuk Kesejahteraan Umat

Manfaat Zakat
Manfaat Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam selain membaca dua kalimat syahadat, mengerjakan sholat, berpuasa, dan pergi haji ke Tanah Suci. Perintah membayarkan zakat tertulis di banyak ayat dalam kitab suci Al-Quran. Perintah beramal zakat sering ditulis beriringan dengan perintah mengerjakan sholat. Oleh karena itu, penting bagi setiap muslim yang mampu untuk menyempurnakan amal ibadah mereka dengan membayar zakat. Zakat akan membersihkan harta kekayaan muslim karena pada sebagian harta mereka terdapat hak 8 golongan penerima zakat.

Zakat mampu menjadi pendorong kemajuan ekonomi suatu bangsa. Dana yang terkumpulkan dari amil zakat bisa digunakan sebagai modal usaha produktif bagi kaum dhuafa. Penyaluran dana zakat akan merangsang kreatifitas kaum dhuafa dalam memulai usaha. Sedangkankan bagi para pembayar zakat mereka tidak akan jatuh miskin karena Allah akan menambah nikmatnya. Sebaliknya, Allah menjanjikan akan menambah kekayaan pembayar zakat dengan jalan yang tidak disangka-sangka oleh menusia.

Ibadah zakat, baik zakat fitrah maupun zakat maal, memiliki banyak manfaat bagi kesejahteraan dan kehidupan masyarakat. Ibadah zakat memiliki dimensi sosial karena akan menumbuhkan solidaritas di kalangan masyarakat. Manfaat zakat adalah dapat mengurangi beragam permasalahan yang muncul di masyarakat yang disebabkan karena kecemburuan sosial antara penduduk kaya dan kurang mampu. Dalam hal ini, hikmah zakat adalah mendidik orang kaya agar mereka memiliki kepedulian dan tanggungjawab sosial terhadap orang-orang dhuafa.

Manfaat zakat dapat dirasakan oleh kaum dhuafa dalam waktu lebih lama bila dana zakat digunakan untuk kegiatan produktif, bukan kegiatan konsumtif. Penggalangan dana zakat, infak dan sedekah hendaknya digunakan oleh umat muslim untuk membuka lapangan pekerja bagi fakir miskin sehingga mereka mampu hidup mandiri dalam jangka panjang. Anak-anak yatim yang bekerja pada lembaga binaan amil zakat pun dapat mempelajari dunia kerja sehingga kelak mereka bisa diharapkan mampu menjadi wirausahawan muda yang mandiri secara finansial.

Hikmah zakat dalam dimensi ruhaniah adalah mengajarkan kepada setiap muzakki untuk selalu bersyukur dalam hidup. Betapa banyak nikmat pemberian Allah yang kita rasakan setiap hari. Dana zakat yang kita bayarkan tidak seberapa jumlahnya dibanding dengan besarnya nikmat yang telah kita dapatkan. Pola hidup syukur akan menggiring perilaku manusia untuk selalu termotivasi dalam hidup. Amal sedekah juga mampu menjadi terapi kejiwaan bagi kesembuhan beragam penyakit fisik dan mental yang hinggap pada diri manusia.

2 Replies to “Manfaat dan Hikmah Zakat Untuk Kesejahteraan Umat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *