10 Tempat Wisata Pantai di Indonesia Untuk Liburan yang Menyenangkan

Keindahan tempat wisata pantai di Bali
Keindahan tempat wisata pantai di Bali

Apa kabar sobat blogger Jombang? The Jombang Taste hadir lagi dengan artikel ulasan tempat-tempat wisata pantai di Indonesia yang indah. Setiap tahun lebih dari enam puluh juta penduduk Indonesia melakukan perjalanan wisata ke berbagai tanah air. Jutaan kaum muda mengunjungi tempat-tempat wisata alam, antara lain Gunung Gede Pangrango, Kepulauan Seribu, Bromo-Tengger-Semeru, Kerinci-Seblat, Rinjani dan kawasan konservasi lainnya. Bukan hanya pegunungan, tempat wisata pantai pun menarik kunjungan wisatawan seperti Pantai Carita, Pantai Pangandaran, Pantai Bantimurung dan Danau Telogowarno Pengilon Dieng.

Pantai Indrayanti

Lupakan Pantai Parangtritis sejenak karena Jogjakarta sekarang memiliki ikon wisata bahari baru yang bernama Seven Beaches in One Zone. Tujuh tempat wisata pantai di Jogjakarta tersebut adalah pantai Baron, pantai Slili dan Ngandong, pantai Krakal, pantai Kukup, pantai Sundak, Pantai Indrayanti, Pantai Sepanjang, dan pantai Drini. Ketujuh pantai indah tersebut terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Tempat wisata pantai di Yogyakarta tersebut giat dipromosikan oleh Pemerintah Daerah setempat dan mendapat respons yang bagus dari kalangan wisatawan.

Pantai Kuta

Pantai Kuta di Bali bisa dikatakan sebagai tempat wisata pantai sejuta umat karena popularitasnya yang telah mendunia. Pantai Kuta dianggap sebagai obyek wisata di Bali yang lebih merakyat dibanding beberapa tempat wisata di Bali lain seperti Pantai Jimbaran dan Nusa Penida. Bersama dengan kebudayaan Bali yang eksotik, Pantai Kuta menjadi daya tarik utama pariwisata Bali yang telah dikenal oleh turis domestik maupun turis asing.

Pantai Klayar

Jika selama ini Anda berfikir pemandangan alam geyser hanya bisa dinikmati di New Zealand, maka sebaiknya Anda berlibur ke tempat wisata di Pacitan yang bernama Pantai Klayar. Pantai Klayar memiliki daya tarik utama berupa semburan air laut alami yang memancar dari celah batu karang. Tempat wisata di Jawa Timur ini merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Pacitan. Pantai Klayar merupakan tempat wisata di Indonesia yang semakin sering dijelajahi oleh para backpacker akhir-akhir ini.

Pantai Ancol

Pantai Ancol adalah salah satu ikon tempat wisata di Jakarta. Pantai ini menjadi tempat liburan bagi masyarakat Jakarta dari beragam tingkat ekonomi. Pantai Ancol sering dimanfaatkan sebagai pusat hiburan rakyat dengan layanan bertarif murah dan kesan meriah. Beragam pertunjukan seni dilangsungkan di Pantai Ancol sebagai penunjang pariwisata Jakarta. Meski demikian, wisatawan tetap bisa mendapatkan layanan eksklusif karena Pantai Ancol telah dilengkapi fasilitas resort wisata yang menjamin privasi wisatawan.

Agus Siswoyo - Aktifitas penjelajahan alam dan berlibur di daerah pantai
Agus Siswoyo – Aktifitas penjelajahan alam di sekitar gua kapur pantai Tambakrejo Tulungagung, Jawa Timur

Pantai Senggigi

Pariwisata Pulau Lombok bukan hanya berupa pendakian Gunung Rinjani yang fenomenal di kalangan backpacker. Wisatawan dapat mengunjungi Pantai Senggigi yang berpasir putih dan lebih ramah lingkungan. Pantai Senggigi di Pulau Lombok merupakan satu diantara sejumlah tempat wisata di Pulau Lombok lainnya seperti Gili Meno, Gili Trawangan, Gili Air, maupun Tanjung Aan. Obyek wisata Pantai Senggigi saat ini makin populer seiring dengan makin banyaknya wisatawan yang menyeberang dari Pulau Bali ke Pulau Lombok.

Tanah Lot

Liburan ke Pulau Bali serasa belum lengkap kalau belum mengunjungi Tanah Lot. Daya tarik utama obyek wisata di Bali ini berupa pura suci yang berdiri di sebuah pulau kecil di tepi pantai. Untuk sampai di pura Tanah Lot, wisatawan harus berjalan kaki menyeberangi pantai dangkal. Terdapat sejumlah ritual keagamaan yang harus dilakukan oleh wisatawan sebelum bisa jalan-jalan santai di area pura suci. Keindahan alam Bali dan kelestarian budaya Bali mendorong setiap wisatawan berkunjung ke Tanah Lot.

Pantai Sendang Biru

Sama seperti halnya Jogjakarta yang mengandalkan Seven Beaches in One Zone, Kabupaten Malang memiliki deretan pantai-pantai indah di wilayah pantai yang menghadap ke lautan lepas Samudera Hindia. Berturut-turut membujur dari arah barat ke timur, tempat wisata pantai di Kabupaten Malang tersebut adalah Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Pantai Wonogoro, Pantai Bajul Mati, Pantai Sendang Biru, Pantai Lenggosono, Pantai Sipelot, dan Pantai Licin.

Pantai Iboih

Pantai Iboih di Pulau Weh adalah salah satu tempat wisata di Aceh yang menjanjikan ketenangan bagi setiap wisatawan yang mengunjunginya. Pantai Iboih memiliki pemandangan alam pantai yang menakjubkan. Obyek wisata di Aceh ini menyediakan fasilitas liburan berupa bungalow yang menghadap laut dan restoran makanan tradisional Aceh. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Iboih bisa berenang di air laut yang jernih maupun menyelami keindahan dunia laut. Keramahan penduduk Desa Iboih akan menyambut setiap kunjungan wisata di Pulau Weh ini.

Jalan-jalan ke perkampungan nelayan Sidoarjo
Jalan-jalan ke perkampungan nelayan Sidoarjo

Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan tempat wisata di Sukabumi yang memiliki banyak fungsi. Selain sebagai tempat liburan menjelajahi keindahan alam sekitar pantai, pantai yang berada di Teluk Pelabuhan Ratu ini juga menjadi tujuan wisata religi. Sebagian wisatawan berkunjung ke Pantai Pelabuhan Ratu untuk mengobati rasa penasaran mereka terhadap kamar hotel yang diyakini sebagai tempat pertemuan dengan sosok gaib Nyai Roro Kidul. Tempat wisata di Jawa Barat ini pun memiliki pemandangan alam yang indah dengan beberapa formasi batu karang yang unik.

Pantai Lagoi

Pantai Lagoi merupakan tempat wisata di Pulau Bintan untuk mereka kalangan jutawan. Layanan hotel dan restoran di Pantai Lagoi menggunakan standar internasional dan mata uang Dollar Singapura. Sebagai imbal baliknya, setiap wisatawan dapat menikmati privasi liburan dengan nyaman. Obyek wisata di Kepulauan Riau (Kepri) ini memiliki pemandangan alam senja yang indah. Banyak wisatawan asing berkunjung ke Pantai Lagoi karena panorama alamnya yang memukau. Keindahan Pantai Lagoi dikatakan mampu mengalahkan eksotisme Pulau Dewata Bali.

Konsep wisata ekoturisme atau pariwisata berwawasan lingkungan semakin berkembang di Indonesia. Taman-taman nasional yang menyimpan aneka kekayaan flora dan fauna Indonesia tampaknya akan semakin sering dikunjungi kaum muda. Semua tentu berharap bahwa berbagai kegiatan wisata, perkemahan atau penjelajahan ke alam bebas dapat memupuk rasa cinta tanah air dan meningkatkan kepekaan serta kesadaran melestarikan alam.

Semoga tulisan ini bermanfaat bisa memberikan pengenalan tentang taman-taman nasional dan kawasan alam lainnya, serta membantu pengembangan penghayatan terhadap pelestarian aIam. Banyak upaya perlu dilakukan untuk mengembangkan kepekaan dan kesadaran kaum muda agar lebih berperan menjaga kekayaan flora dan fauna negerinya. Mari jelajahi beragam keindahan tempat wisata di Indonesia!

Referensi:

———–. 1990. Bunga Nasional dan Maskot Flora-Fauna Daerah. Jakarta: Kantor Menteri Negara Kelestarian Lingkungan Hidup.

———–. 1991. Sekilas Tentang Konservasi Alam dan Pemanfaatan Hutan Secara Lestari. Jakarta : Departemen Kehutanan.

Gradwohl, Judith dan Russell Greenberg. 1991. Menyelamatkan Hutan Tropika. Jakarta: Balai Pustaka

Hadisepoetro, Soebagjo. 1991. Sistem Taman Nasional dan Rekreasi di Indonesia. Disampaikan pada Konferensi PATA ke-40 di Bali.

Sangguana, YP. 1994. Mengisi Liburan di Taman-taman Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Tim Penyusun Kamus Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

14 Replies to “10 Tempat Wisata Pantai di Indonesia Untuk Liburan yang Menyenangkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *