Ciri-ciri Anak Sehat dan Tanda-tanda Gangguan Kesehatan Anak

Liburan menyenangkan dan outbound kerjasama tim di tempat wisata alam Bukit Embag di Wonosalam Jombang
Liburan menyenangkan dan outbound kerjasama tim di tempat wisata alam Bukit Embag di Wonosalam Jombang

Menurut Endyah Murniati (2015), ciri-ciri anak sehat yaitu memiliki pertumbuhan badan yang baik. Pertumbuhan anak dapat dilihat dari naiknya berat badan dan tinggi badan secara teratur dan proporsional. Anak sehat memiliki gerakan tangkas, gesit dan gembira. Ciri-ciri anak sehat berikutnya adalah mata yang bersih dan bersinar. Anak-anak sehat memiliki nafsu makan yang baik, pencernaan baik, warna lidah segar, serta pernapasan tidak bau. Apa saja ciri-ciri anak sehat? Lalu apa saja jenis gangguan kesehatan yang biasanya terjadi pada anak?

Ciri-ciri Anak Sehat

Anak-anak yang sehat senang melakukan olahraga dan menikmati masa istirahatnya secara teratur. Anak sehat menyukai aktifitas belajar di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Kulit dan rambut anak-anak sehat terlihat bersih dan tidak kering. Anak-anak yang sehat tidak mempunyai perasaan tertekan dan mudah menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungannya. Ciri-ciri anak sehat yang terakhir adalah perkembangan jasmani dan rohaninya sesuai dengan tingkatan umur dan jenis kelamin.

Teknik Pijat Refleksi pada kaki untuk kesehatan kejantanan - Gambar diambil dari IsiGood Dot Com
Teknik Pijat Refleksi pada kaki untuk kesehatan kejantanan – Gambar diambil dari IsiGood Dot Com

Gangguan Kesehatan Anak

Tanda-tanda gangguan kesehatan yang kerap kali dialami oleh anak secara umum adalah memiliki tubuh yang sangat gemuk atau sangat kurus. Anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan terlihat kurang bersemangat dalam aktivitas sehari-hari. Anak tidak sehat memiliki kebiasaan makan yang kurang baik. Mereka lebih suka jajan di luar daripada makan di rumah. Oleh karena itu, perilaku anak yang tidak sehat membutuhkan biaya tidak sedikit. Mereka juga kesulitan dalam membaca dan mendengar akibat mereka tidak melakukan kebiasaan sehat.

Ciri-ciri Anak Tidak Sehat

Ciri-ciri anak yang tidak sehat adalah memiliki mata yang sering berkedip. Berkedip dalam frekuensi yang berlebihan merupakan tanda seseorang kekurangan vitamin. Anak kurang sehat sering mengusap mata karena matanya berair dan banyak kotoran. Seringkali anak yang kurang sehat memiliki penyakit radang mata sehingga anak kurang sehat memiliki resiko mata juling dan gangguan penglihatan rabun dekat atau rabun jauh.

Anak tidak sehat memiliki ciri telinga berair atau berbau nanah. Anak tidak sehat sering merasa telinganya berdengung dan merasa sakit di telinga. Anak tidak sehat kadang mengalami bengkak di bawah telinga atau disebut penyakit gondok. Anak yang tidak sehat memiliki ciri hidung dan mulut yang sering berair, kerongkongan sakit, tidur dengan mulut terbuka, mulut berbau, gigi berlubang, gusi berdarah, keluar ingus, bahkan keluar darah segar dari hidung.

Olahraga Jalan Sehat Siswa Baru dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan MOS di SDN Latsari
Jalin keakraban warga sekolah dengan cara olahraga Jalan Sehat Siswa Baru dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan MOS di SDN Latsari

Tanda-tanda Anak Tidak Sehat

Tingkah laku anak yang kurang sehat adalah gelisah, memiliki gerakan-gerakan tak terkendali, sering bertengkar, memiliki gangguan berbicara, sering ke kamar kecil, dan melakukan tindakan pencurian atau kleptomania. Salah satu ciri anak tidak sehat adalah sering tidak masuk sekolah. Alasan tidak masuk sekolah karena sakit ataupun karena malas bersekolah.

Anak-anak yang kekurangan gizi memiliki tanda-tanda timbangan berat badannya terus menurun atau dalam jangka waktu tertentu tidak kunjung naik. Selain itu, tanda-tanda kurang gizi pada anak ditandai dengan mata jagung, lingkaran biru sekitar mata, dan kelopak atau selaput mata pucat. Anak-anak yang kurang gizi memiliki roman muka yang tegang atau lemah. Mereka juga memiliki sikap yang buruk, pemarah, dan sikap masa bodoh atau apatis.

Demikian artikel kesehatan ini penulis bagikan. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan Anda dalam merawat anak-anak di rumah.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Ciri-ciri Anak Sehat dan Tanda-tanda Gangguan Kesehatan Anak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *