Jalan-jalan Penyegaran Pikiran Siswa Setelah Ujian Akhir Semester

Kemarin Rabu, 18 Desember 2019 telah dilaksanakan kegiatan jalan-jalan penyegaran pikiran kepada siswa-siswa SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Kegiatan ini dilaksanakan setelah pelaksanaan ujian akhir semester atau penilaian akhir semester. Acara jalan-jalan yang dilakukan siswa merupakan penyeimbangan dari pendidikan kesehatan, bukan hanya kesehatan pikiran tetapi juga tubuh mereka.

Sebanyak 98 orang siswa mengikuti kegiatan olahraga jalan kaki ini. Acara dilakukan berupa kegiatan jalan-jalan menyusuri kampung. Kegiatan refreshing ini melewati berbagai jenis bentang alam, mulai dari perkampungan warga, sawah dan ladang, meniti tangga, melalui jalan setapak di tebing sungai, hingga kembali lagi ke perkampungan warga. Acara dimulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 08.15 WIB.

Anak-anak terlihat sangat gembira sepanjang mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Peserta kegiatan adalah peserta didik dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 sekolah dasar. Oleh karena itu setiap ketua kelas berkewajiban untuk memeriksa jumlah anggota teman-temannya di dalam kelas. Setiap kelompok kakak kelas berkewajiban untuk membimbing adik-adik kelasnya. Disini mereka belajar untuk siap memimpin dan siap dipimpin.

Olahraga Jalan Sehat Siswa Baru dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan MOS di SDN Latsari
Jalin keakraban warga sekolah dengan cara olahraga Jalan Sehat Siswa Baru dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan MOS di SDN Latsari

Kegiatan olahraga jalan jalan menyusuri sawah dan perkampungan warga terbilang cukup murah. Acara ini terbukti efektif untuk menghilangkan kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa selama dua pekan terakhir ini. Selama ini para siswa mengikuti kegiatan penjelajahan alam melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Namun kali ini murid-murid merasa gembira karena mereka sudah melalui masa ujian sekolah yang menegangkan.

Kegiatan refreshing jalan-jalan melalui bentang alam sawah, sungai dan perkampungan perlu dilakukan secara rutin kepada murid-murid di sekolah. Kegiatan ini berdampak sangat baik untuk melatih kemandirian anak sekaligus menumbuhkan kemampuan bekerja sama siswa dengan teman-teman di kelasnya.

Kegiatan penjelajahan alam seperti ini berguna mendekatkan siswa dengan fungsi alam sebagai penyangga utama kehidupan manusia. Anak-anak diharapkan dapat melestarikan alam dan tidak merusaknya. Semoga setiap siswa dapat mengambil manfaat dari kegiatan olahraga lintas alam ini.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Jalan-jalan Penyegaran Pikiran Siswa Setelah Ujian Akhir Semester”

  1. Nah gitu dong Pak guru…. Ajak muridnya jalan-jalan supaya nggak Stress mikirin pelajaran mulu. mereka kan juga bisa belajar dari alam.

  2. Kereeeeeen bngt dah…
    Selama masih ada guru-guru kreatif yang berorientasi pada pendidikan mental anak maka kita bisa percaya diri menatap Indonesia kedepan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *