Jenis Rambut, Ciri Rambut Sehat, Ciri Rambut Rusak, dan Cara Menjaga Kesehatan Rambut

Liburan Asyik di Wisata Kampung Indian Kediri Sambil Foto Rame-rame
Liburan Asyik di Wisata Kampung Indian Kediri Sambil Foto Rame-rame

Kesehatan rambut harus dijaga, baik pria maupun wanita. Rambut bukanlah sekedar berguna untuk keindahan tubuh. Fungsi utama rambut adalah untuk melindungi kepala dari panas matahari. Rambut tidak mempunyai pembuluh darah dan ujung-ujung saraf sehingga tidak berdarah dan kita tidak akan merasa sakit jika rambut dipotong. Rambut mempunyai satu kelenjar lemak yang mengeluarkan minyak sehingga membuatnya mengkilat. Jika kelenjar minyak tidak berproduksi, manusia bisa membuat minyak rambut tiruan agar rambut terlihat bagus.

Menurut Endyah Murniati (2015), emelihara kebersihan rambut pada dasarnya adalah menjaga kesehatan kulit kepala. Vitamin A sangat penting untuk mencegah kerontokan rambut. Akan tetapi jika berlebihan memakai vitamin A bisa menyebabkan keracunan dan kulit kepala menjadi kuning. Khusus untuk memelihara kesehatan kulit kepala, kita harus menjaga kebersihan rambut. Cuci rambut hendaklah dikerjakan dengan cara yang baik sehingga kulit kepala bersih dari kotoran kotoran yang melekat. Mencuci rambut dengan benar akan memperlancar keluarnya keringat.

Dalam waktu tertentu juga perlu dilakukan perawatan khusus terhadap rambut. Cucilah rambut dengan memakai sampo atau sabun atau air merang. Setelah dibersihkan dengan air biasa, siramlah rambut dengan air jeruk untuk menghilangkan bau menusuk pada bahan alkali. Perawatan rambut demikian dapat membuat rambut menjadi mengkilat. Sebelum tidur sisirlah rambut untuk memberi jalan pernapasan dan merangsang peredaran darah. Menyisir rambut secara rutin itu lebih baik daripada tidak pernah disisir sama sekali.

Ciri Rambut Sehat dan Rambut Rusak

Ciri-ciri rambut kering dan tidak sehat adalah kering, kaku dan berbunyi bila digesek-gesekkan. Rambut kering berwarna kemerahan dan tanpak kumal, ujung-ujungnya terbelah, dan mudah rontok. Sebaliknya, ciri-ciri rambut yang sehat adalah elastis, mengkilat, ujung-ujungnya jelas dan tidak rontok. Sebab-sebab rambut rontok adalah karena kekurangan zat kapur, kurang darah, akibat sakit keras, banyak pikiran, sakit panas, dan lain-lain.

Seorang anak perempuan yang memiliki rambut akan kelihatan cantik. Selain untuk mempercantik atau memperindah wajah, rambut juga berguna untuk melindungi kepala dari udara dingin agar tidak terasa dingin dan melindungi kepala dari sinar matahari agar tidak kepanasan. Guna rambut dalam melindungi kepala terhadap udara dingin dapat diberikan gambaran bahwa yang rambut berfungsi sebagai topi yang terbuat dari rambut.

Ada bermacam-macam warna dan bentuk rambut, yaitu warna hitam, warna putih, warna pirang, warna kemerah-merahan dan lain-lain. Selain warna, rambut juga memiliki beragam bentuk, misalnya bentuk lurus, rambut ikal atau keriting, dan rambut bergelombang. Jenis rambut boleh berbeda-beda, ada yang kaku atau lemas, ada yang tebal atau tipis, tetapi kegunaannya tetap sama.

Karena pentingnya rambut untuk berbagai hal, maka untuk menjaga kesehatan rambut perlu dipelihara agar tetap bersih, sehat dan rapi. Kulit kepala yang bersih terasa sejuk dan nyaman. Rambut yang jarang dicuci menjadi kotor, bau, dan gatal. Rambut yang kotor akan menjadi sarang kutu yang dapat mengakibatkan penyakit kulit atau koreng. Supaya tetap bersih cucilah rambut dua kali seminggu. Akan tetapi apabila cepat kotor dapat dicuci lebih dari dua kali dalam waktu seminggu.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Jenis Rambut, Ciri Rambut Sehat, Ciri Rambut Rusak, dan Cara Menjaga Kesehatan Rambut”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *