Agar Mengenal Lingkungan Sekolah, Siswa Baru SDN Latsari Ada MOS-nya Juga Lho!

Olahraga Jalan Sehat Siswa Baru dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan MOS di SDN Latsari
Olahraga Jalan Sehat Siswa Baru dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan MOS di SDN Latsari

Bagi Anda yang dulu pernah sekolah di era tahun 2000-an pasti pernah mendengar istilah MOS, Ospek dan Mapaba. Kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru (MOS) ditujukan untuk siswa baru yang masuk ke SMP dan SMA. Sedangkan Ospek digunakan untuk orientasi mahasiswa baru di lingkungan universitas. Kini istilah-istilah tersebut telah berganti nama. Misalnya, MOS menjadi PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan Ospek menjadi Posmaru (Pekan Orientasi Mahasiswa Baru). Nah, artikel The Jombang Taste kali ini akan membahas kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru di SD Negeri Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Kegiatan PLS kreatif ini melibatkan semua siswa dan semua guru yang aktif mengajar di sekolah.

Tidak biasanya ada kegiatan MOS atau PLS di jenjang pendidikan sekolah dasar. Tapi kali ini SDN Latsari membuat acara pengenalan lingkungan sekolah menjadi sebuah event yang meriah dan menyenangkan. Hari ini, Kamis 20 Juli 2017 telah dilaksanakan MOS di SDN Latsari. Kegiatan ini diikuti oleh 24 siswa baru SDN Latsari yang masuk pada tahun ajaran 2017-2018. Acara diawali dengan barisan kelompok Drum Band SDN Latsari yang membuka jalan dengan suara musik yang menghentak dan membangkitkan semangat para siswa. Di belakang grup drum band ada barisan siswa-siswi kelas 1 yang hari ini diberikan topi hias berwarna hitam-putih. Topi mereka kebesaran semua karena memang dibeli dengan ukuran murid kelas tinggi. Lalu di belakang kelas 1 disusul barisan para siswa kelas 2, 3, 4 , 5, dan 6.

Siswa-siswi kelas 1 tampak bergembira mengikuti acara perdana mereka di SDN Latsari. Meski perilaku mereka tak ubahnya murid Taman Kanak-kanak (TK) yang baru lulus, mereka mampu mengikuti kegiatan dengan tertib. Seluruh murid kelas 1 SDN Latsari tahun ini berjumlah 26 anak. Sebagian besar siswa baru merupakan lulusan RA Muslimat Baitussalam Latsari dan hanya beberapa murid baru yang berasal dari TK di luar Desa Latsari. Kondisi ini memudahkan para guru untuk menyamakan seragam olahraga yang digunakan oleh murid kelas 1. Mereka berbaur dengan kakak-kakak kelas dan berbaris mengelilingi Dusun Guwo Desa Latsari. Sejumlah warga Dusun Guwo menyambut iring-iringan murid SDN Latsari dengan canda-tawa karena melihat ulah lucu murid-murid baru.

Kalender Pendidikan siswa-siswi SDN Latsari tahun ajaran 2017-2018 dimulai pada Senin, 17 Juli 2017 lalu. Namun aktifitas belajar mereka belum berlangsung penuh sampai hari ini. Selama empat hari awal ini kegiatan belajar diisi dengan pengenalan lingkungan sekolah. Siswa kelas 1 diajak mengenalkan diri, berkenalan dengan teman-teman sekelas, berkenalan dengan guru-guru, mengenal nama-nama ruangan yang ada di kompleks sekolah, dan belajar bersekolah secara mandiri. Saya bersyukur para orang tua murid kelas 1 sudah merelakan putra-putri mereka bersekolah sendiri. Saya melihat wali murid mengantar siswa hanya pada hari pertama masuk sekolah pada Senin lalu. Mulai Selasa hingga hari ini tinggal satu atau dua orang tua yang datang menjemput anak mereka untuk pulang sekolah.

Mengubah cara belajar siswa kelas 1 dari model kanak-kanak ke cara belajar SD memang tidak mudah. Kemarin saya sempat mengajarkan pelajaran Pendidikan Agama Islam kepada mereka. Saya menyadari bahwa usia kelas 1 masih menyukai aktifitas bermain secara individu. Oleh karena itu, pada satu bulan pertama ke depan saya merencanakan mengajar Muatan Lokal Keagamaan untuk kelas 1 dengan metode BCM. Bermain, cerita dan menyanyi masih menjadi senjata andalan bagi setiap guru yang mengajar di kelas rendah. Semoga keceriaan murid-murid kelas 1 dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah hari ini bisa memberikan manfaat untuk menambah semangat belajar mereka seterusnya hingga enam tahun ke depan sampai lulus sekolah. Aamiin.

3 Replies to “Agar Mengenal Lingkungan Sekolah, Siswa Baru SDN Latsari Ada MOS-nya Juga Lho!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *