Peringatan Maulid Nabi Bertabur Kreatifitas Bersama Murid SDN Latsari Mojowarno

Keceriaan Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang di Parimono tahun 2017
Keceriaan Motif Baju Batik pada Acara Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang di Parimono tahun 2017

Peringatan Maulid Nabi tahun ini menghasilkan kreatifitas agak berbeda di SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Pada Sabtu, 1 Desember 2017 lalu telah dilaksanakan serangkaian kegiatan Muludan di sekolah tersebut. Penulis mengampu mata pelajaran Keagamaan Islam di SDN Latsari dan menginisiasi kegiatan tersebut. Memang tidak mudah untuk menumbuhkan kebiasaan baik pada kids jaman now. Tantangan jaman semakin beragam sehingga setiap guru dituntut kreatif menciptakan program pendidikan.

Sejak pagi penulis sudah menyiapkan segala sesuatunya. Mulai dari setting lokasi, menyusun acara hingga membuat beberapa skenario acara. Acara dimulai dengan pembacaan sholawat diba’ pada jam setengah delapan. Beberapa siswa SDN Latsari menujukkan kemampuannya dalam berkreasi seni Islami. Mulai dari pidato, menyanyi hingga ngemsi. Sebagian besar siswa yang tampil mengalami demam panggung. Sangat wajar hal ini terjadi dalam kegiatan keagamaan mengingat selama ini mereka kerap tampil dalam acara-acara hiburan seperti patrol, kuda lumping dan barongan.

Penulis selalu memberikan semangat dan membesarkan hati para siswa. Tidak ada satu pun jenis dukungan terbaik selain motivasi dalam belajar. Kendati mereka tampil malu-malu di hadapan para guru, pada akhirnya para siswa mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Usai pembacaan sholawat diba’ para siswa dan guru melakukan pawai sepeda hias. Para siswa sudah siap dengan kendaraan sepeda hias. Rute bersepeda kali ini adalah Guwo, Kayen, Sidoluwih dan Guwo. Anak-anak terlihat senang bersepeda.

Pada kesempatan pawai sepeda hias tersebut para siswa menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam menghias sepeda. Hiasan tersebut berbahan kertas berwarna-warni dan ditempelkan pada sisi kanan dan kiri sepeda. Usai pawai sepeda hias, para siswa makan bersama dengan bekal yang dibawa dari rumah. Wah, senangnya bisa makan bareng teman. Para guru pun menyantap sajian nasi tumpeng karya penulis. Meski bikinnya dadakan, ternyata banyak yang suka makanan buat saya. Alhamdulillah perayaan Maulid Nabi kali ini lancar. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini melalui:

6 Replies to “Peringatan Maulid Nabi Bertabur Kreatifitas Bersama Murid SDN Latsari Mojowarno”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *