Hikmah Kehidupan dari Sebuah Trafo

Oleh: Fadli Firmansyah

Manusia dapat mengambil hikmah dari mana saja untuk kebaikan hidupnya. Baik dalam sebuah peristiwa maupun benda-benda yang ada di dunia. Misalkan peristiwa semut ketika mencari makan. Mereka bahu membahu dan bekerjasama serta bergotong royong dalam mencari makanan demi keberlangsungan hidup koloni semut. Peristiwa tersebut mengajarkan kepada manusia bahwa ketika suatu pekerjaan diselesaikan secara bergotong royong maka pekerjaan tersebut akan terasa ringan dan cepat selesai.

Hikmah Kehidupan dari Sebuah Trafo

Pada benda-benda mati, manusia juga dapat mengambil filosofi benda tersebut demi kebaikan dirinya. Contohnya seperti trafo. Trafo adalah konverter daya yang mentransfer energi listrik dari satu sirkuit ke sirkuit yang berbeda melalui konduktor. Ini adalah perangkat listrik atau komponen yang dapat mengubah jumlah tegangan. Salah satu jenis trafo yaitu trafo step up dan step down. Trafo step up berfungsi menaikkan tegangan sedangkan step down kebalikannya yaitu berfungsi untuk menurunkan tegangan.

Pada benda tersebut, manusia dapat mengambil hikmah kehidupan yaitu bahwa dalam mengarungi setiap tahap kehidupan, kita harus menyesuaikan diri agar dapat menjalani hidup dengan baik. Jika kita merasa diri ini belum memiliki kapasitas yang baik maka harus segera ditingkatkan supaya ke depannya dapat menghadapi permasalahan hidup seberat apapun dan memiliki solusinya. Nah, jika Anda sudah berada di atas, maka jangan lupa untuk menurunkan ego dan diri untuk membantu orang-orang yang berada di bawah Anda agar mereka dapat maju dan berkembang lebih baik.

Itulah beberapa hikmah kehidupan yang dapat diambil dari benda yang bernama trafo step up dan step down. Milikilah waktu luang untuk berpikir dan menelaah suatu peristiwa dan benda di sekitar Anda untuk dijadikan pembelajaran dan motivasi diri menjadi lebih baik lagi dalam mengarungi hidup ini.

Sumber gambar dari http://www.galleoncy.com

One Reply to “Hikmah Kehidupan dari Sebuah Trafo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *