Apakah Sandi-sandi Pramuka Masih Relevan Digunakan pada Era Millenial?

Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018
Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018

Salah satu materi yang disukai oleh anak-anak dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka adalah pelajaran mengenai sandi-sandi Pramuka. Sandi-sandi Pramuka memungkinkan setiap anggota pramuka untuk mengirimkan pesan secara rahasia kepada seseorang. Tujuan dari mempelajari sandi-sandi Pramuka adalah agar setiap anggota pramuka dapat berkomunikasi secara efektif di berbagai situasi lingkungan, baik yang mendukung maupun tidak mendukung penggunaan alat-alat komunikasi yang lebih canggih.

Satu pertanyaan yang sering diajukan oleh adik-adik anggota pramuka penggalang ketika mereka berlatih sandi-sandi Pramuka adalah relevansi pelajaran sandi-sandi Pramuka untuk diterapkan di era milenial saat ini. Apakah anak-anak zaman sekarang masih membutuhkan sandi Pramuka untuk berbicara dan menyampaikan pesan secara rahasia? Mungkin tidak semua permasalahan komunikasi bisa terjawab melalui sandi Pramuka, apalagi saat ini sudah ada ada smartphone atau telepon pintar.

Keberadaan smartphone di era milenial saat ini sudah merupakan hal biasa. Bahkan kepemilikan smartphone sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap orang. Seseorang dapat mengirimkan pesan secara cepat, murah dan efisien kepada orang lain melalui teknologi smartphone. Seorang anggota pramuka pun dapat menggunakan telepon pintar mereka untuk berkomunikasi secara rahasia.

Lalu apa gunanya kita menggunakan sandi-sandi Pramuka jika kita bisa berkomunikasi secara privat melalui teknologi internet?

Satu hal yang sering luput dari perhatian kita bersama adalah ketersediaan tenaga listrik dan teknologi internet di berbagai tempat tidak sama. Mungkin anda akan mengalami suatu masa dimana aliran listrik padam untuk sementara atau bahkan selamanya. Selain itu, jaringan komunikasi yang tersebar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak lah sama dalam hal kualitas dan kuantitasnya. Di situasi inilah Anda mungkin membutuhkan komunikasi secara rahasia dengan tulisan tangan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain.

Pada situasi lingkungan komunikasi yang tidak mendukung penggunaan teknologi smartphone, Anda bisa menggunakan sandi-sandi Pramuka untuk berkomunikasi secara rahasia dengan orang lain Oleh karena itu, penguasaan materi sandi-sandi Pramuka mutlak diperlukan sejak dini agar putra-putri anda terbiasa berkomunikasi secara rahasia dan efektif kepada orang lain.

Pembelajaran sandi-sandi Pramuka kelak akan memberikan banyak petunjuk bagi kegiatan intelegensi sebuah negara. Barangkali Anda atau putra-putri Anda suatu saat nanti dapat menjadi agen intelijensi negara Republik Indonesia dan bermanfaat mengembangkan sistem jaringan rahasia agen Badan Intelijen Negara (BIN). Kita tidak pernah tahu potensi terbaik apa yang dimiliki oleh putra-putri kita. Barangkali mereka berbakat menjadi agen rahasia BIN.

Oleh karena itu jangan pernah meremehkan pelajaran sandi-sandi Pramuka. Mungkin saat ini anak-anak Anda tidak membutuhkan ilmu ini. Tapi suatu saat nanti mereka akan menyadari betapa pentingnya penguasaan sandi-sandi tertentu untuk memecahkan sebuah permasalahan yang ditujukan untuk menjaga keamanan dan ketentraman negara. Semoga Anda terinspirasi artikel pramuka ini.

5 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Apakah Sandi-sandi Pramuka Masih Relevan Digunakan pada Era Millenial?”

  1. Tulisan yang bagus sekali Kak. mudah-mudahan para pembina Pramuka bisa lebih kreatif menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan untuk adik-adik pramuka yang dibinanya.

  2. Pramuka masih dibutuhkan oleh orang Indonesia karena banyak memberikan manfaat untuk pendidikan karakter dan mental generasi muda zaman sekarang.

  3. Dunia kepanduan adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Jangan sampai seorang pembina Pramuka menghilangkan unsur kesenangan dari kegiatan pramuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *