Pramuka Hebat Rajin Beribadah dan Peduli Terhadap Sesama Manusia

gambar anak berbakti kepada orang tua
gambar anak pramuka berbakti kepada orang tua

Kewajiban setiap anggota Pramuka adalah menjalankan darma Pramuka sesuai dengan kemampuannya. Contoh perilaku menjalankan Dasa Darma Pramuka untuk pramuka penggalang adalah melaksanakan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan mencintai sesama manusia.

Praktek kehidupan religius dan sosial dipraktekkan oleh anggota pramuka penggalang dari Gugus Depan SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang pada Sabtu, 8 Februari 2020 lalu. Mereka mengikuti kegiatan takziah atau melayat ke rumah salah satu keluarga wali murid yang wafat sehari sebelumnya.

Anggota pramuka SDN Latsari menunjukkan kepedulian terhadap teman mereka yang sedang tertimpa musibah akibat meninggalnya anggota keluarga teman mereka. Murid-murid tampak sibuk menyiapkan plastik-plastik kecil berisi beras sejak pagi. Mereka membawa beras dari rumah sebagai bentuk tali kasih dan tenggang rasa terhadap teman yang sedang tertimpa musibah. Usaha ini berhasil mengumpulkan dua karung beras.

Mereka pun berangkat bersama dengan bapak dan ibu guru SDN Latsari ke rumah duka. Kegiatan tahlilan dilaksanakan di rumah duka selama kurang lebih setengah jam. Anak-anak yang biasanya tampak aktif bermain di halaman kali ini menunjukkan sikap hormat terhadap keluarga yang sedang tertimpa musibah.

Mereka tidak banyak melakukan kegiatan fisik. Mereka tampak duduk dan berdoa dengan khusuk. Meskipun tidak hafal sepenuhnya bacaan tahlil yang di imami oleh penulis, kesempatan seperti inilah yang penulis gunakan untuk mendidik anak-anak dalam kehidupan ibadah bermasyarakat.

Mereka harus dilibatkan dalam kehidupan sosial sehari-hari, terutama di bidang keagamaan. Bagaimanapun juga hidup di desa membutuhkan keterampilan beribadah yang cukup. Masyarakat desa memiliki kedekatan sosial yang sangat baik di antara satu orang dengan orang lainnya. Sikap tenggang rasa dan saling toleransi jika ada tetangga mereka yang kesusahan akan cepat dapat kita saksikan bersama.

Harapan Untuk Masa Depan

Kita tidak boleh memandang remeh peran serta anak-anak dan remaja. Anak-anak yang masih bersekolah di jenjang Sekolah Dasar pun harus dilibatkan dalam hal ini agar mereka kelak telah memiliki kebiasaan bertanggungjawab dan tepa selira jika mengetahui tetangga mereka sedang tertimpa musibah.  Kebanyakan orang tua belum memberikan kepercayaan penuh kepada anak-anak mereka untuk memikul tanggungjawab pergaulan sosial. Pelan tapi pasti mereka harus dilatih hidup mandiri.

Tidak menutup kemungkinan segala kegiatan keagamaan dalam organisasi Pramuka belum berhasil Anda laksanakan di lingkungan tempat tinggal Anda untuk pertama kalinya. Namun percayalah bahwa anak-anak zaman sekarang sangat cepat belajar beradaptasi terhadap perubahan lingkungan tempat tinggalnya. Mereka akan belajar mengendalikan diri dengan cepat dan tanggap terhadap perubahan lingkungan keluarga mereka.

Tugas guru dan para orang tua dalam pendidikan keagamaan untuk anggota pramuka adalah memberikan contoh dan keteladanan yang baik bagi mereka. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa anak-anak dan remaja adalah kelompok peniru terbaik. Mereka akan melakukan proses imitasi secara cepat terhadap semua bentuk perilaku yang mereka anggap menyenangkan. Mereka belum sadar dampak baik dan buruk sebuah pilihan meskipun telah berulangkali dijelaskan oleh orang tua dan guru mereka.

Peran aktif orang tua di rumah adalah memberikan pemahaman secara utuh terhadap dampak baik dan buruk semua perilaku keagamaan yang akan mereka lakukan di masyarakat. Konsekuensi logis dari setiap perbuatan manusia selalu akan kita rasakan. Baik dan buruk balasan perbuatan manusia terhadap lingkungan disekitarnya akan segera dirasakan oleh anak.

Oleh karena itu setiap orangtua hendaknya mampu menjadi role model bagi setiap anak-anak di rumah. Demikian juga dengan para pembina Pramuka di sekolah seharusnya mampu mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan kepramukaan dengan praktik kehidupan sosial di tengah masyarakat.

Tidak ada ilmu yang terbaik di dunia ini selain ilmu yang bisa memberikan manfaat dan perubahan yang nyata bagi masyarakat di sekitar tempat tinggal lembaga pendidikan tersebut. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi anda dalam mendidik murid-murid di sekolah.

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Pramuka Hebat Rajin Beribadah dan Peduli Terhadap Sesama Manusia”

  1. Memang sih kalau masih muda biasanya sangat idealis. Standarnya harus ini harus itu. Tapi kalau sudah berumur dan berpengalaman maka idealisme akan tergantikan dengan realitas di lapangan.

  2. Salut untuk para pembina Pramuka di Indonesia. mereka adalah orang-orang pilihan yang mau melatih dengan ikhlas dan peduli terhadap kemajuan generasi muda di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *