5 Tips Sukses Berpidato dan Berbicara di Depan Publik

Memotivasi Peserta Pesantren Ramadhan Kreatif Angkatan 1 Yatim Mandiri Jombang Tahun 2016
Memotivasi Peserta Pesantren Ramadhan Kreatif Angkatan 1 Yatim Mandiri Jombang Tahun 2016

Berpidato melupakan aktivitas yang cukup menantang bagi sebagian besar orang. Tidak semua orang mampu berpidato dan berbicara di depan umum dengan baik dan benar. Kebanyakan manusia merasa takut berbicara di depan umum, terutama mereka yang tidak memiliki kemampuan public speaking yang cukup baik. Berikut ini 5 tips yang dapat anda gunakan agar anda bisa berpidato dengan sukses di hadapan orang banyak.

1. Pembukaan Menarik

Perlu Anda ingat bahwa pembukaan pidato sangat menentukan keberhasilan Anda dalam menarik perhatian audiens. Jika pidato Anda bersifat tak resmi ada baiknya Anda memulai pidato dengan sebuah cerita atau bisa juga dengan sebuah humor. Meski demikian jangan lupa pasang senyum manis Anda untuk menarik simpati penonton. Sediakan waktu yang cukup untuk berlatih tersenyum. Buatlah senyuman normal dan sewajarnya.

2. Berikan Smiling Voice

Anda perlu menonton ajang pemilihan bakat di televisi agar Anda memiliki lebih banyak referensi dalam memilih cara berpidato dan berbicara di depan publik. Anda dapat mengambil contoh penerapan ilmu public speaking pada kompetisi bakat di televisi. Ternyata berbicara di depan publik membutuhkan kemampuan smiling voice dan smiling face. Dua hal ini tidak dimiliki oleh semua orang karena terkait bakat yang dibawa sejak lahir.

3. Berlatih di Depan Cermin

Tahukah Anda bahwa terdapat sejumlah tips berpidato yang bisa Anda lakukan di rumah untuk berlatih pidato. Anda bisa berbicara di depan cermin sambil merekam. Anda bisa memutar hasil rekaman itu supaya tahu hasilnya. Bagi sebagian orang mungkin tampak aneh merekam pembicaraan sendiri. Percayalah, dengan menyaksikan pidato Anda sendiri Anda bisa mengkoreksi kekurangan Anda secara obyektif.

4. Perhatikan Penampilan Fisik

Menurut Ade Putranto (2017) dalam buku Ayo Berani Berpidato, penampilan fisik merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat berpidato. Jangan lupa memperhatikan penampilan Anda mulai dari ujung kepala sampai dengan ujung kaki. Gunakan pakaian yang rapi dan sederhana tapi meyakinkan. Pakai juga sepatu yang paling kita suka dan paling keren. Jangan pernah Anda berdandan berlebihan. Sebelum Anda berbicara di depan umum sebaiknya cari tahu siapa saja pendengarnya supaya Anda tidak salah berbicara dan bisa memilih bahasa yang sesuai.

5. Gerak Tubuh Sewajarnya

Saat Anda berpidato dan berbicara di depan umum usahakan tampil sewajarnya. Jadilah diri Anda sendiri. Saat berbicara di depan umum jangan terlalu kaku dan terpaku dengan catatan. Anda bisa gunakan gerakan tangan, mimik muka, ataupun gerakan badan agar terlihat lebih alami dan santai. Jangan lupa tatap mata audiens dan jangan menghindari tatapan mata dari audiens supaya Anda tambah berwibawa.

Demikian 5 tips sukses berpidato yang bisa anda terapkan saat berbicara di depan umum. Semoga tips berpidato ini bisa membantu anda menjadi pribadi yang sukses berbicara di depan umum. Selamat mempraktekkan!

Bagikan artikel ini melalui:

8 Replies to “5 Tips Sukses Berpidato dan Berbicara di Depan Publik”

  1. Semua teori dan tips berbicara di depan publik tidak akan ada perlunya dan tidak akan bermanfaat jika kita tidak siap secara mental. Maka siapkan mental anda dulu sebelum berpidato di depan banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *