7 Konsep Acara Reuni Teman Sekolah dan Kuliah yang Kreatif dan Murah

Selfie Rame-rame sambil traveling ke Museum Bank Indonesia di Surabaya
Selfie Rame-rame sambil traveling ke Museum Bank Indonesia di Surabaya

Acara reuni dengan teman-teman sekolah selalu memberikan kesan yang berbeda setiap tahun. Setiap masa selalu ditandai dengan berbagai cerita yang menarik. Oleh karena itu setiap orang pasti menunggu datangnya waktu lebaran Idul Fitri dan dilaksanakan reuni sekolah.

Momen reuni sekolah dan reuni kampus memberikan manfaat bagi terjalinnya kerjasama yang lebih erat dengan sesama alumni. Bahkan bisa saja akan terbuka kemungkinan kerjasama di bidang bidang bisnis yang sedang Anda geluti saat ini.

Meski demikian, tak jarang panitia pelaksana kegiatan reuni sekolah maupun reuni kampus memiliki keterbatasan ide dalam mengkreasikan acara. Berikut ini penulis sajikan beberapa ide kreatif membuat acara reuni teman sekolah dan reuni teman-teman alumni mahasiswa.

Beberapa ide konsep acara reuni sekolah ini dijalankan dengan menggunakan prinsip kreativitas dan efisiensi biaya. Anda dapat mengurangi beban pengeluaran panitia pelaksana dengan melaksanakan beberapa konsep acara reuni sekolah berikut ini.

1. Lomba Memasak

Lomba memasak bisa dilaksanakan ketika berlangsung acara reuni teman sekolah. Kegiatan ini juga bisa dilaksanakan untuk reuni keluarga. Anda membutuhkan bahan-bahan memasak dan tempat kegiatan yang cukup luas untuk menampung kehadiran para peserta kegiatan reuni sekolah. Perlengkapan memasak yang Anda gunakan pun bisa dipinjamkan dari beberapa orang alumni yang tempat tinggalnya berada dekat dengan lokasi kegiatan. Murah bukan?

Asyiknya lomba memasak dengan teman-teman lama adalah bisa menambah keakraban dan kerjasama antar teman. Dijamin semua akan tertawa saat Anda beraksi di depan kompor. Manfaat lain dari lomba memasak dilaksanakan saat reuni sekolah adalah bisa menghemat biaya konsumsi. Panitia pelaksana tidak akan keteteran mencari dana talangan untuk membeli aneka konsumsi ataupun hidangan selama acara reuni berlangsung. Hasil masakan Anda itulah yang akan anda makan selama acara reuni. Benar-benar menantang, bukan?

2. Lomba Karaoke

Setiap orang suka bernyanyi. Entah suara anda bagus atau tidak bagus, pasti terlintas dalam pikiran anda untuk bernyanyi di hadapan teman-teman lama. Lomba karaoke adalah konsep acara reuni teman lama yang cukup menarik untuk dilakukan. Biasanya lomba karaoke dilakukan dengan memilih lagu-lagu memorial yang pernah hits pada zamannya.

Mungkin Anda memiliki satu atau beberapa lagu kenangan yang mengingatkan Anda pada sebuah peristiwa di masa lalu di sekolah. Inilah waktu yang tepat untuk mengekspresikan kemampuan terbaik anda dalam bernyanyi di hadapan teman-teman. Jangan khawatir jika suara Anda tidak terlalu bagus untuk menjadi seorang juara Idol. Minimal anda sudah menumbuhkan keakraban diantara teman-teman lama.

Gambar Ilustrasi Alunan Musik
Gambar Ilustrasi Alunan Musik

3. Kuis Ingatan Jadul

Mengadakan kuis seputar pengetahuan di sekolah pada zaman dulu atau jadul selalu memberikan hiburan tersendiri bagi setiap orang yang menghadiri acara reuni sekolah maupun ketika anda menjadi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. Masa-masa sekolah dan masa kuliah merupakan waktu yang berharga bagi usia remaja dan kelompok dewasa awal.

Anda tentu tidak akan lupa siapa nama guru yang pernah menghukum Anda berdiri di depan kelas. Begitu juga anda tidak akan lupa siapa nama dosen yang pernah mencekal anda untuk tidak bisa mengikuti ujian akhir semester. Atau bahkan Anda dulu pernah naksir salah satu dosen tapi cinta anda ditolak olehnya. Tentu saja pengalaman ini sudah menjadi rahasia umum bagi teman-teman alumni.

Semua bentuk peristiwa masa lalu itu bisa anda jadikan bahan kuis bersama teman-teman satu almamater. Dijamin pasti mereka akan terhibur saat Anda mengikuti kuis pengetahuan zaman dulu. Anda pun harus siap-siap untuk tidak baper saat mengikuti kuis ini. Jadikan semua komentar teman sebagai bentuk keakraban setelah sekian lama anda tidak bertemu dengan mereka.

4. Bakti Sosial

Mengadakan reuni dengan teman-teman lama tidak harus selalu dilakukan dengan cara bersenang-senang. Anda juga bisa mengadakan kegiatan bakti sosial bersama kawan-kawan alumni sekolah dan alumni perguruan tinggi. Kegiatan bakti sosial dapat berupa santunan anak yatim, kunjungan ke panti jompo, kegiatan khitan massal, maupun berbagi sembako kepada fakir miskin yang tinggal disekitar lembaga pendidikan tempat anda belajar dulu.

Acara bakti sosial bisa merekatkan hubungan emosional antar alumni sebuah lembaga pendidikan. Tidak peduli Anda saat ini sedang bekerja di posisi apa, kegiatan bakti sosial ini bisa mengakrabkan antara alumni yang sukses menjadi atasan maupun alumni yang masih berjibaku di sebagai bawahan. Setiap pihak akan berkontribusi untuk menyukseskan acara bakti sosial alumni sekolah. Mungkin sebagian diantara alumni tidak bisa membantu secara finansial tapi mereka bisa membantu dengan tenaga dan pikiran.

5. Kado untuk Guru

Bagian paling menyentuh saat melakukan reuni dengan teman-teman alumni sekolah dan alumni perguruan tinggi adalah saat memberikan testimoni. Testimoni dapat diberikan oleh seorang mantan siswa ataupun guru. Testimoni dari siswa bisa dilakukan oleh beberapa orang perwakilan siswa yang menjadi ikon pada zamannya. Siswa-siswa yang pada zaman dulu dikenal memiliki kenakalan luar biasa itu jika diberikan kesempatan memberikan testimoni maka akan menghadirkan memori yang tidak terlupakan.

Demikian juga ketika seorang guru diundang dalam acara reuni sekolah ataupun di perguruan tinggi maka beliau akan banyak bercerita tentang kelakuan kita di masa lalu yang tidak sesuai dengan harapan namun saat ini kita telah menjadi orang yang lebih dewasa dalam bersikap. Acara dapat dilanjutkan dengan pemberian kado atau cinderamata kepada guru yang kita undang undang dalam acara reuni sekolah.

Pengurus Organisasi Remaja Masjid Baitussalam Guwo Jombang
Pengurus Organisasi Remaja Masjid Baitussalam Guwo Jombang

6. Fun Games Berpasangan

Reuni teman-teman lama alumni sekolah dan alumni universitas bisa menjadi semakin menarik bila Anda mengajak pasangan Anda. Kita bisa berkreasi membuat fun game berpasangan antara suami dan istri. Permainan berpasangan ini melibatkan kekompakan suami dan istri. Anda bisa membuat peraturan yang sederhana namun mudah dilakukan dan memberikan hiburan bagi setiap orang yang hadir dalam acara reuni sekolah.

Peraturan fun games berpasangan antara lain sebagai berikut. Jika jawaban benar maka anda angkat tangan kanan. Tapi jika jawabannya salah maka anda angkat tangan kiri. Kekompakan pasangan suami istri dapat diketahui dengan cara keduanya berdiri saling membelakangi. Jika kedua tangan yang diangkat sama, yaitu sama-sama kanan ataupun sama-sama kiri, maka keduanya terbukti kompak dalam menjalani rumah tangga. Namun jika keduanya mengangkat tangan yang berbeda maka perlu dipertanyakan dan lagi kekompakan keduanya.

Fun game berpasangan ini bisa menghasilkan canda tawa di antara para peserta reuni sekolah. Anda juga bisa melaksanakan fun games ini untuk acara reuni keluarga besar. Satu peraturannya yang terakhir yaitu anda tidak boleh baper ketika pulang ke rumah. Jangan sampai Anda dan pasangan Anda bertengkar ketika kembali dari menghadiri acara reuni dengan teman-teman lama. Wah, kalau sudah seperti itu bisa berbahaya nih.

7. Arisan

Ide acara reuni teman sekolah yang paling akhir adalah mengadakan arisan. Arisan tidak harus selalu berupa uang. Arisan juga bisa berupa kegiatan maupun berbagi pikiran. Anda bisa mengadakan arisan dalam bentuk tempat pelaksanaan kegiatan reuni teman sekolah yang bisa dipindah-pindah sesuai dengan hasil arisan tersebut. Bagaimanapun anda tentu berharap bisa menjadi host yang baik bagi pelaksanaan reuni alumni teman kampus dan teman sekolah.

Mengadakan kegiatan reuni teman sekolah dan teman kampus memerlukan ruangan yang cukup luas dan itu tidak harus dilakukan dengan cara menyewa gedung. Cukup dengan mengadakan arisan maka pihak yang menjadi tuan rumah diharapkan bisa menyediakan lokasi kegiatan reuni. Lokasi reuni bisa dilakukan di rumah salah satu alumni dan tidak harus menyewa gedung. Inilah asyiknya jika anda memiliki sebuah kebun, kolam renang atau taman bunga yang cukup luas untuk menampung kehadiran teman-teman lama anda.

Demikian beberapa ide konsep acara reuni sekolah dan reuni kampus yang bisa Anda jalankan bersama teman-teman Anda.

Satu hal yang perlu anda perhatikan saat mengadakan reuni dengan teman teman lama adalah jangan pernah membeda-bedakan pergaulan dengan teman lama berdasarkan tingkat ekonomi dan status sosialnya.

Bagaimanapun juga mereka adalah kawan-kawan lama Anda yang telah berkontribusi dalam perjuangan Anda menempuh pendidikan di sekolah dan di bangku kuliah hingga Anda sukses sampai detik ini.

Semoga kegiatan reuni sekolah dan reuni kampus yang Anda rencanakan bisa memberikan manfaat bagi terjalinnya persaudaraan selamanya.

Bagikan tulisan ini:

7 Replies to “7 Konsep Acara Reuni Teman Sekolah dan Kuliah yang Kreatif dan Murah”

  1. Tips diatas sangat bagus. hanya saja perlu dibentuk panitia pelaksana yang memiliki komitmen dan keikhlasan hati untuk menggelar acara reuni. tidak semua alumni mau meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk menjadi panitia. hanya orang-orang tertentu yang memiliki kerelaan untuk menjadi panitia pelaksana. semoga sukses acaranya mas agus.

  2. Ide yang sangat bagus mas. semoga kalau ada acara reuni kita bisa tampil sebagai diri sendiri dan tidak berpura-pura terlihat baik dihadapan teman.

  3. Apakah kita perlu menyewa jasa event organizer untuk kesuksesan acara reuni teman-teman SMA? kadang kita punya ide bagus tapi Terlalu rumit untuk dijalankan sendirian. Sepertinya kita butuh bantuan pihak yang berpengalaman, dalam hal ini adalah event organizer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *