Bukber Kepala Sekolah dan Guru Agama Islam di Wilker Pendidikan Kecamatan Mojowarno

Foto Bersama Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Mojowarno dan Guru-guru Muatan Lokal Keagamaan Islam SD Kec Mojowarno
Foto Bersama Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Mojowarno dan Guru-guru Muatan Lokal Keagamaan Islam SD Kec Mojowarno

Kegiatan buka puasa bersama atau bukber dilaksanakan di berbagai instansi pemerintah maupun instansi swasta di Kabupaten Jombang. Salah satu lembaga pemerintah yang melaksanakan buka puasa adalah Kantor Wilayah Kerja (Wilker) Dinas Pendidikan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang.

Kantor Wilker Pendidikan Kecamatan Mojowarno melaksanakan buka puasa pada hari ini Senin, 20 Mei 2019. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 50 orang hadirin. Para peserta buka puasa merupakan kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan guru Muatan Lokal Keagamaan Islam se-Kecamatan Mojowarno.

Rangkaian acara buka puasa bersama di wilker pendidikan Kecamatan Mojowarno diawali dengan pembacaan Al-Quran. Khataman Alquran 30 Juz dilaksanakan sejak pukul delapan pagi hingga usai salat asar sekitar pukul empat sore. Kegiatan khataman Alquran dilaksanakan selama 2 sesi. Sesi pertama khataman Alquran dilaksanakan oleh guru-guru perempuan sedangkan sesi kedua dilaksanakan oleh guru guru laki-laki.

Lantunan ayat-ayat suci Alquran bergema di Kantor Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan Mojowarno sejak pagi hingga senja. Pembacaan ayat-ayat suci Alquran 30 juz itu memberikan nuansa yang berbeda di kantor Pemerintah yang menaungi jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Mojowarno.

Acara inti buka puasa dimulai pukul setengah lima sore. Beberapa pejabat dari lingkungan Kecamatan Mojowarno hadir memberi sambutan. Sambutan dimulai dengan perwakilan wilker Kecamatan Mojowarno. Kemudian sambutan diteruskan dengan pidato perwakilan Camat Mojowarno, Komandan Rayon Militer Mojowarno, dan Polsek Mojowarno.

Tepat pada pukul lima sore acara dilanjutkan dengan tausiah Kepala KUA Kecamatan Mojowarno, Sahlul Basar. Beliau memberikan ceramah kepada hadirin yang memenuhi Aula Kantor BUKK Kecamatan Mojowarno itu. Tausiyah Bapak Sahlul Basar memberikan motivasi kepada setiap muslim yang menjalankan ibadah puasa agar selalu bersabar dan menahan diri dalam menyikapi kondisi terkini pasca Pemilihan Serentak di sekitar lingkungan mereka.

Kegiatan tausiah berakhir menjelang pukul setengah enam sore ketika bedug maghrib terdengar ditabuh. Para hadirin pun bersiap untuk membatalkan puasa mereka dan menikmati sajian buka puasa. Sayur asem, sayur sop dan nasi rawon adalah beberapa menu makanan yang tersaji di meja makan. Menu-menu makanan itu terbilang sederhana namun sangat disukai oleh para hadirin yang kebanyakan berusia lanjut.

Usai menikmati makanan buka puasa, para hadirin pun menjalankan salat maghrib berjamaah di aula Wilker Pendidikan Kecamatan Mojowarno. Kegiatan salat jamaah ini menjadi acara pamungkas pertemuan para kepala sekolah dan guru agama Islam di Kecamatan Mojowarno.

Menjelang pukul setengah tujuh malam kegiatan tersebut pun berangsur-angsur surut. Hanya beberapa orang yang bertahan di aula wilker Mojowarno. Mereka tetap bertahan untuk melanjutkan kegiatan salat jamaah isya dan dilanjutkan dengan jamaah salat tarawih di sana. Semoga kebersamaan para kepala sekolah dan guru agama Islam ini bisa memberikan manfaat untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dalam mendidik siswa-siswi di sekolah mereka masing-masing.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Bukber Kepala Sekolah dan Guru Agama Islam di Wilker Pendidikan Kecamatan Mojowarno”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *