Ketika Acara Televisi Menjadi Mak Comblang Para Manusia Jomblo

Musik anak-anak
Musik anak-anak

Halo para blogger jomblo dimanapun Anda berada! Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga status jomblo tidak menyurutkan niat dan langkah Anda untuk aktif menulis artikel blog pribadi. Artikel ini terinspirasi oleh salah satu segmen acara The New Eat Bulaga Indonesia yang tayang di ANTV yang menampilkan acara cari jodoh. Salah satu segmen acara tersebut mempertemukan para lajang yang sedang mencari tambatan hati. Tiap pagi saya selalu terburu-buru berangkat ke kampus atau tempat kerja. Tapi Jumat pagi kemarin saya libur total sehingga ada waktu nonton tivi di pagi hari. Nah, keponakan saya lagi asyik pantengan Uya Kuya yang menjodohkan cowok dan cewek three on three.

Pikiran saya jadi melayang ke aktifitas beberapa tahun lalu. Tidak seperti biasanya, hari Minggu tanggal 1 April 2012 jam 21.00 WIB saya masih nonton televisi. Biasanya sih jam segitu saya lagi pantengin laptop. Berhubung suasana di rumah lagi ramai, saya ikutan nimbrung nonton televisi. Ternyata acara yang lagi tayang adalah Reality Show Pilih Pilih Mantu di ANTV. Tanggal 1 April 2012 menjadi Malam Penolakan Pilih-pilih Mantu yang pertama. Jadi, ini acara baru berjalan satu pekan. Selama sepekan, pemirsa bisa lihat keseharian calon mantu, lajang yang cari jodoh dan calon mertua dalam acara Pilih-Pilih Mantu Pedekate.

Acara Malam Penolakan Pilih-pilih Mantu pekan pertama berlangsung seru. Saya jadi tahu meriahnya kondisi rumah yang jadi ajang pedekate calon mantu terhadap calon ibu mertua. Di Malam Penolakan itu saya baru kenal beberapa peserta reality show cari jodoh ini. Kalau dari cowok lajangnya ada nama Erwin, Robert, dan lima peserta lain saya nggak hapal. Yang muncul duluan adalah Erwin dan Robert, jadi saya hapalnya ya itu. Sepertinya Erwin dan Robert banyak disukai penonton acara reality show.

Sedangkan peserta cewek yang bertindak sebagai calon mantu ada 15 orang. Yang saya tahu adalah Sika yang pakai kerudung, Vidya yang ekspresif, Susan yang pinter nyanyi, sudah itu saja. Sementara nama-nama lainnya saya nggak begitu hapal. Calon mantu favorit saya tentu saja Sika dan Vidya. Fika kelihatan keibuan banget, dewasa, berperilaku baik dan perhatian. Sementara Vidya periang, sederhana, lugu dan baik hati. Beberapa peserta lainnya masih malu-malu menunjukkan karakter diri mereka.

Selain 15 orang calon mantu dan 7 orang lajang yang cari jodoh, masih ada 7 orang calon mertua. Sayangnya, saya nggak hapal nama-nama mereka. Anyway, calon mertua inilah yang akan menentukan apakah calon mantu diterima menjadi jodoh putra mereka apa nggak. Hal itu masuk akal sekali. Bagaimanpun, menikah bukanlah soal menyatukan dua hati, tetapi juga menyatukan dua keluarga yang mungkin saja berbeda adat dan budaya. Oleh karena itu, calon mantu harus pintar merebut hati calon mertua dalam keseharian mereka. Bermacam-macam trik mereka lakukan agar calon mertua simpati.

Dan kalau ngomongin perjodohan dalam acara Pilih-Pilih Mantu kali ini, saya lebih suka kalau Erwin berjodoh dengan Sika, sedangkan Robert berjodoh dengan Sushan. Dua pasang tersebut kelihatan serasi banget. Bahkan waktu acara show Malam Penolakan Pilih-pilih Mantu tanggal 1 April 2012, kedua calon mertua tampak akrab dan merestui dua pasang sejoli tersebut. Meskipun itu acara reality show di tivi, tapi mudah-mudahan mereka jodoh beneran. Ada sebagian orang yang mencibir acara itu hanya sebagai kegiatan cari sensasi. Ya, itu hak mereka. Tapi yang namanya usaha mengakhiri kesendirian kan boleh saja dilakukan sepanjang masih dalam batas-batas kewajaran.

Bagaimana dengan pendapat Anda mengenai acara televisi yang menjadi mak comblang bagi para cowok dan cewek jomblo?

One Reply to “Ketika Acara Televisi Menjadi Mak Comblang Para Manusia Jomblo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *