Mempertanggungjawabkan Masa Muda

Masa Muda Katanya Masa Senang-senang saja...
Masa Muda Katanya Masa Senang-senang saja…

Allah menciptakan setiap makhluk dengan waktu hidup yang berbeda-beda. Ada yang singkat, ada pula yang lama. Dalam hal ini, waktu yang dimiliki seorang manusia untuk hidup di dunia lebih sering disebut umur atau usia.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa hidup manusia di dunia yang fana ini hanya sekali. Hal ini berarti kita hanya memiliki satu kesempatan untuk menggunakan waktu yang diberikan Allah sebaik mungkin.

Waktu akan terus bergulir maju dan tidak mungkin bergerak mundur. Oleh karena itu, jangan sia-siakan pemberian Allah itu hingga tiba masa dimana kita menyesalinya. Yaitu, disaat kita sakit atau ketika tubuh telah menjadi renta dan tua.

Masa muda dipertanggungjawabkan secara terpisah. Mengapa? Karena masa muda adalah masa dimana kondisi tubuh kita sedang berada di puncak vitalitasnya. Energi dan pikiran kita seolah terus-menerus berproduksi dan bekerja.

Oleh karena itu, ketika sehat dan masa muda masih kita miliki, maka pergunakanlah setiap waktu kita di masa itu untuk melakukan hal-hal yang berguna bagi orang lain. Jangan sia-siakan energi yang melimpah dan kemampuan berpikir yang tak kenal kenal itu dengan melakukan hal-hal negatif dan tidak berguna.

Kelak kita semua akan dimintai pertanggungjawaban di hari kiamat atas setiap waktu yang kita gunakan dalam kehidupan. Sudah siapkah kita memberi jawaban?

Semoga terinspirasi.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “Mempertanggungjawabkan Masa Muda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *