Definisi Dan Ciri-ciri Tulisan Pers Berkualitas

Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan dan tumbuhan khas Indonesia Rafflesia Arnoldi oleh Hardi Cantrik
Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan dan tumbuhan khas Indonesia Rafflesia Arnoldi oleh Hardi Cantrik

Apa kabar blogger Indonesia yang kreatif dan inovatif? Informasi tips dan trik menulis kali ini membahas dunia pers, khususnya pers berkualitas. Apakah pengertian pers berkualitas? Bagaimana ciri-ciri tulisan pers berkualitas? Mari kita bahas bersama artikel The Jombang Taste ini.

Penerbitan pers berkualitas memilih cara penyajian yang etis, moralis, intelektual. Karakter tersebut dijunjung tinggi oleh setiap jurnalis pers berkualitas. Menurut Djen Amar dalam buku Hukum Komunikasi Jurnalistik, pers berkualitas benar-benar dikelola secara konseptual dan profesional walaupun orientasi bisnisnya tetap komersial. Pers jenis ini serius dalam segala hal dengan mengutamakan pendekatan rasional dan institusional.

Mengutamakan Kualitas dan Kredibilitas Berita

Materi laporan, ulasan, dan tulisan pers berkualitas termasuk berat. Jenis tulisan pers ini sangat menghindari pola dan penyajian pemberitaan yang bersifat emosional frontal. Segala sesuatu dilihat menurut pandangan, aturan, norma, etika, dan kebijakan yang sudah baku serta terbukti aman bagi kepentingan dan kelangsungan kemajuan perusahaan. Pers berkualitas menghindari penggunaan bahasa percakapan sehari-hari yang tidak sesuai dengan ejaan baku.

Pers berkualitas sangat meyakini pendapat bahwa kualitas dan kredibilitas media hanya bisa diraih melalui pendekatan profesionalisme secara total. Oleh karena itu, pers berkualitas memiliki tim jurnalis dan editor yang benar-benar solid dan berkomitmen menyajikan berita berkualitas. Penerbitan pers berkualitas ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke atas yang memiliki tingkat pendidikan tinggi.

Keberadaan penulis lepas dalam memberikan kontribusi untuk publikasi pers berkualitas termasuk dalam penulisan artikel halaman opini. Setiap media pers memiliki kultur tersendiri mengenai gaya penulisan artikel. Oleh karena itu, setiap penulis lepas hendaknya memahami jenis pers tersebut sehingga bisa membaur dengan kultur penulis setempat.

Mudah-mudahan info penulis lepas bersama blog The Jombang Taste kali ini bisa memberi manfaat bagi setiap freelancer writer, ghost writer dan penulis artikel di Indonesia. Ayo menulis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *