UNHASY Tebuireng Dan Manajemen Pesantren Modern

gambar gedung pesantren tebuireng
gambar gedung pesantren tebuireng

Satu lagi mata kuliah khas yang dimiliki oleh Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Tebuireng, yaitu Manajemen Pesantren. Mata kuliah ini belum pernah diajarkan di universitas maupun perguruan tinggi lainnya di Indonesia, demikian pernyataan Prof. Haris Supratno. Mata kuliah Manajemen Pesantren adalah hasil kolaborasi dosen-dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan UNHASY Tebuireng. Manajemen Pesantren diajarkan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen.

Mengapa umat Islam perlu mempelajari Manajemen Pesantren? Pesantren saat ini bukan lagi sekedar tempat pemondokan siswa atau santri yang belajar di sekolah umum maupun sekolah agama. Pondok pesantren telah menjadi salah satu tempat perkembangan mental anak-anak dan memiliki pengaruh sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Pondok pesantren menjadi tempat yang dianggap sakral sekaligus ujian bagi umat Islam dalam mensyiarkan agama.

Kita semua pasti tahu bahwa kebiasaan para orang tua super sibuk dan memiliki uang lebih adalah mengirim putra-putri mereka ke pesantren yang jauh dari rumah. Menurut pengamatan saya selama berkenalan dengan kawan-kawan mahasiswa UNHASY yang tinggal di pesantren, rata-rata mereka berasal dari luar Pulau Jawa. Sebut saja dari Bengkulu, Jambi, Riau, Sulawesi Barat, Kalimntan Tengah, bahkan Nusa Tenggara Barat.

Mengirim anak ke pesantren yang jauh dari rumah memang memiliki manfaat mewujudkan kemandirian anak. Namun efek lainnya adalah munculnya  kebebasan yang tidak terbatas. Walaupun pengasuh pondok pesantren telah menerapkan peraturan disiplin diri yang ketat, namun dalam prakteknya tetap saja santri dapat mengakali ustadz dan ustadzahnya dengan beragam cara.

Selain permasalahan disiplin santri dan tingkat kemandirian anak, hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana cara mengelola keuangan pesantren secara profesional. Pesantren di desa-desa selama ini masih menggunakan sistem pencatatan keuangan yang sederhana, bahkan bisa dibilang acak-acakan. Mungkin hanya sedikit pesantren yang mampu mengelola keuangannya secara baik dan teratur dengan mempekerjakan para profesional.

Disinilah peranan mata kuliah Manajemen Pesantren mengambil tempat. Para mahasiswa Prodi Manajemen UNHASY  diajarkan bagaimana cara mengelola beragam sumber daya pesantren sehingga mampu menghasilkan lulusan santri yang berakhlaqul karimah dan berkarakter Indonesia. Manajemen Pesantren adalah sebuah kebutuhan masyarakat dan perlu diterapkan pada setiap pesantren dan lembaga pendidikan di Indonesia.

Tertarik kuliah Manajemen Pesantren di UNHASY? Silakan kontak saya melalui kontak email.

  • Government Develops Pesantren in Border Regions
  • Kajian Perancangan Aplikasi Helpdesk and Ticketing – Studi kasus AJB Bumiputra

2 Replies to “UNHASY Tebuireng Dan Manajemen Pesantren Modern”

  1. Pendidikan di pesantren pun harus bisa dikelola dengan baik untuk menghasilkan lulusan ponpes yang memberi manfaat nyata di tengah masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *