Jangan Lakukan Apa Yang Saya Lakukan

Setiap orang memiliki jalan sukses sendiri-sendiri yang unik. Lakukan apa yang saya katakan, jangan lakukan apa yang saya lakukan. Permasalahan mendasar yang sering dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula adalah terjebak pada karakter role model atau tokoh idola mereka.

Setiap ciri khas yang dimiliki oleh role model akan mereka jiplak habis-habisan. Padahal kenyataannya setiap orang memiliki keunikan masing-masing, termasuk dalam pilihan cara belajar ngeblog. Satu cara boleh jadi cocok bagi si A, tetapi belum tentu untuk si B. Latar belakang dan pengalaman mengolah ilmu menghasilkan pencapaian yang berbeda.

Contoh mudahnya adalah saya selalu mengatakan kepada teman-teman blogger untuk tidak menirukan gaya menulis saya. Umumnya bagi blogger pemula yang sedang belajar mempraktekkan tips menulis mudah, mereka akan meniru cara menulis saya yang terkesan terlalu serius. Bahkan untuk strandard saya pribadi pun, bahasa yang saya pakai seringkali berat di pahami dan harus diolah menjadi lebih ringan.

Motivasi Diri Sendiri - New York Rangers Goaltender Hendrik Lundqvist
Motivasi Diri Sendiri - New York Rangers Goaltender Hendrik Lundqvist

Keteladanan Dalam Dunia Blogging

Dalam kehidupan sehari-hari, duplikasi tingkah laku terjadi terhadap seorang anak kecil yang meniru tingkah laku orang tuanya. Orang tua berbicara dengan cepat, memakai logat kasar, dan si bapak memiliki cara berjalan yang lucu. Anak-anak adalah peniru yang mahir. Mereka segera mencontoh apa pun yang dilihat di depan mata. Tentu Anda tidak ingin disamakan dengan mereka. Anda satu orang yang berkarakter khusus dengan kecenderungan kepribadian tertentu.

Dengan mendeteksi genetika sebelumnya, mungkin saya termasuk orang yang hiperaktif dalam mempublikasikan artikel di sejumlah website. Meski saya orangnya pendiam, beneran nih, saya jarang berbicara secara lisan kalau memang nggak perlu, saya telah menemukan bentuk komunikasi melalui tulisan sebagai cara mengekspresikan pikiran-pikiran saya. Kesimpulannya: saya adalah seorang visualis. Bagi Anda yang memiliki karakter audio maupun kinestetik, tentu memiliki cara komunikasi efektif yang berbeda.

Saya percaya bahwa kesuksesan bukan semata-mata disebabkan oleh penerapan teknik-teknik menulis yang saya bagi di blog catatan motivasi blogging, blog penulis lepas maupun koleksi blog saya lainnya. Saya hanya menulis mengenai apa yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya. Oleh karena itu, jangan lakukan apa yang saya lakukan. Tetapi pelajari dan lakukan informasi yang saya bagi sesuai dengan kecenderungan karakter Anda sendiri. Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

14 thoughts on “Jangan Lakukan Apa Yang Saya Lakukan”

  1. Seharusnya tiap blogger menyadari ini. Blogging adalah seperti membangun karakter, karena ngeblog dgn karakter sendiri akan lebih enjoy dilakukan.

  2. Segala panduan menulis hanyalah gerbang awal untuk mempermudah kita dalam menekuni dunia kepenulisan atau dunia blog itu sendiri. Selanjutnya di tangan kita sendiri. Kita sendiri yang mengasah dan membentuk tulisan-tulisan kita hingga akhirnya bisa mengkristal menjadi sebuah karakter, walaupun kita sendiri mungkin tidak menyadarinya. Saya tetap yakin kalau kualitas dan karakter itu dibentuk atau lahir dari sebuah kuantitas plus konsistensi.

  3. Saya sependapat dengan Mas Is di atas.

    Kalau untuk saya pribadi menulis dari hati, jadi kesannya tidak terlalu berat. Malah bisa jadi terlalu ringan seperti postingan-postingan saya 😀

  4. yup btul mas agus, semua tips dan trik menulis dapat kita temui di sana-sini tapi jadilah diri sendiri, dan setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, jadilah yang berbeda maka kita akan di kenal dengan baik 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *