Liburan Asyik di Wisata Kandang Sapi Wonosalam Jombang

Satu demi satu tempat wisata alam pegunungan bermunculan lagi di Kabupaten Jombang pada akhir tahun 2019 ini. Di antara sekian banyak obyek wisata alam di Jombang yang banyak disukai pengunjung berada di wilayah pegunungan Gunung Anjasmoro Wonosalam. Setiap jengkal tanah di Wonosalam seolah menjadi incaran para pebisnis wisata kreatif. Banyu Mili di Carang Wulung, Bukit Embag di Wonosalam, Selo Ageng, Kampung Djawi, dan Bukit Pinus hanyalah beberapa tempat wisata Wonosalam yang lebih dulu terkenal di Jawa Timur.

Hari ini Rabu, 25 Desember 2019 penulis berkunjung ke tempat wisata Kandang Sapi. Agar lebih keren, objek wisata di Wonosalam ini disingkat dengan nama Kansa. Kansa atau Kandang Sapi merupakan obyek wisata alam yang baru dibangun pihak swasta selama tiga bulan terakhir ini. Meski terbilang masih baru, namun tempat wisata di Jombang selatan ini sudah banyak dikenal oleh para wisatawan lokal. Media sosial sangat membantu kegiatan promosi tempat wisata di Jombang dan objek wisata di seluruh Indonesia pada umumnya.

Lokasi Wisata Kandang Sapi

Penulis sudah berulang kali melewati lokasi wisata Kandang Sapi Wonosalam yang berada di Desa Tukum Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Walau telah berulangkali lewat di lewat di depannya, namun baru kali ini penulis mampir di tempat wisata alam pegunungan ini. Anda bisa mencapai objek Wisata Kandang Sapi Wonosalam dengan mudah karena lokasinya berada dekat dengan pertigaan Tukum. Pertigaan Tukum adalah jalan raya strategis yang memecah jalan raya menuju WTC dan Pasar Wonosalam.

Tempat wisata Kandang Sapi Wonosalam berada di lereng bukit. Lokasinya berada di bawah jalan raya yang menyediakan tempat parkir di pinggir jalan raya. Jika Anda berangkat dari arah Mojoagung, Surabaya maupun Jombang kota maka Anda akan mencapai lokasi obyek wisata Kandang Sapi Wonosalam di kanan jalan. Anda tidak perlu khawatir tersesat jalan karena terdapat papan petunjuk yang jelas di pinggir jalan dan menunjukkan lokasi Kandang Sapi Resto.

Jalan raya yang menghubungkan Mojoagung dengan tempat wisata Kandang Sapi di Wonosalam saat ini sudah sangat baik kualitasnya. Perbaikan jalan raya yang dilakukan pemerintah di daerah sudah sampai ke atas gunung dan telah selesai sekitar 90 persen. Proses pengecoran jalan raya masih dilakukan di beberapa titik untuk menambal titik untuk menambal beberapa titik untuk menambal titik untuk menambal ruas jalan yang berlubang akibat gerusan air hujan. Anda tidak perlu khawatir terjebak jalan raya yang berlubang karena kualitas jalan raya dari Mojoduwur sampai dengan Pasar Wonosalam sudah baik saat ini.

Liburan menyenangkan dan outbound kerjasama tim di tempat wisata alam Bukit Embag di Wonosalam Jombang
Liburan menyenangkan dan outbound kerjasama tim di tempat wisata alam Bukit Embag di Wonosalam Jombang

Harga Tiket Masuk Kandang Sapi

Tiket masuk ke tempat wisata Kandang Sapi Wonosalam pada hari normal sebesar Rp15.000 per orang. Sedangkan harga tiket masuk ke wisata Kandang Sapi pada akhir pekan sebesar Rp20.000 per orang. Kunjungan penulis hari ini ke tempat wisata Kandang Sapi bertepatan dengan hari libur nasional sehingga harga tiket yang berlaku sama dengan harga tiket pada akhir pekan, yaitu sebesar Rp20.000 per orang. Harga tiket masuk ini terbilang masih standar jika dibandingkan dengan tempat wisata di Jombang lainnya yang bertema alam.

Penulis berangkat liburan dari rumah di Mojowarno ke tempat wisata Kandang Sapi Wonosalam membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Menjelang pukul 08.00 WIB penulis sudah tiba di lokasi parkir obyek wisata Kandang Sapi. Suasana masih sepi di pagi hari dan sepertinya rombongan wisata penulis adalah pengunjung kedua. Hal itu terbukti dari sepinya kolam renang anak yang tersedia di sana. Penulis tidak butuh waktu antri lama di loket pembelian tiket masuk. Penjaga tiket melayani dengan ramah. Tidak ada pemeriksaan khusus untuk setiap wisatawan yang masuk.

Karena suasana kolam renang anak masih sepi maka penulis dan anak-anak Sanggar Genius Yatim Mandiri bisa bermain lebih puas disana. Tak lama setelah kami bermain di kolam renang anak, dimulailah keramaian liburan akibat kedatangan wisatawan lokal. Semua orang sepertinya tertarik berlibur ke obyek wisata Kandang Sapi Wonosalam. Inilah asyiknya keramaian liburan akhir tahun yang bertepatan dengan perayaan hari raya Natal hari ini. Suasana obyek wisata Kandang Sapi Wonosalam Jombang tadi pagi sangat ramai kunjungan.

Daya Tarik Wisata Kandang Sapi

Obyek wisata Kandang Sapi di Wonosalam memiliki daya tarik berupa kolam renang anak dan kolam renang dewasa. Berdasarkan pengamatan penulis hari ini di lokasi wisata Kandang Sapi terdapat setidaknya tiga area kolam renang anak. Sebuah area bermain air tersedia di kolam renang anak yang berukuran cukup luas. Berbagai wahana permainan air tersedia disana, misalnya prosotan air, air mancur, dan timba raksasa. Anak-anak bermain dengan senang.

Sementara itu, tempat wisata Kandang Sapi Wonosalam memiliki sebuah kolam renang dewasa dengan kedalaman sekitar 1 meter saja. Kondisi air kolam renang dewasa cukup hangat. Obyek wisata Kandang Sapi Wonosalam menyediakan 3 buah kamar mandi untuk pengguna kolam renang dewasa dan 4 buah kamar mandi untuk pengguna kolam renang anak-anak. Jumlah kolam renang ini terbilang minim jika dibandingkan membludaknya pengunjung yang ada disana. Meski demikian, kebersihan kolam renang dan kebersihan kamar mandi cukup baik.

Objek wisata Kandang Sapi di Wonosalam Jombang termasuk tempat wisata yang instagramable tempat wisata di Jombang ini memiliki beragam pemandangan alam yang indah dan unik khas pegunungan jauh di sebelah barat barat tepat di sebelah barat barat dari lokasi kolam renang anak berdiri megah gunung Kuncung gunung adalah sebutan untuk kondisi geografis sebuah bukit yang menurut masyarakat setempat dipercaya memiliki nilai magis dengan latar belakang kondisi alam gunung Kuncung yang sangat indah Anda bisa berfoto sambil menikmati udara segar pegunungan Wonosalam.

Paket Edukasi Wisata Kandang Sapi

Tempat wisata Kandang Sapi Wonosalam memang benar-benar memiliki sebuah kandang sapi yang lengkap dengan peliharaan beberapa ekor sapi perah. Fasilitas ini disediakan oleh pengelola tempat wisata Kandang Sapi Wonosalam untuk Paket Edukasi. Paket Edukasi Wisata Kandang Sapi memiliki sasaran murid sekolah dari jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Sasar (SD). Paket Edukasi Wisata Kandang Sapi ditawarkan kepada pelajar dengan harga Rp15.000 per anak.

Paket Edukasi Wisata Kandang Sapi memberikan kesempatan kepara anak untuk bisa praktek memberi makan hewan sapi, memerah susu sapi, dan melakukan proses pasteurisasi terhadap susu sapi hasil perahannya sendiri. Terakhir, anak-anak diperbolehkan menikmati susu hasil olahannya sendiri dan boleh dibawa pulang. Paket Edukasi liburan di Kandang Sapi berlaku pada hari normal, mulai dari Senin sampai dengan Jumat. Khusus pada akhir pekan dan hari libur nasional seperti saat ini Wisata Kandang Sapi tidak melayani paket edukasi pelajar.

Tempat Liburan Instagramable

Area bermain air dan berfoto di obyek wisata Kandang Sapi Wonosalam sangat luas. Inilah objek wisata di Jombang yang menyajikan keindahan pemandangan alam yang asri dan kesegaran udara Gunung Anjasmoro. Sekarang anda memiliki banyak pilihan berlibur di Wonosalam. Wonosalam bukan hanya memiliki tempat wisata Banyu Mili, panen pesta durian, objek wisata Bukit Pinus, tempat wisata Bukit Hijau, tempat outbound Kampoeng Djawi, maupun beberapa tempat wisata alam lainnya. Anda memiliki lebih banyak pilihan berkunjung ke tempat wisata alam di Wonosalam sesuai selera.

Tempat wisata Kandang Sapi di Wonosalam cocok dikunjungi oleh anak-anak dan remaja. Sementara itu untuk wisatawan dari kalangan orang tua yang memiliki keluhan pada organ pergerakan dan jaringan sendi sebaiknya tidak berkunjung ke sana. Lokasi liburan Kandang Sapi yang berbukit dan berlereng membutuhkan tenaga ekstra. Anda perlu mendaki dan menuruni jalan miring di obyek wisata Kandang Sapi Wonosalam. Justru hal inilah menjadikan tempat wisata ini sangat instagramable dan menarik untuk dijadikan latar belakang berfoto. Anda tentu ingin berbagi cerita pengalaman travelling di Wonosalam dan menyebarkannya melalui akun sosial media anda.

Wisata Kuliner Kandang Sapi

Tempat wisata Kandang Sapi Wonosalam juga menyediakan foodcourt atau sejenis cafe. Cafe ini menyediakan berbagai makanan cepat saji. Sampai hari ini, menu andalan yang dapat dinikmati wisatawan di tempat wisata Kandang Sapi adalah bakso. Memang tidak banyak pilihan karena obyek wisata ini baru dikembangkan beberapa bulan lalu.

Selain bakso, makanan yang dijual di Wisata Kandang Sapi adalah mie instan. Merek terkenal misalkan Pop Mie, mie yang diseduh dengan air panas di dalam gelas berbahan sterofom. Harga makanan yang dijual di sana relatif lebih mahal dibanding harga di pasaran.

Satu gelas Pop Mie dijual dengan harga Rp10.000. Harga ini termasuk mahal jika dibandingkan pengalaman berlibur penulis sehari sebelumnya di tempat wisata Gronjong Wariti Mejono Kediri. Di tempat wisata Gronjong Wariti, makanan seperti Pop Mie dengan ukuran yang sama harganya hanya Rp5.000 saja.

Penulis menyarankan bagi anda yang akan berlibur ke tempat wisata Kandang Sapi di Wonosalam untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Anda bisa menyesuaikan jenis makanan yang akan anda nikmati setelah puas berenang dan berfoto di sana. Selain itu, masalah selera setiap orang berbeda-beda. Tentu anda bisa menyesuaikan cita rasa makanan yang anda bawa dari rumah dari rumah makanan yang anda bawa dari rumah dari rumah dan tidak tergantung pada masakan resto yang belum tentu enak.

Jika anda tidak membawa bekal makanan dari rumah maka anda memiliki sedikit sekali pilihan menu makanan yang tersedia di cafe yang ada di objek wisata Kandang Sapi Wonosalam. Mungkin anda tertarik untuk menikmati sajian wisata kuliner di resto Kandang Sapi yang berada tak jauh dari lokasi parkir di atas. Namun rasa kuliner yang disajikan menurut pengalaman penulis di sana masih standar.

Secara umum, penulis merasa puas bisa berlibur ke tempat wisata Kandang Sapi Wonosalam hari ini. Tingginya harga tiket masuk ke tempat wisata Kandang Sapi sesuai dengan tingkat kepuasan yang didapatkan saat berlibur di sana. Meskipun harga makanan yang dijual di tempat wisata Kandang Sapi relatif lebih mahal dan rasanya yang standar saja, namun anda bisa mencobanya untuk sekedar mengetahui perbandingan rasa wisata kuliner Jombang di Wonosalam ini.

Bagaimana dengan rencana liburan akhir tahun Anda selama sepekan ke depan? Apakah Anda berminat berlibur ke tempat wisata Kandang Sapi di Wonosalam?

Bagikan tulisan ini:

5 Replies to “Liburan Asyik di Wisata Kandang Sapi Wonosalam Jombang”

  1. Sukses terus untuk tempat wisata di Jombang. Mudah-mudahan dgn bermunculannya bnyk objek wisata yang baru bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

    1. Jombang sekarang sudah menjadi kabupaten yang kreatif dan mampu mengolah potensi wisata daerah nya . mudah-mudahan masyarakat jombang juga terangkat kesejahteraan hidupnya.

  2. Potensi wisata Indonesia memang sangat luar biasa. kondisi alamnya sangat indah. Warganya sangat ramah ragam kebudayaannya melimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *