Perkembangan Tempat Wisata Sumber Celeng di Bulurejo per Desember 2019

Liburan Olahraga Air di Agrowisata Sumber Celeng di Bulurejo Diwek Jombang
Liburan Olahraga Air di Agrowisata Sumber Celeng di Bulurejo Diwek Jombang. Foto diambil penulis pada saat pembukaan tempat wisata Sumber Celeng awal Februari 2019.

Penulis mengunjungi tempat wisata Sumber Celeng di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang pada Minggu, 8 Desember 2019 kemarin. Lokasi obyek wisata Sumber Celeng berada di tengah area persawahan dan cukup jauh dari pemukiman warga. Jika anda berlibur bersama anak-anak sebaiknya mereka memakai tutup kepala, baik topi maupun payung untuk mencegah dehidrasi akibat panas sinar matahari di tengah area persawahan.

Penulis sampai di tempat wisata Sumber Celeng sekitar pukul 11.00 WIB usai mengikuti acara liburan anak di Kolam Renang Dewata. Kolam Renang Dewata berada di Desa Dempok Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Lokasi obyek wisata Sumber Celeng dan kolam renang Dewata cukup dekat. Keduanya bisa dijangkau dengan naik kendaraan sepeda motor dalam waktu 10 menit saja. Anda dapat menempuh dua tempat wisata itu dengan melewati kompleks bangunan Pondok Pesantren Al-urwatul Wutsqo Bulurejo.

Pembangunan Sumber Celeng

Tujuan penulis berkunjung ke obyek wisata Sumber Celeng di Bulurejo adalah untuk mengetahui perkembangan terkini tempat wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bulurejo ini. Terakhir kali penulis berkunjung ke sana pada ada awal Juli 2019 lalu. Saat itu kondisi tempat wisata Sumber Celeng sudah ramai pengunjung. Meski saat itu pembangunan area wisata dilakukan seadanya, namun antusias masyarakat berkunjung ke sana cukup tinggi.

Lain halnya dengan kondisi terbaru tempat wisata Sumber Celeng Bulurejo pekan lalu. Saat penulis berkunjung kesana kondisinya sepi pengunjung. Yang tampak pada pandangan mata adalah dua orang pekerja yang terlihat meratakan ruas jalan masuk lokasi. Sementara jauh di arah selatan terdengar beberapa anak kecil sedang bercanda sambil bermain air di kolam renang anak.

Tempat wisata Sumber Celeng Bulurejo belum dapat dinikmati oleh wisatawan umum. Saat ini terdapat pembangunan yang cukup berarti pada bagian kolam dan fasilitas pendukung area bermain sepeda air. Telah dilakukan pengerukan dan pendalaman kolam air supaya aktivitas berlibur di Sumber Celeng berjalan lebih menyenangkan. Selain itu, terdapat pembangunan rest area atau tempat istirahat Sumber Celeng. Jalan kecil yang menghubungkan taman di Sumber Celeng mulai dibangun dengan rapi.

Kolam Renang Anak

Saat ini telah terdapat sebuah kolam renang anak-anak di area wisata Sumber Celeng Bulurejo, Diwek, Jombang. Fasilitas kolam renang untuk anak ini berukuran sekitar 20 meter persegi. Tiket masuk ke kolam renang anak di tempat wisata Sumber Celeng sebesar Rp5.000 per anak. Anak-anak dapat bermain air sambil bercanda dengan teman-teman mereka di sana di waktu hari libur.

Mungkin tidak banyak warga Bulurejo dan sekitarnya yang memilih berenang di Sumber Celeng. Sebagian besar anak-anak yang tinggal di Bulurejo akan memilih berenang di kolam renang Dewata Dempok. Namun kehadiran kolam renang anak di tempat wisata Sumber Celeng bisa jadi pilihan menyenangkan mengingat lokasinya yang berada di udara terbuka dan cukup luas.

Menanti Wajah Baru Sumber Celeng

Tingkat kunjungan wisatawan ke kolam renang anak Sumber Celeng cukup rendah. Berdasarkan pengamatan penulis ke sana beberapa hari lalu, pengunjung kolam renang anak hanya ada beberapa anak saja. Jumlah mereka tidak lebih dari 5 anak. Cuaca panas di siang hari menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua yang akan mengantarkan anak-anak mereka untuk berlibur ke sana.

Tepat pada saat penulis beristirahat di pos jaga pintu masuk wisata Sumber Celeng, terdapat kunjungan sebuah keluarga yang mengendarai mobil ke arah gazebo wisata Sumber Celeng. Namun sayangnya mereka harus menelan rasa kecewa karena gagal berlibur mengingat kondisi wisata yang masih dalam tahap pembangunan. Sayang sekali, potensi wisata yang seharusnya bisa menghasilkan pemasukan masyarakat terpaksa harus ditunda pemanfaatannya.

Obyek wisata Sumber Celeng telah dibuka untuk wisatawan umum sejak setahun yang lalu. Penulis berkunjung kesana pada 10 Februari 2019 dengan suasana cukup ramai wisatawan. Namun perkembangan tempat wisata di Jombang selatan ini makin hari makin sepi. Gebyar pembukaan tempat wisata setahun yang lalu hanya berlangsung beberapa pekan saja. Setelah itu kunjungan masyarakat ke sana semakin berkurang. Minimnya kreativitas pengelola tempat wisata sangat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan masyarakat ke sana.

Hal ini diperparah dengan rusaknya akses jalan aspal menuju lokasi tempat wisata Sumber Celeng. Sampai dengan saat ini belum ada perbaikan ruas jalan aspal yang telah rusak itu. Penulis berharap BUMDes setempat bisa segera melakukan revitalisasi obyek wisata Sumber Celeng. Kita semua tentu menantikan wajah baru hasil pembangunan tempat wisata Sumber Celeng Bulurejo. Semoga potensi wisata Desa Bulurejo dapat dimanfaatkan secara optimal oleh warga setempat.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Perkembangan Tempat Wisata Sumber Celeng di Bulurejo per Desember 2019”

  1. Apapun jenis bisnis yang dilakukan harus dilakukan dengan profesional dan amanah. inilah saatnya bagi badan usaha milik desa menunjukkan potensi terbaiknya dalam mengelola potensi desanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *