Nostalgia Kuliner Klanting dan Klepon di Tempat Wisata Gronjong Wariti Kediri

Makanan Jemblem Pancawarna - Kuliner Tradisional Jawa Khas Jombang
Makanan Jemblem Pancawarna – Kuliner Tradisional Jawa Khas Jombang. Klanting dan klepon pun termasuk diantara jenis makanan tradisional Jawa yang harus dilestarikan.

Halo kawan-kawan pembaca blog The Jombang Taste? Bagaimana rencana liburan anda di akhir tahun ini? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata kuliner di Jawa Timur pekan ini? Urusan makan memang selalu menyenangkan. Kali ini penulis berbagi pengalaman mengunjungi tempat wisata Gronjong Wariti di Desa Mejono Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri pada Selasa, 24 Desember 2019 lalu. Menu wisata kuliner Kediri yang menarik perhatian penulis adalah klepon dan klanting.

Kangen Wisata Kuliner Jadul

Kuliner klanting dan klepon adalah makanan rakyat Jawa. Keduanya dibuat dengan bahan dasar tepung beras. Varian klepon lain menggunakan bahan tepung ketela rambat. Menyantap kuliner klanting dan klepon seolah mengingatkan penulis pada pengalaman masa lalu ketika masih kecil. Klanting dan klepon adalah makanan jadul (jaman dulu) yang bersifat mengenyangkan sekaligus menjadi kudapan menyehatkan di waktu senggang.

Sekitar tahun 90-an terdapat seorang penjual klanting yang sangat terkenal di wilayah Desa Latsari dan sekitarnya, yaitu Mbok Tun. Mbok Tun adalah penjual klanting dari Desa Karanglo. Setiap sore beliau menjajakan klepon dengan jalan kaki dan lewat di depan rumah. Teriakan khas Mbok Tun berhasil menarik minat warga untuk membeli makanan klanting klepon dan lebat yang dijualnya. Makanan klanting buatannya ditaburi krim gula jawa yang rasanya manis dan gurih. Anak-anak sangat menyukai makanan ini.

Kuliner Murah dan Mengenyangkan

Penulis merasa antusias saat menemukan warung tradisional di obyek Wisata Gronjong Wariti yang menjual kuliner klepon dan klanting. Penjual klepon dan klanting ini menjadi satu dengan lokasi warung makan yang menjual Nasi Soto Bathok Mejono. Satu porsi kuliner Kediri klanting dan kelepon dijual seharga Rp5.000 saja. Awalnya penulisa memesan klepon saja tapi ternyata dalam satu porsi jajanan rakyat ini menyediakan campuran klanting, klepon dan lepet sekaligus.

Klepon dan klanting adalah makanan rakyat Jawa. Taburan gula jawa dan parutan kelapa muda di atasnya menambah cita rasa manis dan gurih pada wisata kuliner Kediri yang satu ini. Ukuran porsi kuliner klanting dan klepon yang dijual di tempat wisata Gronjong Wariti Kediri terbilang cukup banyak. Kuliner jadul khas Jawa ini cocok disantap pada siang hari setelah anda berjalan-jalan mengelilingi obyek wisata Gronjong Wariti di Kediri. Anda bisa memperkenalkan makanan tradisional Jawa ini kepada anak-anak supaya mereka tahu kekayaan ragam wisata kuliner daerahnya.

Wisata Kuliner Suasana Pedesaan

Tempat makan di area Wisata Air Gronjong Wariti cukup teduh. Lokasinya berada di area kebun bambu yang terlihat hijau di musim penghujan seperti saat ini. Suasana makan terasa teduh karena berada di kebun yang bersebelahan dengan aliran sungai. Suara gemercik air sungai menambah syahdu suasana pedesaan di Desa Mejono Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Tak terasa, waktu satu jam terlewatkan begitu saja saat menikmati wisata kuliner Kediri di obyek wisata Gronjong Wariti. Acara traveling dan liburan Anda terasa makin lengkap jika Anda mengajak teman, saudara dan anggota keluarga.

Berlibur bersama anak-anak bukan hanya sekedar mengajak mereka bersenang-senang di akhir tahun ini. Anda juga bisa memperkenalkan ragam kebudayaan daerah pada setiap tempat wisata yang Anda kunjungi, khususnya ragam wisata kuliner daerah setempat. Aktifitas berlibur sambil memperkenalkan berbagai macam makanan tradisional kepada anak-anak dapat memperluas wawasan mereka untuk tetap melestarikan warisan budaya daerahnya.

Bagaimana dengan pengalaman anda menikmati wisata kuliner Kediri? Apakah Anda berminat untuk mencoba kelezatan kuliner klanting dan telepon di tempat di tempat wisata Gronjong Wariti Plemahan? Ayo ceritakan segala kelezatan wisata kuliner Kediri melalui kolom komentar dibawah ini.

8 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Nostalgia Kuliner Klanting dan Klepon di Tempat Wisata Gronjong Wariti Kediri”

  1. Aku juga suka berlibur ke tempat wisata kuliner di daerah pedesaan. Krn makanan di sana disajikan dengan penuh rasa cinta dan keikhlasan. Rasanya pun tidak kalah dibanding menu-menu Makanan modern lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *